Panduan Review Aplikasi

Younity: Nonton Film dari Komputer di Perangkat Lain

younity aplikasi streaming media

Younity merupakan sebuah aplikasi home media server. Dengan aplikasi ini, tidak hanya nonton film, kamu juga bisa dengar musik atau lihat foto yang ada komputer, langsung di handphone atau tablet-mu. Kalau kamu ingin bersantai nonton film atau dengan musik sambil tiduran, cara ini akan sangat membantu. Kamu tidak perlu repot memindah file terlebih dulu.

Selain Younity, aplikasi home media server lain yang sudah lebih dulu populer adalah Kodi (XBMC) dan Plex. Ada kesamaan antara Younity dengan kedua aplikasi itu. Namun ada juga perbedaannya.

Untuk menggunakan Younity, kita harus meng-install aplikasi Younity media server di komputer, dan aplikasi Younity di perangkat lain (misalnya handphone). Sebagai ilustrasi, komputer kita akan jadi semacam layanan cloud personal, dan dan bisa diakses lewat handphone.

Saya sebut sebagai semacam layanan cloud personal, karena memang tidak ada file yang di-upload ke internet. File-mu tetap berada di komputer. Semua bekerja berbasis streaming antar perangkat.

tampilan musik younity android
Dengar musik streaming dengan Younity

Berikut ini beberapa catatan yang saya buat sehubungan dengan Younity.

  • Mudah digunakan. Tinggal install dan pakai. Tidak perlu pusing mengatur koneksi wifi (LAN), dan masalah DLNA atau AirPlay.
  • Bekerja secara offline. Jadi, dengan koneksi wifi antar perangkat tetap menyala, tapi tanpa koneksi internet. Komunikasi hanya terjadi antar perangkat saja.
  • Mendukung streaming video, musik, dan foto.
  • Terintegrasi dengan iTunes dan Photo (untuk pengguna Apple), juga terintegrasi dengan Lightroom.
  • Kita bisa menentukan di mana lokasi file media berada—tidak perlu scan semua file di komputer, walau Younity pun bisa melakukannya (tapi pasti proses pendataan lebih lama).
  • Dengan Younity, kita bisa dengan mudah upload foto dari komputer ke Instagram, WhatsApp, dan aplikasi lain di handphone. Kita juga bisa upload foto atau video dari GoPro ke Instagram.
lihat foto dan nonton film di younity android
Lihat foto dan nonton film dengan Younity

Selain beberapa hal di atas, saya juga mencatat beberapa hal lain yang mungkin jadi kelemahan Younity.

  • Saat pertama digunakan, Younity bisa membuat komputer “terasa berat”. Ini disebabkan karena pendataan semua file media di komputer. Tentunya tergantung pengaturan lokasi file, besar dan banyaknya file media, juga tergantung spesifikasi komputer (yang baru akan lebih cepat).
  • Begitu pun di perangkat lain. Younity di handphone akan mengambil informasi dari komputer, dan ini akan memakan waktu tergantung spesifikasi perangkat yang bersangkutan.
  • Younity belum bisa menambahkan metadata (sedang dikembangkan). Sebagai contoh, Plex bisa menambah metadata seperti judul film, pemeran, sinopsis, dll.
  • Younity tidak memiliki tampilan antar muka di komputer seperti Plex (yang menunjukkan koleksi). Hanya berupa ikon di menu bar.
  • Belum bisa mengatur library — Misalnya menentukan kategori TV Show diambil dari lokasi folder tertentu di komputer.
  • Belum mendukung share antar komputer
nonton film dengan younity
Nonton film dengan Younity

Mungkin masih ada fitur, keunggulan, atau kelemahan lain yang ada. Tapi sejauh ini, hal di atas itulah yang saya catat (berdasar pengalaman penggunaan saya). Sejauh ini, aplikasi ini menarik dan memberi solusi. Terutama kalau kamu tidak ingin berada di depan komputer terus. Seperti saya sebut di atas, misalnya kalau kamu mau nonton film sambil santai.

Toh Younity tidak hanya mendukung perangkat seperti handphone atau tablet. Aplikasi ini juga mendukung perangkat lain seperti smart TV (menggunakan AirPlay).

Younity bekerja di berbagai platform: Windows PC (Windows 7 dan yang lebih baru), Mac (Maverick dan yang lebih baru), iOS 9, dan Android (Jelly Bean dan yang lebih baru). Yah, pengguna Windows Phone harus memilih alternatif lain, seperti Plex.

DOWNLOAD YOUNITY MEDIA SERVER

DOWNLOAD APLIKASI UNTUK IOS

DOWNLOAD APLIKASI UNTUK ANDROID

Younity - Gratis
  • Tampilan8.0
  • Fitur8.5
  • Performa8.5

Sebagai aplikasi home media server, Younity sangat mudah digunakan. Streaming media dari komputer ke perangkat lain bisa dilakukan tanpa harus tahu hal teknis.

8.3Overall Score

2 Comments

Comments are closed.