6 Website Speedtest yang "Bersahabat"

website speedtest speedofme

Kita semua pernah penasaran dengan kecepatan koneksi internet yang kita pakai. Secara umum, speedtest.net jadi rujukan untuk website speedtest. Tapi pernah tidak kamu butuh alternatif lain?

Lho kenapa butuh alternatif lain? Kan speedtest.net sudah mencukupi. Lagipula apa maksudnya website speedtest yang bersahabat?

Mari kita berbincang soal ini sejenak.

Speedtest.net menggunakan Flash. Permasalahannya, teknologi Flash mulai ditinggalkan. Adobe sendiri sudah mengumumkan bahwa pada tahun 2020, dukungan untuk Flash akan dihentikan.

Teknologi yang saat ini lazim digunakan di internet (website) adalah HTML5. Platform ini memiliki adaptasi penggunaan yang lebih luas, baik untuk browser maupun perangkat.Selain itu, website akan memuat konten HTML5 dengan lebih ringan dan lebih cepat.

Nah, kalau memang website speedtest yang bersahabat adalah yang menggunakan HTML5, website apa saja yang layak dicoba?

SpeedOf.Me

tampilan website speedtest speedofme

Tampilan speedof.me di browser komputer dan Android

Website speedof.me ini ringan. Kamu bisa mengaksesnya melalui browser di berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile.

Speedof.me akan melakukan tes dengan download dan upload berkas dalam beberapa ukuran tertentu. Mulai dari 128Kb, 512Kb, 1Mb, dst. Tergantung kualitas koneksi yang kamu miliki saat itu.

Website ini akan menampilkan hasil proses download (grafik warna biru) dan upload (warna kuning). Selain itu juga ada hasil tertulis (latency, max download, max upload, test server, dan IP), juga riwayat tes yang kamu lakukan sebelumnya (dalam bentuk grafik).

KUNJUNGI WEBSITE

testmy.net

tampilan website speedtest tesmynet

Tampilan tesmy.net di browser komputer dan Android

Di sini kamu bisa mencoba melakukan tes untuk download saja, upload saja, atau keduanya. Sama seperti di SpeedOf.Me, di testmy.net kamu juga akan menjalani beberapa tes dengan beberapa ukuran berkas.

Selain menampilkan informasi hasil tes qualitas kecepatan koneksi internet, testmy.net juga menampilkan grafik hasil tes, grafik dan tabel perbandingan. Website ini ringan dan mudah digunakan.

KUNJUNGI WEBSITE

Bandwidth Place

tampilan website speedtest bandwidth place

Tampilan Bandwidth Place di browser komputer dan Android

Tes yang dilakukan di website Bandwidth Place sama seperti lainnya. Ping, download, dan upload. Sedangkan perbedaan yang mencolok adalah pilihan server untuk tes tidak terlalu banyak.

Di Bandwidth Place kamu juga bisa melihat riwayat tes yang kamu lakukan. Kamu juga bisa memberi filter riwayat tersebut berdasar tanggal, provider, atau server. Website ini ringan dan mudah digunakan.

KUNJUNGI WEBSITE

SpeedSmart

tampilan website speedtest speedsmart

SpeedSmart punya tampilan yang sangat sederhana. Proses tes juga sederhana. Sama seperti yang lain, tes yang dilakukan adalah ping (latency), download, dan upload. Tapi sama seperti Bandwidth Place, pilihan server untuk tes tidak begitu banyak.

Kamu bisa melihat hasil tes, beserta riwayat tes. Riwayat tampil baik dalam bentuk grafik dan tabel. Elemen website (gambar, huruf, dll) yang besar-besar membuat website ini mudah dilihat. Karena sederhana, SpeedSmart cepat dan ringan digunakan.

KUNJUNGI WEBSITE

nPerf

tampilan website speedtest nperf

nPerf adalah sebuah aplikasi tes koneksi internet yang menarik. Di aplikasi nPerf kita bisa menguji speed test, browsing test, streaming test, dan melihat network coverage. Aplikasi web-nya juga tidak jauh berbeda.

Di website nPerf kita bisa memilih beberapa jenis tes tersebut dan melihat hasilnya dengan informasi yang cukup detil. Termasuk grafik uji coba.

KUNJUNGI WEBSITE

beta.SpeedTest.net

website speedtest net beta

Foto: Ejluno

Ya, ini merupakan website speedtest yang sama dengan buatan Ookla. Bedanya, website ini merupakan versi HTML5 dari speedtest.net. Seperti kamu lihat, embel-embel beta menunjukkan kalau website ini masih dalam tahap percobaan.

Sama seperti website aslinya, di sini akan ada tes untuk ping, download, dan upload. Selain itu juga ada riwayat hasil tes. Website ini lebih ringan dan lebih cepat dari website speedtest.net utama.

KUNJUNGI WEBSITE

Itulah beberapa website speedtest yang bisa dicoba. Terutama kalau kamu juga mulai meninggalkan Flash (di browser). Yah, lumayan sebagai alternatif speedtest.net atau kalau kamu tidak ingin menggunakan aplikasi di komputer.


ARTIKEL TERKAIT

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen