Visme: Membuat Presentasi dan Infografis dengan Mudah

membuat presentasi dan infografis

Bagaimana membuat presentasi atau infografis dengan mudah dan cepat, tapi tetap terlihat bagus dan lengkap? Ada banyak pilihan untuk itu. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan Visme.

Lupakan presentasi atau infografis atau statistik yang membosankan. Dengan Visme, kita tidak hanya sekedar membuat slide presentasi, tapi juga bisa membuatnya menjadi lebih interaktif. Hal ini akan membuat presentasi kita jadi menarik perhatian, dan mudah diingat.


Baca juga — Cara Membuat PowerPoint Menarik dan Mudah


Visme menawarkan berbagai hal mendasar sebagai permulaan. Kita bisa memilih apa yang akan kita kerjakan; presentasi, infografis, banner, atau sesuatu yang kita tentukan sendiri. Kemudian, di dalam masing-masing kategori itu terdapat berbagai pilihan template.

Setelah memilih salah satu, barulah aksi yang sebenarnya mulai. Kita akan dibawa ke dashboard, tempat proses penyuntingan gambar berada.

Ada berbagai obyek yang bisa ditambahkan di bidang gambar. Mulai dari latar belakang, tulisan, bentuk geometris, foto, grafik/statistik, video, audio, atau bahasa pemrograman (code). Masing-masing juga memiliki tipe dan variasi. Tergantung bagaimana kamu mau menampilkannya.

membuat infografis mudah di visme


Baca juga — Canva: Layanan Edit Gambar Online yang Keren


Tidak hanya itu. Masing-masing obyek memiliki pengaturan sendiri. Kita bisa mengganti warna, mengatur ukuran, mengubah posisi layer, membuat duplikat, dll. Untuk tulisan, ada berbagai pilihan font, pengaturan warna, ukuran, dll.

Salah satu hal yang menyebabkan Visme menarik dalam membuat presentasi atau infografis adalah fitur menerapkan data ke gambar dengan mudah. Ada banyak pilihan tampilan grafik. Ada grafik batang, lingkaran (pie chart), tabel, peta, radial, dll. Tiap grafik memiliki fungsi dan input data tersendiri. Kita tinggal mengisi datanya, dan… Voila! grafik data pun tercipta.

membuat peta infografis

Untuk presentasi yang lebih interaktif, kita bisa memanfaatkan fitur animasi di Visme. Beberapa obyek, seperti typewriter text, menampilkan animasi sebagai hasilnya (kita tinggal mengetik saja). Selain itu, kita juga bisa mengatur arah kemunculan obyek dan mengatur waktu animasi tiap obyek di timeframe.


Baca juga — Review LG 360 Cam: Buat Video 360 Secara Cepat


Visme memberikan layanan membuat presentasi dan infografis secara gratis dengan batasan. Beberapa obyek tertentu hanya tersedia untuk pengguna premium. Demikian pula ketika kita sudah selesai menggarap presentasi. Untuk pengguna gratis bisa mempublikasikannya di situs Visme dan membagi tautan, menyematkan (embed) ke website atau blog, atau mengunduhnya sebagai gambar JPG. Sementara untuk pengguna premium, bisa mengunduhnya sebagai gambar PNG, dokumen PDF, atau sebagai berkas HTML5 (yang menyertakan animasi).

Sejauh ini, menggunakan Visme untuk membuat presentasi atau infografis memang memudahkan. Walau begitu, ada beberapa hal yang belum tersedia. Misalnya, meskipun sudah ada garis bantu (smart guide) yang menunjukkan posisi obyek, fitur membuat obyek selaras (entah rata tengah, rata pinggir) belum tersedia. Namun, dari apa yang saya baca di forum umpan balik Visme, beberapa fitur baru akan ditambahkan.

Selain itu, yang belum terbiasa mungkin butuh sedikit waktu untuk membiasakan bagaimana mengatur layout dan posisi obyek, juga mengatur penggunaan animasi. Tapi kalau sudah memahaminya, Visme bisa jadi senjata ampuh dalam membuat presentasi atau infografis.

1 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.