Panduan Review Aplikasi

Bisakah Vinci Jadi Alternatif Prisma Windows Phone?

vinci alternatif prisma windows

Belum lama ini, hadir aplikasi bernama Vinci di Windows Phone. Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan Prisma. Pertanyaannya, apakah memang Vinci bisa menggantikan Prisma Windows Phone?

Prisma adalah aplikasi edit foto yang paling banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Dengan neural networks dan artificial intelligence, aplikasi itu bisa mengubah fotomu seperti sebuah karya seni. Beberapa waktu lalu, Prisma mengumumkan kalau akan merilis aplikasinya di Windows. Namun sampai saat ini, tidak ada kabar terdengar.

Kalau ingin jawaban singkat, ya memang bisa. Bagaimana dengan jawaban yang lebih panjang? Mari kita lihat.

Dari segi tampilan, Vinci cukup mirip dengan Prisma. Yah, berbeda sedikit.Toh, seperti juga jaman Instagram menanjak kepopulerannya, cukup banyak aplikasi edit foto yang memiliki tampilan mirip.

vinci kamera dan pilih foto

Bagaimana dengan filter artistiknya? Hm, koleksi Vinci tidak sebanyak Prisma. Paling tidak untuk saat ini.

Ada beberapa pilihan filter foto dengan karakteristik seni tersendiri. Beberapa gaya juga mirip dengan yang ada di Prisma (dengan nama berbeda). Nah, kalau di Prisma kita bisa mengontrol intensitas filter foto dengan slide kanan-kiri, di Vinci fungsi itu tidak tersedia. Gestur yang ada–untuk sementara ini–hanya melihat foto sebelum dan sesudah diberi filter dengan sentuh dan tahan.

Lalu apakah fitur edit foto Vinci seperti (setara) Prisma? Eh, terus terang agak sulit menilai hal ini. Kenapa? Karena hasil edit foto itu juga tergantung pada kualitas foto yang bersangkutan. Bahkan di Prisma, tidak semua foto menghasilkan hasil yang bagus–dalam arti seperti yang diharapkan. Begitu pun dengan Vinci. Tapi kalau saya harus memberi opini, mungkin Prisma memang masih lebih baik.

vinci alternatif prisma windows phone

Vinci juga meletakkan watermark di pojok kanan bawah (sama seperti Prisma). Sejauh saya lihat, belum ada pilihan untuk menghapusnya (entah IAP atau sejenisnya). Selain itu, kita tinggal memilih mau share hasil edit foto ke media sosial atau menyimpannya di handphone.

Kembali ke pertanyaan awal, bisakah Vinci menjadi versi Prisma Windows Phone? Yah, kalau cuma sekedar mencari aplikasi dengan filter yang mirip, jelas bisa. Apakah aplikasi ini akan memiliki fungsi lebih dari Prisma (seperti Readit atau 6tag yang berkualits prima)? Masih perlu dilihat lagi.

DOWNLOAD DARI BURSA WINDOWS

3 Comments

      1. sudah dicoba dan ternyata sangat ringan, dan hasilnya bagus, cuma ga bisa offline mas anom ini harus online appsnya, oya buat teman2 urbandigital termasuk mas anom, klo berkenan mohon bantuannya jadi responden di kuesioner saya ya , lagi ngambil disertasi dan meneliti mengenai pengaruh perubahan merek pada smartphone lumia.

Comments are closed.