Urbandigital.id

urbandigital

urbandigital

Saat pertama kali memutuskan menjadi seorang blogger profesional, saya ingin memiliki website/blog yang bisa membantu banyak orang untuk memanfaatkan teknologi agar bisa digunakan dalam aktivitas secara maksimal. Dan keinginan tersebut masih menyala hingga saat ini.

Sepanjang perjalanan sebagai blogger, saya sudah membuat beberapa blog yang sesuai dengan keinginan, salah satunya adalah idWinMo.com.

Sesuai namanya, blog tersebut memiliki niche bagaimana menggunakan ‘Windows on mobile’, tidak terbatas hanya pada ponsel Windows (dulu namanya Windows Mobile), namun juga pada penggunaan peranti gerak lain, seperti tablet dan laptop. Namun karena bermasalah pada nama WinMo a.k.a Windows Mobile yang merujuk pada produk Microsoft yang telah almarhum, maka kami memutuskan untuk mengubahnya menjadi idWinPhone a.k.a Windows Phone, yang saat itu sedang dalam proses pengembangan.

Penggantian nama dari idWinMo ke idWinPhone tanpa kami sadari ternyata membawa banyak efek, menyenangkan dan tidak menyenangkan. Salah satunya adalah, niche kami sangat sempit dan menjadi melenceng dari visi saya untuk membuat blog yang bisa dinikmati oleh banyak pengguna teknologi.

Menyadari hal itu, kami mencoba untuk kembali ke visi awal dengan tema ‘Windows on Mobile’ dan mengganti nama menjadi WindowsBlog.co di akhir tahun 2015. Tapi ternyata, disitulah blunder terbesar yang saya lakukan sepanjang karir sebagai blogger. Microsoft tidak suka dan meminta kami untuk menggantinya.

Tahun 2016 adalah tahun galau bagi kami, nama idWinPhone tidak lagi mencerminkan visi saya, dan sepanjang tahun hanya dipenuhi dengan ide untuk mencari nama baru. Satu hal yang menjadi patokan saya untuk mencari nama baru adalah: hindari nama yang mengandung unsur merek!

Bertepatan di bulan Ramadhan ini, bersama teman sekaligus kolega yang merintis blog ini dari awal, Kang Anom, melakukan brainstorming untuk menentukan masa depan dari blog yang sedang kalian baca ini. Dan akhirnya, terpilihlah nama Urbandigital.id.

Mengapa Urbandigital.id?

urbandigital.idSebuah alasan yang sederhana. Saat ini kita sedang berada di era digital, dimana semua aktivitas kita selalu berhubungan dengan hal tersebut. Bekerja, sekolah, olahraga, dan banyak aktivitas dan hobi lain yang semuanya bersentuhan dengan dunia tanpa batas ini.

Nah Urbandigital.id kami hadirkan untuk membantu para pengguna teknologi agar bisa lebih optimal dalam menggunakan device-nya untuk segala aktivitas. Tidak terbatas apakah kalian adalah gadget freak, suka nonton film, baca buku, business man, pecandu sosial media, pemain game dll, Urbandigital bisa dijadikan rujukan yang terpercaya.

Bagaimana dengan idWinPhone?

Kami per hari ini menghentikan aktivitas blog dan Facebook page dari idWinPhone. Namun jangan khawatir, buat kalian para Windows Lovers, kalian masih bisa berinteraksi dengan kami melalui akun twitter @idwinphone, dan tentu saja, blog ini juga masih dan akan selalu mengulas hal-hal yang berhubungan dengan Windows. Jadi usirlah khawatirmu itu kawan.

Akhirnya, selamat menikmati wajah baru dari kami dan sekalian saja, kami perkenalkan beberapa sister site dari UrbanDigital, yaitu:

  • Lifehacks.web.id – Blog yang berisikan tentang panduan praktis keuangan, karir dan cinta.
  • BukaKardus.com – Blog yang berisikan unboxing dan review gadget secara teknis.
  • @idWinPhone – Akun sosial media untuk Windows Lovers.
  • Dunia-Anak.com – Blog yang membahas tumbuh kembang anak.

Kunjungi kami dan jangan lupa subscribe! 

Video Pilihan

Blogger, Digital Nomad

  • topik

    sipp. semoga bisa menjadi situs andalan untuk perkembangan teknologi dan informasi…

    • afit

      amin

  • ridher94

    wah.., selamat nama barunya min

  • Semoga Semakin sukses dan ga galau lagi yang om afit..

    • afit

      :)) amin

    • Anom

      Hahaha…. *puk puk Om Afit*

  • mondeo_ka

    Bkn cuma developer yg angkat kaki dr ekosistem WP. Bahkan blog fav yg tempat sy bernaung sbg fanboy pengguna WP pun mulai sedikit berputar arah mencoba bersikap netral…
    Mmg sih, msh ngebahas ttg WP… Cm gw ngerasa beda aj dgn blog terdahulu yg selalu pro ke WP… Sprtinya admin mulai lelah membahas kelebihan WP..
    Cm pendapat sy aj loh… Mdh2an aj sy salah kedepannya… ☺

    • afit

      Seperti yang dijelaskan di artikel, ada beberapa alasan untuk berganti nama:
      1. Kami tidk ingin memiliki masalah lagi (di tuntut) dengan menggunakan nama yang hampir sama dengan materi yang kami ulas (dalam hal ini Windows).
      2. Layanan Microsoft tidak hanya berjalan di satu platform saja. Banyak layanan Microsoft yang berjalan dengan baik di Android, iOS bahkan Linux.
      3. Banyak pembaca yang bertanya tentang tutorial mengenai layanan2 di luar Microsoft, seperti LINE, WhatsApp, FB, Twitter dll.
      4. Akun twitter @idwinphone masih aktif dan akan lebih sering berinteraksi dengan kalian.
      Semoga selalu mengunjungi blog baru kami.

  • wahyu

    Saran aja mas, pertama buka urbandigital susah cari artikel yg lain/lama. Kata “more” utk more article seperti tersembunyi. Tks

    • Anom

      Makasih Mas masukannya. Kami coba cari solusi untuk tombol “MORE” supaya lebih terlihat. Lalu bisa minta informasi lebih jauh soal bagimana Mas Wahyu cari artikel lain/lama? Misalnya, artikel tentang apa yang dicari, dan apa sudah coba pakai “SEARCH BAR”?.

      Sementara ini, selain menggunakan tombol “MORE”, Mas Wahyu bisa langsung klik di NAMA MASING-MASING KATEGORI (hasilnya sama dengan klik tombol “MORE”). Dengan demikian langsung masuk ke daftar artikel di kategori yang bersangkutan dan bisa menelusuri artikel seperti di blog biasanya (dengan pagination.halaman di bawah).

      Terima kasih

  • kaconk

    Mas, kta.a di akuisisi ma MS ko’ malah di gnti,..?

  • Nada

    Suka nih nama blognya, indonesia banget.
    Jadi kangen nama windowsblog hehe

    Keep sharing urbandigital!

    • afit

      takut di sue klo pake nama brand. ahaha. thanks!

  • mondeo_ka

    1. Okelah klo msalah nama.. Tp seinget sy bknnya waktu itu idwinphone ud ga masalah lg setelah aplikasinya jd berbayar.. Dan ud di approve oleh store? Dan bknnya idwinphone ud diakuisisi jg oleh microsoft?
    2. apakah urban digital dalam mereview sesuatu, apakah msh berpihak dengan produk2 microsoft, atw sudah bersifat netral (tanpa mengunggulkan produk tertentu).?
    3. Knp para mimin menanggapi pertanyaan diluar layanan microsoft? Seharusnya mimin, hanya melayani pertanyaan seputar windows&windows mobile agar ga melenceng dr nama blognya, kecuali mmg mimin dr awal merasa minimnya pembahasan ttg microsoft… Alias ud hopelesss… Dan membahas layanan lain untuk menggairahkan kembali blog mimin.

    Sy sendiri sih ngerasa klo idwinphone sendiri ud pesimis dgn winmobile, mgkn hampir smua pembaca merasakan apa yg sy rasakan..
    Apapun nama dr idwinphone, selama selalu membahas ttg nokia dan microsoft, saya akan selalu merindukannya… Tp tdk dgn blog yg skrg… Ga ada lg musiclover, ga ada lg fotografi, ga ada lg gamer, dll… Dimata sy sbg pengguna winmobile, blog mimin ud ga semenarik dulu lg.. Tp mgkn menarik bwt pengguna android dan ios ☺

    • afit

      Sungguh komentar yang sangat merasa bersalah jika tidak saya balas. Jadi gini min:
      1. Aplikasi kami tutup bukan karena masalah nama, tapi lebih ke masalah bisnis. Antara pemasukan dan biaya maintance tidak seimbang, jadi terpaksa kami tutup.
      2. Dari pertama kali membuat blog ini, dari ketika namanya masih idwinmo, kemudian idwinphone, windowsblog.co dan sampai saat ini menjadi urbandigital, misi kami tetap, yaitu mengulas produk secara betral. Kami tidak ingin pembaca merasa kecewa ketika membeli produk tersebut. Saya tidak membela Microsoft atau produk manapun. Kami mengulas produk secara jujur. Tujuan kami hanya satu, agar pembaca tidak salah produk yang tidak sesuai dengan harapan mereka.
      3. Kami disini adalah blogger tekno, bukan bloggernya Microsoft. Kami akan terus menuliskan apa yang dirasa menjadi keperluan dari pembaca, baik itu menggunakan produk Microsoft, Google atau yang lainnya.

      Kami masih yakin Windows 10 mampu bersaing dengan yang lain, dan kami masih memiliki kategori musiclover, gamers, fotografi dll. Tidak ada perubahan yang siginfikan kok, kami masih sama, hanya saja kami pendekatak kami sekarang lebih pada aktivitas urban digital