Tips Memilih Paket Internet dan Provider yang Baik

aktivitas internet

Internet sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Ada yang memanfaatkannya sebagai hiburan, ada yang menggunakannya untuk belajar, dan ada juga yang membutuhkannya untuk mencari nafkah. Namun, bagaimanakah memilih provider dan paket internet yang tepat?

Di negeri kita ini, ada cukup banyak provider telekomunikasi. Masing-masing menawarkan paket internet dengan harga bersaing. Tapi kalau kita semata-mata tergiur dengan promosi, kita bisa salah langkah. Pada akhirnya jengkel dengan kondisi yang tidak sesuai dengan harapan.

Tidak ada langkah mudah dalam memilih provider dan paket internet yang tepat. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dicoba.


Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Soal Speed Test Internet


Lokasi, lokasi, dan lokasi

Salah satu hal paling penting dalam memilih provider internet adalah lokasi. Kenapa? Karena hal ini berhubungan dengan kualitas sinyal dan kestabilan koneksi.

Sebelum memilih provider untuk digunakan dengan tetap, kenali dulu lokasi tempat kamu sering menggunakan koneksi internet. Apakah kamu sering pergi ke berbagai tempat? Apakah kamu hanya pergi ke tempat yang itu-itu saja? Atau kamu hanya menggunakan koneksi internet pribadi di rumah?

Perhatikan provider apa saja yang memiliki sinyal bagus dan koneksi yang stabil. Kamu bisa bertanya pada orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Kamu juga bisa membeli dengan kartu perdana dan mencobanya. Selain itu, lakukan uji coba dengan aplikasi speed test.

Baca syarat dan ketentuan dari provider

Kita seringkali meremehkan tanda * atau detil informasi yang ada di paket internet dan layanan dari provider. Hal itu penting untuk mengetahui kontrak yang berlaku saat pembelian terjadi.

Perhatikan dan hitung baik-baik. Jangan sampai kamu terlena dengan jumlah total kuota yang ditawarkan. Lihat apakah kamu bisa menggunakannya secara maksimal. Mungkin saja hal itu berhubungan dengan bagaimana kamu menggunakannya.

Perangkat yang digunakan

Salah satu hal yang menentukan penggunaan koneksi internet adalah perangkat yang kita gunakan. Apakah kamu menggunakan internet hanya di handphone? Apakah untuk tethering di laptop?

Konten internet untuk mobile rata-rata dioptimasi untuk konsumsi yang lebih hemat. Sementara di laptop, konten bisa dimuat dengan konsumsi yang lebih banyak. Jadi perhatikan dengan baik.


Baca juga: 3 Aplikasi Mac Gratis untuk Memantau Penggunaan Koneksi Internet


Perilaku penggunaan koneksi internet

Semua orang suka dengan koneksi internet cepat. Tapi biasanya koneksi dengan teknologi canggih terbaru memiliki harga yang lebih mahal. Kadang, ada paket internet dengan kuota banyak, tapi bukan dengan koneksi tercepat. Begitu pun sebaliknya.

Kapan saja kamu membutuhkan koneksi internet

Apakah kamu menggunakan internet hanya sesekali? Apakah kamu butuh selalu online? Atau kamu hobi begadang?

Kita sudah sering melihat ‘paket kalong’ alias paket lewat tengah malam. Selain itu, kadang ada juga paket yang menawarkan bonus di waktu-waktu khusus. Ya, bervariasi.

Ada yang menawarkan paket tengah malam setelah jam 12, ada yang setelah jam 1 malam. Ada yang menawarkan kuota untuk wilayah tertentu. Lalu, ada juga yang menawarkan kecepatan 4G hanya dalam batas beberapa hari saja.

Tentunya ini berhubungan dengan syarat dan ketentuan dari provider terkait. Perhatikan apakah paket seperti itu sesuai dengan perilaku aktivitas online-mu. Kalau mau, sesuaikan aktivitasmu sesuai paket yang kamu beli.

Aplikasi yang sering digunakan

Selain perangkat yang kamu gunakan, kamu juga perlu mengenali aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan. Apakah hanya update status media sosial? Atau yang lebih berat, seperti melihat dan upload konten audio visual? Mungkin main game online?

Sebagai gambaran, memperbarui status di media sosial tentu saja akan lebih irit daripada menonton video streaming. Kamu bisa mempertimbangkan aplikasi apa saja yang aktif di perangkat tertentu.


Baca juga: 4 Aplikasi Speed Test Terbaik untuk Android


Perhatikan jumlah penggunaan rata-rata tiap bulan

Dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, pantau penggunaan koneksi rata-rata tiap bulan. Kesampingkan dulu aktivitas internet yang bersifat hiburan. Anggap hal itu sebagai bonus.

Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran kuota internet yang kamu butuhkan. Hal ini berguna untuk memilih paket internet yang tepat.

Seperti yang sudah saya sebut di atas, memilih paket internet yang tepat memang bukan hal instan. Terutama kalau kamu mau menggunakannya dalam jangka panjang atau berlangganan. Bagaimana pun penggunaan koneksi internet tergantung pada diri kita, bukan dari provider yang bersangkutan. Ibaratnya, mau lewat jalan off road ya jangan pakai mobil sedan.

Jika kamu sudah mempertimbangkan hal di atas, kamu bisa memilih paket internet dari provider dengan lebih baik. Lihat provider apa yang punya sinyal kuat di daerahmu, dan paket internet apa yang sesuai dengan dana dan kebutuhanmu. Di samping itu, kamu juga bisa melihat aktivitas internet apa yang jadi prioritas dan mana yang sebatas hura-hura.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

One Comment

  1. Makasih Kakak

Yuk komen