Tips Membeli Handphone Android Supaya Tidak Kecewa

membeli handphone android terbaik

Membeli handphone Android memang membutuhkan sedikit survey. Banyaknya jenis handphone Android — baik merk, spesifikasi, dan harga — sering membuat pusing pembeli. Handphone apa yang berkualitas, tapi sesuai dana?

Tidak sedikit yang “terjebak” dengan silaunya merk, namun tidak mengenal spesifikasi handphone bersangkutan. Setelah beberapa waktu menggunakannya, mereka kecewa dan menyalahkan merk tersebut.

Padahal informasi tentang spesifikasi handphone mudah didapat. Tugas pembelilah memilih dengan bijak saat mau membeli handphone. Bagaimanapun kebutuhan dan keinginan tiap orang berbeda.


BACA: Review Samsung Galaxy A7 (2017)


Membeli handphone Android juga berbeda dengan membeli handphone dari platform lain. Sebagai contoh, kita akan lebih mudah mengambil keputusan saat mau membeli iPhone. Pilihan jadi lebih sempit ke iPhone terbaru atau yang lama.

Untuk itulah kamu harus memikirkan apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli.

Pertimbangan non teknis saat membeli handphone

Berikut beberapa hal non teknis yang bisa jadi pertimbangan saat membeli handphone.

  1. Tentukan dana untuk membeli handphone

    Dengan membatasi dana, kita sudah membatasi pilihan handphone. Rentang harga akan menentukan rentang spesifikasi dan fitur handphone. Handphone dengan spesifikasi di atas rata-rata dibanding lainnya di harga sejenis juga akan lebih mudah dikenali.

  2. Pertimbangkan kebutuhanmu

    Pertimbangkan fitur apa saja yang kamu butuhkan dari sebuah handphone. Beberapa fitur yang canggih seringkali jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Fitur canggih terbaru juga biasanya belum bekerja secara optimal. Misalnya retina scanner.

  3. Waspadai perubahan teknologi

    Perubahan teknologi perangkat hadir begitu cepat. Hal itu kadang merusak kebiasaan yang sudah terbangun selama ini. Apalagi kalau teknologi itu juga berhubungan dengan perangkat lain, seperti aksesoris.

    Sebagai contoh, iPhone 7 memulai tren tidak adanya colokan audio 3,5 mm. Saat ini beberapa handphone Android pun tidak memilikinya.

    Kalau kamu termasuk orang yang suka mendengarkan musik dari handphone, tentunya faktor ini menjadi penting. Dengan handphone tanpa colokan audio 3,5 mm, kamu harus membeli earphone Bluetooth atau colokan tambahan.

Colokan audio 3,5 mm dan USB Samsung Galaxy S8


BACA: Handphone Anti Air: Benarkah Seperti yang Dijanjikan?


Pertimbangan teknis membeli handphone Android

Sekarang mari kita lihat beberapa hal teknis yang bisa mempengaruhi pengalaman penggunaan setelah kamu membeli handphone Android.

  1. Prosesor handphone

    Prosesor — atau tepatnya System of Chips (SoC) — akan menentukan kecepatan pengolahan data. Mulai dari membuka aplikasi, main game dengan lancar, mengedit foto lebih cepat, dll.

    Jenis atau kelas prosesor biasanya juga mencerminkan kelas handphone. Misalnya handphone kelas menengah biasanya menggunakan prosesor Snapdragon 6xx, dan handphone kelas atas akan menggunakan Snapdragon 8xx.

    Prosesor juga biasanya mempengaruhi proses update sistem operasi Android. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan driver dan optimalisasi chipset. Sebagai contoh, handphone dengan prosesor Mediatek lebih jarang dapat update Android daripada yang menggunakan Snapdragon.

  2. RAM handphone

    RAM berhubungan dengan kemampuan multitasking handphone. Semakin banyak RAM, kita akan semakin mudah menggunakan banyak aplikasi dan semakin cepat berpindah antar aplikasi.

    Walaupun saat ini RAM 2GB sudah standar minimum, kalau ada pilihan handphone dengan RAM lebih besar tapi harga tidak jauh berbeda, kenapa tidak?

  3. Penyimpanan

    Sekedar gambaran, Android 6.0 Marshmallow memiliki besar sekitar 3,93GB. Di samping masih ada aplikasi bawaan, kamu juga akan memasang aplikasi lain dan menyimpan foto, video atau musik.

    Cek apakah handphone memiliki slot SD card. Cek juga berapa jumlah memory internal-nya. Kalau ada SD card, bolehlah pilih yang memori internalnya 16GB. Kalau tidak ada, pilih yang minimal memiliki memori internal 32GB.

  4. Slot SIM Card

    Apakah kamu ingin menggunakan dua nomor dalam satu handphone? Kalau iya, carilah handphone yang mendukung dual SIM card. Punya handphone dengan dual SIM card memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya, tidak perlu handphone lain.

  5. Ukuran layar

    Saat ini, beberapa handphone menawarkan versi standar dan versi plus dengan layar lebih besar. Hal ini tentu saja untuk mengakomodasi selera tiap orang.

    Kalau kamu lebih sering pakai handphone untuk berkomunikasi — entah lewat aplikasi pesan atau media sosial — handphone dengan layar sekitar 5 inci sudah memadai. Namun kalau kamu suka nonton film, baca ebook, edit video, dll, layar besar jelas memberi keuntungan lebih.

  6.  Baterai

    Yah, sebenarnya hal ini tidak perlu dibahas lebih lanjut. Sudah jelas bahwa baterai berkapasitas besar lebih menguntungkan.

    Walau begitu, ada baiknya kamu cek apakah handphone yang bersangkutan memiliki fitur fast charging atau tidak. Fitur ini akan mempercepat proses pengisian daya. Jadi kamu tidak terlalu lama menunggu sampai handphone terisi penuh.

    Selain itu, lihat juga apakah baterai handphone bersangkutan bisa diganti atau tidak. Kalau bisa dilepas dan diganti, kamu memiliki keuntungan bisa punya baterai cadangan.

  7.  Fitur Ketahanan

    Orang cenderung menggunakan casing handphone tambahan. Tapi handphone masa kini biasanya sudah menawarkan beberapa fitur ketahanan. Seperti misalnya layar Gorilla Glass, anti debu dan tahan air.

    Fitur anti debu dan tahan air biasanya ditunjukkan dengan sertifikasi dari IEC, yaitu IP67 dan IP68. Sertifikasi itu menunjukkan kalau handphone bisa tahan air dalam kondisi tertentu (kedalaman air dan waktu). Namun harap diingat bahwa uji coba juga dilakukan dalam kondisi tertentu pula (biasanya dalam posisi stand by). Jadi tetaplah berhati-hati.

    Yang menarik, beberapa handphone — seperti Motorola — memberikan lapisan atau coating di bodi handphone. Hal ini cukup melindungi handphone dari curahan air, seperti hujan (atau bahkan air kran dalam kondisi tertentu).

    Jadi perhatikan baik-baik ketahanan handphone tersebut. Terutama kalau kamu termasuk orang yang ceroboh.

  8. Versi Android

    Usahakan beli handphone Android dengan sistem operasi versi terbaru. Karena di sana akan ada banyak pembaruan, baik optimalisasi sistem maupun fitur baru. Perhatikan juga apakah handphone yang bersangkutan bisa mendapat update Android terbaru atau tidak.

Slot Dual SIM card ASUS Zenfone Laser


BACA: 5 Hal yang Layak Dilakukan Sebelum Menjual Handphone


Lakukan cek saat membeli handphone Android

Kalau kamu sudah menemukan handphone yang kamu inginkan, jangan terburu-buru. Cek apakah handphone itu dalam kondisi seperti yang dijanjikan. Walau mungkin ada garansi, lebih cepat kamu mengetahui kesalahan yang ada akan lebih baik.

  1. Cek fisik

    Perhatikan seluruh bodi handphone apakah ada yang salah. Apakah casing bisa dibuka dan ditutup dengan baik (kalau bisa dibuka), apakah SIM card bisa terpasang dengan baik, apakah ada tombol yang goyang, apakah lensa kamera terganggu, dll.

  2. Cek suara

    Cek apakah mikrofon, speaker, dan colokan audio 3,5 mm berfungsi dengan baik. Coba pasang SIM card di handphone tersebut dan minta temanmu (atau penjual) menelpon.

  3. Cek layar

    Cek apakah permukaan layar seluruhnya berfungsi dengan baik. Coba tingkat kecerahan layarnya. Perhatikan apakah ada dead pixel di layar tersebut.

  4. Cek baterai

    Coba isi daya handphone dengan colokan bawaan. Lihat apakah baterai terisi dengan baik. Kalau handphone disebut memiliki fitur fast charging, perhatikan apakah proses pengisian daya memang seperti yang dijanjikan.

  5. Cek versi Android

    Cek apakah versi Android yang ada di handphone tersebut. Kalau kamu kurang paham soal ini, tanyakan pada penjual. Lalu tanya juga apakah sudah ada versi Android yang lebih baru dan bagaimana proses upgrade-nya.

  6. Cek internet

    Apalah arti smartphone tanpa internet yang baik. Cek apakah Wi-Fi dan data seluler di handphone itu bekerja dengan baik. Coba pasang SIM card dan hubungkan ke Wi-Fi (kalau tersedia) lalu buka website lewat browser.

Membeli handphone Android memang bisa jadi perkara sepele atau rumit. Kalau kamu tahu apa yang kamu inginkan dan sudah memiliki dana mencukupi, tentunya hal ini menjadi mudah. Namun kalau kamu kurang paham atau kurang update berita Android terbaru, kamu perlu mempertimbangkan baik-baik hal di atas.

Nah, semoga tips membeli handphone Android di atas bisa membantu. Selamat menikmati handphone baru.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.