Tips Manajemen Memori iPhone di iOS 11

manajemen memori iPhone iOS 11

Pada event WWDC 2017 kemarin, Apple mengumumkan kehadiran iOS 11 dengan fitur menghemat media penyimpanan untuk iDevice.

Produk Apple terbaru saat ini memberikan media penyimpanan minimal sebesar 32 GB, namun tentu saja itu tidak cukup untuk pengguna yang hobi foto atau membuat video melalui perangkat iPhone.

Sebenarnya, jika kalian bisa melakukan manajemen memori pada perangkat iPhone dengan baik, maka kejadian tidak bisa mengambil foto atau video karena kehabisan memori tidak akan terjadi.

Jadi bagaimana mengatur manajemen memori iPhone pada iOS 11?

Berlangganan iCloud

Apple menurunkan harga berlangganan iCloud bulanan untuk media penyimpanan sebesar 2TB, dari 19.99$ menjadi 9.99$ per bulan. Atau jika dirasa terlalu mahal, kalian bisa memilih paket iCloud 50GB dengan harga 0.99$ per bulan.

iCloud memang bukanlah layanan cloud terbaik, namun jika kalian hidup di ekosistem Apple, iCloud akan lebih mempermudah sync antar perangkat.

Hapus Pesan

Saat kalian saling bertukar gambar-gambar lucu menggunakan iMessage, sayang sekali file tersebut akan tersimpan di iCloud. Karena memang Apple sengaja untuk menyimpan gambar-gambar tersebut di iCloud dibandingkan di memori internal iPhone.

Meskipun iOS 11 sudah memberikan optimasi pada file multimedianya, menghapus pesan adalah hal yang bijak dilakukan.

Jika pesan-pesan yang ada di iMessage kalian anggap penting, sebaiknya di backup terlebih dahulu sebelum di hapus.


Baca juga: 6 Hal Penting yang Diumumkan di Event WWDC 2017


Uninstall Aplikasi Lama

Ada berapa banyak aplikasi yang terinstall di iPhone kalian tapi jarang digunakan? uninstall aplikasi tersebut untuk mengurangi memori iPhone.

Uninstall juga aplikasi-aplikasi yang sudah outdated, tidak pernah di update lagi oleh pengembangnya. Untuk mengetahuinya, masuk ke menu Setting -> General -> About -> Applications. Kalian akan melihat daftar-daftar aplikasi yang sudah outdated.

Apple juga memiliki fitur berupa “Offload Unused App”, yaitu memungkinkan menghapus aplikasi apapun yang tidak kita gunakan namun masih bisa menyimpan data jika suatu saat ingin menggunakannya lagi.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, masuk ke Setting -> General -> iPhone Storage dan lihat aplikasi mana yang disarankan untuk dihilangkan.

Itulah beberapa tips manajemen memori iPhone di iOS 11. Selamat mencoba.

0 I like it
0 I don't like it