6 Hal Tentang Amazfit: Smartwatch Xiaomi

smartwatch Xiaomi - Amazfit

Xiaomi kembali menghadirkan produk baru. Kali ini produsen asal Tiongkok tersebut merilis smartwatch Xiaomi atau lebih lebih tepatnya fitness tracker, karena produk ini lebih ditujukan pada pengguna yang ingin melacak tingkat kebugaran mereka. Meskipun, fungsi dari smartwatch-nya sendiri bisa kita temukan pada peranti ini.

Sebagai produk baru, tentu kalian bertanya-tanya, apa smartwatch Xiaomi ini? bagaimana spesifikasi-nya? atau berapa harganya? Nah berdasarkan informasi dari Digital Trends, saya merangkum 6 hal tentang smartwatch terbaru dari Xiaomi ini.

Mari kita mulai!

Nama

Xiaomi memberi nama smartwatch mereka Amazfit. Mungkin itu singkatan dari Amazing Fit? ah saya kurang tau. Tapi sepertinya nama yang diberikan Xiaomi kali ini tidak selaras dengan produk-produk andalan mereka sebelumnya yang menggunakan “Mi” sebagai acuan. Apakah dengan penamaan ini, Amazfit hanya akan menjadi produk satu versi saja ataukah Xiaomi memiliki pemikiran lain, hanya mereka dan Tuhan saja yang tahu.

Produsen

Seperti beberapa produk mereka sebelumnya, Amazfit juga dibuat oleh vendor rekanan, yaitu Huami. Vendor ini tentu tidak begitu asing dengan Xiaomi, karena Huami jugalah yang memproduksi gelang kesehatan Xiaomi, Mi Band.

Spesifikasi

Amazfit dibuat dari bahan keramik yang tahan gores dan air dengan sertifikasi IP67 yang mendukung standar 22m band. Layar smartwatch Xiaomi ini berukuran 1.34 inci dan dibalut dengan silikon. Layarnya sendiri memiliki resolusi 300 x 300 pixel.

Amazfit menggunakan prosesor dual-core (sayangnya saya belum mengetahui merek dari prosesor-nya) dengan kekuatan 1.2GHz, RAM 512 MB dan memori internal 4GB. Smartwatch Xiaomi ini dibekali daya baterai berkapasitas 2000 mAh. Huami mengklaim bahwa kekuatan baterai tersebut bisa bertahan selama 35 jam dengan semua fitur, termasuk saat real-time GPS aktif.

Amazfit dibekali juga teknologi bluetooth 4.0 LE, WiFi, sensor detak jantung, NFC dan GPS 28 nm. DImana Huami mengklaim bahwa Amazfit adalah wearable device pertama yang menggunakan teknologi GPS 28 nm tersebut.

Sistem operasi yang digunakan bukanlah Android, namun kita masih bisa melakukan pairing dengan bantuan aplikasi Mi Fit yang ada di Android dan iOS.


Baca juga


Fitur

Selain memiliki fitur-fitur fitness tracker, seperti merekam detak jantung, langkah dan waktu tidur, Amazfit juga memiliki fungsi seperti smartwatch pada umumnya. Kita bisa mendapatkan dan membaca pesan dari aplikasi media sosial, SMS, email, reminder dan panggilan telepon.

Amazfit tidak menggunakan Android sebagai sistem operasinya, tapi tetap bisa di hubungkan dengan aplikasi Mi Fit yang tersedia di Android dan iOS.

Dan satu fitur keren yang dimiliki oleh Amazfit dan sepertinya tidak akan berguna di Indonesia adalah dukungannya terhadap AliPay, sistem pembayaran terbesar milik AliBaba.

Harga

Xiaomi mematok harga $120 untuk Amazfit. Sebuah harga yang cukup bersahabat jika dibandingkan dengan fiturnya. Terlebih banyak kompetitor yang menjual produk serupa dengan harga di atas $250.

Ketersediaan

Amazfit akan tersedia di negeri asalnya pada tanggal 31 Agustus waktu setempat. Untuk ketersediaan nya secara resmi di Indonesia, saya masih belum mendapatkan informasinya. Namun seperti biasa, Indonesia adalah pasar yang ajaib, silakan tengok ke beberapa layanan e-commerce atau forum gadget Indonesia beberapa minggu lagi, niscaya kalian akan bisa menemukan penjual produk ini.

Di era saat ini, wearable device sudah menjadi gaya hidup digital. Menggunakan smartwatch, fitness tracker atau sejenisnya sudah tidak lagi hanya melihat fungsinya saja, tapi juga bagaimana peranti tersebut bisa menambah gaya dari pemakainya. Xiaomi memahami hal tersebut, maka dari itu Amazfit dihadirkan dengan desain yang lebih menarik dibanding Mi Band.

Jadi, itulah 6 hal yang bisa kami informasi kan kepada kalian mengenai smartwatch Xiaomi yang bernama Amazfit? tertarik?

Video Pilihan

Blogger, Digital Nomad

  • Dolly Subagja

    Kalo ke Windows phone? Apakah bisa di pairing?

    • belum pernah coba mas. nanti klo ada kesempatan review, akan saya coba jug apairing di Windows Phone

      • Dolly Subagja

        Iya nih. Weareble gadget buat WP terasa minim. Utk Mi Band saya pke Bind Mi band. Udh lumayan sih.

  • brink

    gan
    saya connect dengan Redmi pro sukses
    tp panggilan telpon nya tdk muncul nama di amazfit..
    padahal sudah saya setting read contact permision nya

    • Ada pengaturannya mas.. coba check fitur NOTIFIKASI di Mi Fit nya sudah di Allow belum?