Google Minat Sosial Media

Rekomendasikan Tempat Asik di Kota Kamu dengan Local Guides

Kita tahu kalau kita bisa memberi rekomendasi tempat di kota kita di Google Maps. Misalnya, kalau kamu tinggal di Bandung, kamu bisa memberi review tempat wisata di Bandung, restoran yang enak, dll. Sekarang kegiatan itu masuk dalam program Local Guides dari Google.

Benar, sekilas hal ini mirip dengan sistem yang dimiliki Foursquare. Sejak beberapa waktu lalu Google memang membuat Google Maps menjadi lebih “sosial”.


Baca juga: Menggunakan Daftar Lokasi Google Maps sebagai Rekomendasi Tempat Favorit


Apa Itu Local Guides?

Secara umum, Local Guides merupakan tempat kontributor Google Maps membagi pengetahuan tentang tempat yang asik di kota mereka. Kontributor Google Maps jadi semacam Super User kalau di Foursquare.

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa memberi review, upload foto, koreksi informasi, dll. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan kontributor lain dan mengadakan kopdar (meet-up). Asiknya, Google memberi timbal balik (perks) atas kontribusimu.

Sebagai kontributor, kamu akan mendapat poin untuk setiap kontribusi.

Kontribusi meliputi:

  • Review
  • Rating
  • Foto
  • Tempat dengan jawaban pertanyaan
  • Menambahkan tempat
  • Edit tempat
  • Cek informasi lokasi

Jumlah poin yang terkumpul akan menentukan level kontributor. Mulai dari level 4, kamu akan mendapat lencana pertama dan bisa mendapat imbalan (perks).

Imbalan dari Google tersebut berupa 3 bulan langganan musik gratis dari Google Play Music, dan diskon 75% untuk sewa film di Google Play. Imbalan ini akan bervariasi untuk tiap negara. Kamu bisa baca lebih jauh soal ini di artikel Google Play Perks dari Google.

Di manakah letak Local Guides?

Kalau kamu menggunakan komputer atau laptop, kamu bisa menuju ke maps.google.com/localguides. Halaman itu seperti semacam dashboard kontributor Local Guides. Kamu bisa melihat berapa jumlah poin total dan jumlah kontribusi berdasar kategori.

Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya di web app Google Maps. Klik tombol menu ☰ dan masuk ke pilihan ‘Kontribusi Anda’. Di sini kamu bisa menambah kontribusi berdasar riwayat lokasi yang pernah kamu kunjungi.

rekomendasi tempat wisata di google local guides

Kalau kamu menggunakan handphone, kamu bisa membuka aplikasi Google Maps. Sama seperti di web app, klik tombol menu ☰ dan masuk ke pilihan ‘Kontribusi Anda’.

Selebihnya sama seperti sebelumnya. Kalau kamu ingin memberikan kontribusi di tempat lain, kamu bisa menggunakan bidang pencarian lokasi dan ceri tempat yang kamu maksud.


Baca juga: Melihat Inspirasi Ide Gaya Berpakaian di Google Image


Local Guides dari Google ini cukup menarik. Walau belum menjadi media sosial panduan kota seperti Foursquare dan Swarm, upaya ini merupakan cara Google memberikan informasi valid tempat wisata atau lokasi menarik di berbagai kota.

Komunitas Local Guides juga bisa memberikan keuntungan bagi pengguna lain. Kalau kamu termasuk orang yang hobi travelling dan hobi mencoba tempat baru, kenapa tidak berbagi pengalaman? Begitu juga kamu yang punya tempat favorit di kotamu. Kamu bisa memberikan rekomendasi tempat asik di kotamu pada orang lain.