Smach Z: Konsol Game Genggam Seperti PC

konsol game genggam smach z

Konsol game genggam kelihatannya akan mengalami kebangkitan. Setelah Nintendo mengumumkan Switch, ada konsol game genggam lain yang segera hadir. Smach Z namanya.

Yang pertama kali menarik perhatian dari konsol genggam ini adalah ia bukan termasuk salah satu perusahaan konsol game besar seperti Nintendo, Sony, atau Microsoft. Bukan pula nama besar lain yang pernah merajai dunia konsol seperti Atari atau Sega. Walau begitu tim Smach terdiri dari pengembang game berpengalaman yang bekerjasama dengan ImasD, sebuah manufaktur perangkat keras.

Hal menarik kedua adalah konsol genggam ini bagaikan PC seukuran tangan. SoC (system of chips) Smach Z adalah CPU x86 dari AMD.


Baca juga: 5 Hal yang Bikin Nintendo Switch Unik


Spesifikasi Smach Z

  • CPU: AMD Merlin Falcon RX-421 (12-15w) Quad-core 2.1 GHz,
  • iGPU: Radeon R7 800 MHz,
  • RAM: 4GB (Smach Z) / 8GB (Smach Z Pro) DDR4 2133 MHz,
  • Penyimpanan: 64GB (Smach Z) / 128 GB (Smach Z Pro),
  • Layar: 6 inci full HD (1920 x 1080) layar sentuh kapasitif,
  • Baterai sampai 5 jam penuh permainan,
  • Slot: Micro SD, USB 3.0 Type-C, HDMI,
  • Wi-Fi, 4G LTE (Smach Z Pro), Bluetooth,
  • Kamera depan 3 MP (Smach Z Pro)

main game di smach z

Dengan spesifikasi seperti di atas, tim Smach menyebutkan bahwa konsol genggam ini mampu memainkan game seperti: Portal 2, DOTA, Left 4 Dead, Team Fortress 2, SOMA, Civilization V, Metro: Last Light Redux, Borderlands 2, The Witcher 2, dll.

Permainan yang sudah tersedia merupakan game dari Steam. Pemain yang sudah pernah membeli sebuah game tidak perlu membelinya lagi. Tinggal masukkan game tersebut dari Steam Library, dan mainkan. Walau begitu, pemain juga bisa melakukan install game lain, atau bermain game online, dengan emulator, dll layaknya di PC.


Baca juga: 6 Game Mobile yang Asik dimainkan di Windows PC


Saat ini, Smach Z sedang menjalankan kampanye yang berjalan baik di KickStarter dan IndieGogo. Mereka yang menyumbang (pre-order) bisa memilih sistem operasi antara Windows 10 atau Linux (Smach Z OS). Namun, mereka memberi catatan. Walau secara teknis spesifikasi Smach Z mendukung Windows, penggunaannya tidak akan senyaman dengan yang berbasis Linux.

Untuk melihat game Steam yang kompatibel dengan Linux, bisa dilihat di https://steamdb.info/linux.

Sedangkan untuk game Steam yang kompatibel dengan Windows, bisa dilihat di Steam Windows Game.

Untuk membaca informasi tentang Smach Z lebih jauh — termasuk benchmark game seperti Overwatch, Fallout 4, Street Fighter V, Skyrim, dll — kunjungi kampanye Smach Z di IndieGogo.

 

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.