Skype Terbaru Memiliki Fitur Stories

skype baru

Kejutan! Microsoft mengumumkan Skype terbaru dengan perubahan besar di dalamnya. Seperti judul di atas, salah satu fitur yang hadir adalah Stories ala Snapchat.

Video memang jadi tren baru media komunikasi. Bahkan lebih dari itu, video sudah jadi standar baru. Microsoft pun tidak ingin ketinggalan kereta. Fitur Stories hadir di Skype, menyusul Facebook yang lebih dulu menanam Stories di berbagai aplikasinya (Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp).


Baca juga: 5 Aplikasi Chatting Terbaik dan Paling Populer


Perubahan citra Skype

Microsoft menyebutkan di blog resmi Skype kalau aplikasi Skype terbaru ini dibuat ulang dari dasar. Perbaikan dilakukan hampir di segala hal. Semuanya demi percakapan yang lebih personal dan ekspresif.

Yang jelas terlihat adalah tampilan Skype yang lebih bersih dan lebih jelas penggunaannya. Warna hanya hadir sebagai ekspresi pengguna, bukan elemen layout aplikasi. Kesannya memang terlihat ringan dan ceria.

tampilan skype terbaru 2017

Terus terang, melihat Skype terbaru ini mengingatkan saya pada Facebook dan Messenger. Pesan Skype bisa memiliki background berwarna-warni (ingat status Facebook?). Kemudian kiriman — baik teks, gambar, atau video — juga bisa dibalas dengan reaksi.

Lebih dari sekedar ngobrol

Kemudian ada fitur bernama Highlight. Fitur inilah yang menyerupai fitur Stories di Snapchat. Seperti yang lain, di sini kamu bisa berbagi momen sehari-hari — baik foto maupun video — dengan teman. Bahkan kamu juga bisa follow pengguna lain.

Tadi saya sempat menyebut kalau Skype baru mengingatkan pada Messenger. Ya, selain Highlight yang mirip Messenger Day, Skype juga dilengkapi dengan add-in dan bot (tergantung wilayah).

highlite dan add-in skype baru

Dari Skype kita bisa mencari dan berbagi bermacam hal. Mulai membuat polling, mengirim animasi GIF, video YouTube, resep dari BigOven, dll.

Sebagai salah satu pengguna Skype, saya berharap berbagai fitur tambahan ini tidak menambah berat aplikasi. Saat ini, saya merasa Skype cukup berat. Begitu pun Messenger. Sampai-sampai saya memilih menggunakan Messenger Lite (yang sebenarnya tidak tersedia di Indonesia).

Skype mulai merilis versi terbaru secara bertahap. Pertama untuk perangkat bergerak — Android terlebih dahulu, baru iOS — dalam minggu mendatang. Kemudian menyusul untuk desktop di bulan mendatang.

TAMBAHAN:
Update Skype baru untuk Android ternyata hanya mendukung Android 7.0 Nougat dan yang lebih baru.
Untuk iPhone, hanya mendukung iPhone 5s dan yang lebih baru, dengan iOS 9 dan yang lebih baru.


Baca juga: 10 Aplikasi Video Call Populer untuk Ngobrol Lebih Seru


Tantangan Skype Terbaru

Kelihatannya Skype terbaru siap menghadapi persaingan ketat aplikasi chatting. Seperti juga Windows 10 yang mengubah citra, Skype kini lebih trendy. Namun apakah hal itu cukup?

Hal pertama dan utama dari aplikasi chatting adalah sebagai tempat berkumpul orang-orang yang dekat dengan kita. Seakan-akan ada kesepakatan tidak tertulis “Kita mau ngobrol di mana”. Kalau tidak ada teman, ya aplikasi tersebut tidak berguna.

Dari segi fitur, WhatsApp tertinggal dari lainnya. Namun lihat sekarang berapa jumlah pengguna WhatsApp. Di sisi ini, WhatsApp meninggalkan lainnya. Sekedar ucapan “Udah pake WhatsApp aja, cepet dan enteng kok” bisa menarik pengguna yang besar.

Skype dulu adalah raja voice call dan video call. Namun saya merasa Skype tidak cukup cepat tanggap terhadap perubahan. Ketika aplikasi lain berkembang pesat dan mengambil posisi, apakah Skype sanggup menarik perhatian kembali?

Apakah kamu menggunakan Skype? Apakah kamu akan menggunakan Skype terbaru ini? Saya pikir itu pertanyaan besarnya.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.