SkyFonts: Font Manager Gratis untuk Mac

aplikasi font manager skyfonts

SkyFonts merupakan sebuah aplikasi font manager gratis untuk Mac. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencoba, melakukan instalasi, melihat tampilan font, dan menghapus font secara mudah dan cepat.

MacOS memang sudah memiliki Font Book sebagai font manager bawaan. Namun, seperti aplikasi bawaan lain, ada saja yang membuat kita kurang puas. Yah, kalau kamu sudah puas dengan Font Book juga bukan masalah. SkyFonts menawarkan sesuatu hal yang menarik. Integrasi dan instalasi langsung dari website penyedia font.

SkyFonts bekerja sama dengan fonts.com, Google Fonts, MyFonts, Linotype dan Monotype. Kalau kita menemukan font yang kita butuhkan di sana, kita bisa dengan mudah langsung melakukan instalasi, dan font tersebut bisa langsung digunakan di aplikasi pengolah gambar favorit kita. Proses instalasi font ini akan berjalan di background sehingga tidak mengganggu aktivitas lain. Begitu pun kalau mau menghapus font.

install font dari font.com

Integrasi antara SkyFonts dan penyedia font juga menawarkan versi trial dari font komersial. Penggunaan versi trial ini tergantung pada kebijakan penyedia font yang bersangkutan. Misalnya, berlangganan font Monotype secara gratis di font.com mengijinkan kita mencoba tiap font selama 1 jam. Ini memberi kesempatan pada kita untuk mencoba dulu, baru kemudian membelinya, atau mempresentasikan font yang bersangkutan ke klien. Seperti kita ketahui bersama, harga font berkualitas bisa cukup mahal (walau sebanding).

SkyFonts di komputer kita akan terhubung dengan akun kita di website penyedia font. SkyFonts tidak membutuhkan akun khusus. Semua font yang kita gunakan akan tercatat di website yang bersangkutan.

Sebagai aplikasi font manager gratis, SkyFonts sudah memberi kemudahan. Salah satu yang paling praktis adalah melihat bentuk masing-masing varian font (regular, italic, bold, heavy, dll). Tinggal klik ikon di menu bar, dan koleksi font akan terlihat.

skyfonts font manager gratis

Kemudahan ini juga membawa keunggulan lain SkyFonts. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana, ringan, dan enak dilihat.

Apa kelemahannya? Saat artikel ini ditulis, SkyFonts masih memiliki beberapa kekurangan yang bersifat pengaturan, seperti melihat font berdasar kategori tertentu (script, slab, condensed, dll) atau membuat penggolongan berdasar kategori atau tag buatan sendiri (misalnya font retro). Untuk melihatnya, kita menggunakan bilah pencari dan mengetik kata kunci yang bersangkutan.

Kemudian, instalasi juga langsung dilakukan dengan sistem. Beberapa aplikasi font manager lain—misalnya Font Explorer—mengijinkan kita membangun pustaka font di folder lain, dan mengaktifkan font tertentu saat dibutuhkan. Font yang tidak aktif tetap terlihat. Sedangkan di SkyFonts, font yang dihapus hilang dari koleksi, dan kita harus mengunjungi website penyedia font yang bersangkutan.

Kalau kamu termasuk yang rajin berburu font secara online, maka SkyFonts akan memberikan kemudahan. Sedangkan kalau kamu lebih suka membangun koleksi font secara lokal di komputer, mungkin aplikasi font manager lain lebih cocok. Walau begitu, font yang sudah di-install di komputer juga bisa diakses secara offline dengan SkyFonts. Jadi semua tergantung bagaimana kamu biasa mengatur koleksimu.

Secara keseluruhan, SkyFonts asik digunakan. Paling tidak memangkas kerepotan proses download, dan install cara lama. Sekali lagi, sebagai aplikasi font manager gratis, SkyFonts layak diacungi jempol.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.