Scan QR Code dari Layar Handphone dengan QR Reader

scan qr code di layar handphone android

Scan QR code lewat kamera sudah biasa. Bagaimana dengan scan QR Code dari layar handphone kita sendiri? Untungnya, ada aplikasi QR Reader.

Tapi apa kemungkinannya kita memindai QR code dari handphone kita sendiri? Mudah. Siapa tahu ada teman yang mengirim QR code pin BBM, QR code Line, dll. Dengan aplikasi ini, hal itu dengan mudah dilakukan.

Nah, mari kita lihat aplikasi QR Reader lebih dekat.

Fitur Aplikasi QR Reader

  • Scan QR code atau barcode (kode batang) lewat kamera
  • Scan QR code atau barcode dari layar handphone (file JPEG, PNG, dll)
  • Membuat QR code dan mengirimnya
  • Menyediakan senter untuk memindai di ruang gelap
  • Memberi catatan hasil pindaian
  • Mengkopi hasil pindaian
  • Ekspor riwayat pindaian dalam bentuk CSV

Bisa dilihat, fitur standar aplikasi QR scanner dimiliki oleh aplikasi ini. Bonus yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi QR scanner pada umumnya ya scan QR code dari layar handphone. Lalu, entah itu QR code atau barcode (kode batang), kita tetap bisa memindainya tanpa halangan.


Baca juga: 4 Aplikasi Transfer File Cepat Antar Perangkat


Tampilan Aplikasi

Tampilan aplikasi langsung menunjukkan fungsinya, yaitu scan melalui kamera. Di bagian atas terdapat navigasi ke riwayat, membuat QR code, dan pilihan lain (scan gambar QR code, pengaturan, dan pilihan untuk mendukung pengembang aplikasi).

scan qr code dengan kamera

Scan QR Code dengan kamera

Di bagian bawah terdapat fungsi senter, berganti ke kamera depan, pilihan scan gambar QR code (scan QR code dari layar), dan bantuan. Sederhana, mudah, dan didesain dengan baik.

Begitupun ketika kita mendapat hasilnya. Di bagian atas, ada pilihan berbagi, melihat gambar hasil scan, dan pilihan lain (membuat catatan, copy kode, laporkan masalah, dan pengaturan).

Performa Aplikasi

Sejauh yang saya coba, aplikasi ini memuaskan. Baik dari segi fungsi, maupun tidak adanya masalah. Selama saya pakai semua berjalan mulus. Tidak heran di Play Store mendapat rating bagus.

Scan QR Code dari layar handphone Android

Scan QR Code dari layar handphone Android

Lalu, aplikasi ini melakukan proses pemindaian dengan cepat. Untuk membuat screenshot tampilan kamera di atas, saya harus mencoba beberapa kali, sampai akhirnya sedikit menurunkan bidang scan supaya QR code tidak terpindai sempurna. Ya karena begitu bidang scan pas di kode yang bersangkutan, scanner langsung beraksi, membaca isinya, dan pindah menunjukan hasilnya.

Fungsional, mudah, dan cepat. Jadi, ya… saya pikir aplikasi ini layak direkomendasikan.


Baca juga: 6 Game Mobile yang Asik dimainkan di Windows PC


Aplikasi QR Reader ini dibuat oleh TeaCapps. Saya lihat di Play Store, mereka memiliki beberapa aplikasi sejenis. Tepatnya, Dua QR code scanner gratis, dan satu aplikasi berbayar (tanpa iklan).

TeaCapps juga membuat aplikasi serupa untuk iOS (juga gratis dengan pilihan upgrade ke versi Pro). Namun, maaf, saya belum mencobanya, dan belum bisa menjamin fungsi scan gambar QR code dari layar.

Untuk yang ingin mencobanya, silakan unduh melalui tautan di bawah ini.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

Untuk pengguna Windows Phone, bisa mencoba aplikasi QR Scanner+ untuk fungsi yang sama.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.