Rumor iPhone SE 2 Yang Akan Rilis Tahun 2018

konsep iphone se 2

Tahun ini, iPhone X berhasil menggebrak tradisi handphone produksi Apple. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah akankah ada iPhone X versi murah? Seolah menjawab pertanyaan itu, rumor iPhone SE 2 pun merebak.

Sebelum melihat rumor yang beredar, tidak ada salahnya melihat perkembangan yang terjadi setelah iPhone X dirilis. Bagaimana pun, seperti kata Apple, iPhone X adalah masa depan.

Bagaimana iPhone di Tahun 2018?

Walau harganya yang bisa dibilang gila-gilaan, iPhone X sukses besar. Handphone ini berhasil mengalahkan penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (terutama di Amerika). Dengan keberhasilan itu, wajar kalau kita bertanya soal standar desain iPhone di masa mendatang. Akankah Apple segera mengganti wajah iPhone seperti iPhone X?

Melihat tren yang berkembang, hal itu sangat mungkin terjadi. Handphone minim bingkai semakin banyak beredar. Lihat saja handphone flagship Samsung, LG, Huawei dan Xiaomi.

Lalu, dari sisi variasi harga pun bisa kita lihat kecenderungan seperti itu. iPhone X adalah superstar Apple, dengan iPhone 8 dan 8 Plus yang “lebih terjangkau”. Secara logis, iPhone tahun depan adalah versi terbaru dari iPhone X. Kecil kemungkinan Apple mundur dari kesuksesan ini. Artinya, akan ada iPhone dengan harga lebih terjangkau yang mewarisi iPhone X.

Mari kita lihat dari pola lain. Tahun 2016, iPhone 7 dan 7 Plus dirilis, dengan tambahan iPhone SE yang lebih murah. Tahun 2017, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dirilis, dengan iPhone X yang premium. iPhone X adalah edisi perayaan iPhone. Bisa jadi, tahun 2018 memiliki pola seperti tahun 2016. Ada iPhone edisi standar dan versi murah. Yang kemudian membawa kita ke rumor iPhone SE 2.

BACA JUGA
10 Tahun iPhone: Dari Generasi Ke Generasi

Rumor iPhone SE 2

Rumor pertama datang dari analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo. Ia menyebutkan bahwa Apple akan merilis iPhone dalam 3 varian: model 5,8 inci dan 6,5 inci dengan layar OLED, ditambah model 6,1 inci dengan layar LCD.

Ketiga varian itu akan memiliki layar bezeless dengan tonjolan di bagian atas, dan membawa teknologi kamera TrueDepth mewarisi iPhone X. Ini berarti Face ID benar-benar jadi standar baru menggantikan Touch ID.

Ming-Chi Kuo juga menyebut bahwa versi dengan layar 6,1 inci akan menjadi “versi murah” iPhone. Menargetkan pasar menengah ke bawah. Rentang harga perkiraan adalah sekitar $649 sampai $749.

Handphone inilah yang kemungkinan menjadi iPhone SE 2.

rumor iphone se 2

Rumor kedua hadir dari situs asal Taiwan Economic Daily dan Focus Taiwan. Mereka menyebutkan bahwa Apple bekerjasama dengan perusahaan Taiwan, Winstron Corp, akan memproduksi generasi terbaru iPhone SE. Basis produksi tersebut akan berjalan di India.

Berbeda dengan yang pertama, rumor iPhone SE 2 ini menyebutkan bahwa handphone itu akan memiliki ukuran layar sama dengan sebelumnya, yaitu 4 inci. Lalu, iPhone SE 2 akan mewarisi Touch ID. Selain itu juga ada spekulasi varian memori internal 32 GB dan 128 GB, dengan harga sekitar $450.

BACA JUGA
Animoji Karaoke Jadi Tren Internet Terbaru Seiring Rilis iPhone x

Bisa kamu lihat, kedua rumor tersebut agak bertolak belakang. Paling tidak dari sisi desain dan spesifikasi. Namun secara umum ada anggapan kalau Apple akan merilis iPhone versi terjangkau tahun 2018 mendatang.

Menurutmu, mana di antara dua rumor iPhone SE 2 itu yang tepat? Kalau benar Apple merilisnya, apakah kamu mau membeli handphone itu? Atau memilih iPhone yang lebih canggih?

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen