Review Singkat Samsung Galaxy Note 8: Smartphone Untuk Orang Kreatif

Review Samsung Galaxy Note 8 (2)

Salah satu smartphone panas tiba di tanah air. Samsung percaya, bahwa smartphone ini bakal menebus dosa dari versi sebelumnya, yup inilah Samsung Galaxy Note 8.

Samsung secara resmi membuka pre order untuk ponsel anyar mereka, Samsung Galaxy Note 8. Suksesor dari Galaxy Note 7 ini dipercaya akan menghapus dosa dari versi pendahulunya. Inilah hands on dan review singkat dari Samusng Galaxy Note 8.

Desain

Ciri khas desain Galaxy Note masih terlihat, hanya saja Samsung memberikan sentuhan yang lebih elegan dan gagah pada Galaxy Note 8. Material yang digunakan tidak berbeda dengan Galaxy S8 atau S8+, yang mana akan membuat Note 8 mudah mendapatkan bekas sidik jari pada cover bagian belakang.

review samsung galaxy note 8

Kekurangannya, letak sensor sidik jari yang sama dengan Galaxy S8, yaitu di dekat lensa kamera membuatnya susah dijangkau dan seringkali saya salah meletakkan jari bukan ke sensor melainkan ke lensa kamera.

Selain itu, kekurangan lainnya, Samsung Galaxy Note 8 mudah meninggalkan bekas sidik jari penggunanya. Tapi sepertinya, hampir semua smartphone flagship saat ini memiliki masalah ‘kebersihan’ seperti ini.

Layar

Layar Galaxy Note 8 merupakan layar terbaik smartphone saat ini, baik dari segi kualitas ataupun pendekatan desain. Layar 6.3 inchi membuat kita lega saat digunakan untuk menonton video, membaca email, mengetik hingga bermain game. Layar Super AMOLED menjadi jaminan kejernihan dan memberikan akurasi warna. Dengan resolusi 1440 x 2960 (521 ppi), kalian akan dimanjakan saat menyaksikan video dan game Full HD.

Desain bezelless nya membuat dimensi smartphone ini tetap nyaman digenggam, meski masih terlalu besar jika dimasukkan ke dalam kantong celana.

Yang saya suka dari Galaxy Note 8 dibandingkan Galaxy S8 adalah detil kecil seperti lengkungan pada setiap ujung layar yang tidak terlalu besar. Hal itu membuat Galaxy Note 8 terlihat lebih elegan dan macho, sangat cocok buat business man dan tentu saja cocok buat kalian yang suka menggambar dan membuat sketch karena memiliki stylus, yang oleh Samsung disebut S-Pen.

Kamera

Jika kalian adalah pengguna Galaxy S8, iPhone 7 atau Google Pixel, kalian mungkin tidak akan terlalu merasa istimewa dengan hasil jepretan dari Galaxy Note 8. Namun secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa hasil kamera dari smartphone ini cukup bagus. Banyak fitur-fitur yang diberikan, salah satu yang jadi andalan (karena lagi tren) adalah portrait mode. 

Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang memberikan fitur portrait mode, pada Galaxy Note 8 bisa kita atur tingkat bokeh nya atau diubah menjadi foto tanpa adanya efek bokeh.

Galaxy Note 8 menjadi smartphone pertama Samsung yang mengusung dua lensa pada kamera belakang. Keduaya dibekali kemampuan 12 megapixel, OIS, autofocus, 2x optical zoom dan dual-LED (dual tone) flash. Kamera utama ini bisa digunakan juga untuk merekam gambar bergerak hingga 2160p dan sudah mendukung teknologi HDR.

Untuk kamera depan, kalian akan mendapatkan kamera berkekuatan 8 megapixel, f/1.7, autofocus, rekam video hingga 1440p@30fps, dual video call dan Auto HDR.

Fitur

S-Pen

Saat mencoba menggunakan stylus, saya cukup puas dengan performanya. Menuliskan di layar terasa natural seperti menggunakan pensil. Meskipun secara fungsi, saya merasa stylus pada smartphone lebih cocok untuk membuat sketch atau menandai obyek pada layar.

Dual SIM

Yang menarik dari smartphone buatan perusahaan asal Asia adalah, tidak menghilangkan fitur dual-SIM meski untuk seri flagship mereka. Fitur ini saat pertama kali muncul hanya dikhususkan untuk menarik pasar kelas low-end, namun saat ini, banyak orang berduit pun suka dengan fitur ini.

Jika bisa disebut kekurangan, Galaxy Note 8 menggunakan sistem hybrid untuk slot sim kedua. Secara pribadi, saya lebih suka mengisi slot tersebut dengan microSD.

NFC

Saat ini NFC tak lagi sekedar untuk bertukar file, namun bisa digunakan untuk sistem pembayaran. Sayangnya, fitur pembayaran menggunakan NFC masih belum populer di Indonesia.

Fast Charging

Sebagai ponsel yang ditujukan untuk kaum mobile nan sibuk, daya tahan baterai tidaklah cukup. Fitur untuk bisa melakukan pengisian secara cepat juga sudah menjadi standar baru di era saat ini.

Sensor Sidik Jari

Secara performa, sensor sidik jari dari Galaxy Note 8 cukup bagus dan cepat. Yang menjadi kendala hanyalah posisinya yang berada di belakang dan sangat dekat dengan lensa kamera. Alternatifnya, kalian bisa menggunakan sensor retina yang saya kira masih kurang begitu nyaman untuk digunakan ketika berada di lingkungan ramai. Nanti kita dikira serinf selfie.

Software

Hadir dengan Android 7.1.1 yang dibungkus menggunakan Grace UX milik Samsung, kita akan mendapatkan tampilan yang cepat dan sederhana. Saya menyukai transformasi TouchWiz ke GraceUX, karena Samsung memberikan banyak perubahan baik dari segi tampilan maupun performa.

Performa

Menggunakan prosesor Exynos 8895 Octa dan RAM 6 GB, tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh Galaxy Note 8. Semua game yang ada di Play Store saat ini bisa dilahap dengan baik, begitu juga ketika melakukan multi tugas dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Tidak ada lag atau permasalahan dalam performa saat mencoba menggunakan Galaxy Note 8.

Audio

Bagian ini merupakan kekurangan paling menonjol dari Galaxy Note 8. Dengan banderol harga di atas 10 juta, suara yang dihasilkan biasa saja. Bila disandingkan dengan iPhone 7 yang memiliki harga serupa, kualitas audio dari Galaxy Note 8 jauh tertinggal.

Spesifikasi

Dimensi: 162.5 x 74.8 x 8.6 mm
Berat: 195 gram
Layar: 6,3 inci, Infinity Super AMOLED dengan tampilang melengkung, resolusi 2960 x 1440 (521 PPI)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895 8895 (tergantung pasar)
RAM: 6GB
Penyimpanan internal: 64 GB/128 GB/256 GB
Slot microSD: hingga 256 GB
Kamera ganda: Kamera pertama 12 megapiksel, memiliki Dual Pixel F/1.7 dengan autofocus dan optical image stabilization. Kamera kedua 12 megapiksel dengan bukaan F/2.4 disertai autofocus dan optical image stabilization
Kamera depan: 8-megapixel F/1.7 front camera with autofocus
Fitur: Iris scanner, Fingerprint sensor, Heart rate sensor, IP68, New S Pen stylus, New Gear VR headset beserta aksesori controller
Bluetooth: 5.0
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac with dual band support
USB: Type-C
Headphone: 3.5mm jack
Baterai: 3,300 mAh dengan fast-charging, wireless fast-charging, and battery saving.
Sistem operasi: Android 7.1.1 Nougat dengan Samsung UX

Kesimpulan

Galaxy Note 8 merupakan smartphone yang ditujukan untuk para pekerja kreatif dan business man kelas atas. Desain yang elegan dan spesifikasi hardware kelas atas, Galaxy Note bukan saja sebuah smartphone dengan performa luar biasa, namun sudah menjadi status sosial bagi pemiliknya.

Samsung membanderol Galaxy Note dengan harga Rp 12.999.000. Sebuah harga yang cukup mahal untuk sebuah smartphone. Tapi apakah itu harga yang layak? jawabannya adalah “ya!” Terlebih lagi, Samsung saat ini memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Itu yang menjadi nilai tambah bagi penggunanya, salah satunya dengan memberikan Samsung Experience Center (SEC) dan Samsung Excelennce Partner (SEP).

Keunikan dari SEP dan SEC bukan hanya sebatas menjual produk saja, tapi kita bisa mencoba produk-produk Samsung seperti smartphone, VR, Smartwatch hingga kamera 360.

SEP dan SEC hadir di kota-kota besar tanah air, jika kalian berdomisili di kota Jogja, SEC bisa kalian temui di Mall Ambarrukmo Plaza dan Hartono Mall. Sedangkan untuk SEP, kalian bisa berkunjung ke Prima Abadi yang beralamat di Jl. Gejayan 12 (Sebelah Pasar Demangan).

Prima Abadi sebagai SEP menawarkan fasilitas yang menarik, bahkan dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh SEP. Prima Abadi seringkali menawarkan promo pembelian dengan bonus Ayam KFC, Donat JCo, Pizza Hut, dan Happy Meal Mc Donald.

Pada kesempatan peresmian SEP dan dalam rangka ulang tahun ke 7, mulai hari ini hingga 27 September akan ada program-program yang lebih seru lagi. Kamu akan mendapatkan layanan Light Massage dari Go Massage dan cuci motor mobil nya dari Go Auto powered by GoJek. Selain itu ada pula hadiah tambahan berupa Power Bank Exclusive dan Wireless Speaker JBL.

0 I like it
0 I don't like it

Blogger, Digital Nomad

5 Comments

  1. Duh... efek bokehnya buat saya mabook. Cinta banget! Mana designnya elegan dan mewah banget lagi.

  2. Sepesifikasinya keren banget!!

Yuk komen