Review Game Rodeo Stampede: Seru dan Bikin Penasaran

Review Rodeo Stampede

Nama lengkap game ini adalah Rodeo Stampede: Sky Zoo Safari. Game ini unik, karena merupakan gabungan antara running game dan simulasi. Di review Rodeo Stampede berikut, kami akan membahas apa yang membuat running game ini menjadi populer, unik, dan bikin penasaran.

Sudah jadi kebiasaan saya untuk memainkan dua jenis game di handphone. Yang satu biasanya game yang memiliki ritme lambat, seperti game strategi. Yang lain biasanya game dengan ritme cepat, seperti running game. Rodeo Stampede kebetulan masuk di kategori kedua. Jadi saya pikir akan menarik melakukan review Rodeo Stampede.


Baca juga: Review Asphalt Xtreme: Saatnya Mobil Offroad Beraksi


Gameplay Rodeo Stampede

Di game ini, kamu mengelola sebuah kebun binatang. Tugasmu adalah meningkatkan daya tarik kebun binatang sehingga menaikkan pendapatan. Daya tarik ini didapat dari koleksi hewan yang ada. Kamu harus mengumpulkan hewan-hewan tersebut dengan menangkapnya di alam liar.

Mengumpulkan hewan menjadi sisi aksi game ini dalam bentuk running game. Berbeda dari game sejenis ini lainnya, kita tidak berlari di Rodeo Stampede. Tapi melompat dari punggung hewan satu ke hewan lain. Sejauh mungkin, sambil menemukan hewan baru untuk dijinakkan.

gameplay rodeo stampede

Karena ini alam liar, hewan yang berlarian itu tidak suka dinaiki. Jadi, ada batas waktu yang berbeda untuk tiap hewan ketika dinaiki, sampai hewan itu mulai berontak, atau malah melempar kita. Di sinilah kita harus sigap melompat ke punggung hewan lain menggunakan tali laso. Tapi harap diingat, semakin sering kita melompat, diameter lingkaran laso akan semakin kecil dan semakin sulit untuk mendarat di posisi yang tepat.

Ketika bertemu dengan hewan baru (ada tulisan NEW di atasnya), sebisa mungkin melompatlah ke sana. Kita harus bertahan selama beberapa saat sampai hewan itu bisa masuk ke dalam koleksi kebun binatang. Ada indikator yang menunjukkan hal itu. Biasanya ada beberapa variasi dalam satu jenis hewan. Makin banyak koleksi variasinya, hewan semakin mudah dikontrol.


Baca juga: 6 Novel Grafis Superhero Favorit


Tambahan koleksi hewan baru akan menaikkan harga tiket, yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan kebun binatang. Uang yang didapat dari tiket masuk ini bisa digunakan untuk upgrade kandang. Setiap kandang mendapat upgrade, akan ada bonus kemampuan baru ketika menaiki hewan tersebut di alam liar.

Rodeo Stampede juga memiliki banyak misi. Baik ketika berada untuk alam liar atau untuk kebun binatang. Biasanya, setelah menyelesaikan satu misi di alam liar, akan ada hewan baru muncul. Sedangkan kalau sudah menyelesaikan misi di kebun binatang, akan ada wilayah baru terbuka untuk dieksplorasi, yang berarti akan ada hewan baru yang bisa ditangkap.

running game rodeo stampede

Kontrol Game

Game ini memiliki basis kontrol dengan sentuhan. Semua hewan akan berlari secara otomatis, dan yang kita lakukan di awal hanyalah menekan layar. Geser ke kanan atau ke kiri untuk mengontrol arah lari hewa yang kita naiki.

Untuk melompat ke hewan lain, angkat jari kita. Lalu saat lingkaran laso berada di hewan lain dan hewan itu menyala, tekan lagi layar handphone. Kita akan mendarat di atas punggung hewan selanjutnya.

Aturlah tingkat sensitivitas gerakan di dalam game yang sesuai keinginanmu. Karena kalau tidak, akan cukup sulit mengontrol gerakan. Apalagi ketika harus melakukan manuver, dan jari sudah ada di pojok layar alias mentok.

Menurut saya, kontrol game Rodeo Stampede cukup menarik karena tidak hanya sekedar swipe dan tap seperti running game lain. Yah, cukup memberi tantangan juga.


Baca juga: Review Huawei P9 Lite: Jangan Anggap Enteng


Tampilan Rodeo Stampede

Game ini dibuat oleh Featherweight Games, dan dirilis di bawah bendera Yodo1 Games. Mungkin kalian sudah mengenal nama yang terakhir disebut. Yodo1 Games adalah distributor yang merilis Crossy Road yang terkenal itu.

Mungkin sudah jadi kekhasan Yodo1 Games untuk merilis game dengan desain karakter kotak-kotak. Rodeo Stampede pun punya tampilan seperti itu. Seperti juga Crossy Road, karakter di game ini lucu dan menggemaskan.

Untuk tampilan, sejauh ini saya tidak punya keluhan. Tampilannya menarik, tombol-tombol mudah di sentuh, apalagi? Mungkin tidak istimewa, tapi juga tidak buruk.

kebun binatang rodeo stampede

Performa Game

Nah, di sini, saya punya sedikit catatan. Secara umum, game ini cukup lancar dimainkan di handphone yang saya gunakan (Moto E3 Power). Game ini juga kelihatannya (sejauh yang saya amati) tidak terlalu menguras baterai.

Hanya saja, setelah beberapa hari bermain, mulai ada sedikit kendala. Untungnya bukan kendala besar. Biasanya kendala ini terjadi ketika membuka game, juga ketika mulai bermain di bagian running game.

Yang saya alami, ketika membuka game pertama kali dan masuk ke kebun binatang, game akan berhenti sebentar, lalu mengulang ke layar awal untuk masuk kembali. Kemudian ketika mulai bermain untuk menangkap hewan, beberapa kali game berhenti sesaat (seperti freeze), tapi lalu kembali normal.

Selain itu saya tidak mengalami kendala lain. Saya belum tahu apakah ini berhubungan dengan kemampuan handphone (saya sudah menutup semua aplikasi), atau memang ada glitch di game ini (mungkin bisa beres kalau ada update game).

Di tengah permainan sendiri tidak ada kendala apa pun. Semua berjalan lancar jaya.

Review Rodeo Stampede¬†di berbagai bursa game boleh diacungi jempol. Mendapat rating 4.5/5 di Google Play dan 4.7/5 di Apple App Store. Game ini bisa didapat secara gratis. Walau ada iklan di dalamnya, yah… bisa disebut bukanya tidak berguna. Lucunya, salah satu cara paling mudah untuk mendapat uang adalah dengan memutar iklan yang ada.

Sebagai penutup review Rodeo Stampede versi UrbanDigital, saya berpendapat bahwa game ini asik dimainkan. Terutama karena tantangan misi dan mencari hewan baru memang bikin penasaran. Begitu kamu penasaran, Rodeo Stampede susah diletakkan. Layak dicoba.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.