Unboxing dan Review Powerbank ASUS ZenPower Pro

Jika sebelumnya kami pernah melakukan review powerbank ASUS ZenPower, kali ini kami kembali mendapatkan versi Pro dari powerbank buatan ASUS, ZenPower Pro. ASUS mengklaim bahwa powerbank ini memiliki tambahan fitur baru dari versi sebelumnya. Mari kita lihat apa yang ASUS berikan pada powerbank terbarunya ini.

Unboxing

ASUS ZenPower Pro dikemas dalam kotak kecil yang mirip dengan powerbank ASUS sebelumnya. Dalam paket pembeliannya, kita akan mendapatkan unit dari ZenPower Pro, kabel, buku panduan dan buku garansi. Yap, standar paket pembelian sebuah powerbank. Kotak pembungkus dari powerbank ini memiliki kualitas yang sama pada kotak pembungkus yang ada pada setiap ponsel ASUS.

Desain

Desain dari powerbank ZenPower Pro ini tidak jauh berbeda dari ZenPower, hanya saja dimensi dari ZenPower Pro sedikit lebih besar. Untuk ukuran lebar mungkin selisihnya sangat sedikit, namun untuk ukuran tingginya, ZenPower Pro sedikit lebih tinggi. Hal tersebut tentu mempengaruhi ukuran berat, namun jangan khawatir, penambahannya tidak terlalu signifikan. ASUS ZenPower Pro masih sangat ringan jika di bawa bepergian dan nyaman saat digenggam.

Selain desain, material yang digunakan juga mirip dengan yang digunakan pada powerbank versi sebelumnya, yaitu aluminium ringan. Selain terlihat menarik dan elegan, penggunaan material dari aluminium ini akan membuat powerbank lebih kokoh dibandingkan dengan powerbank yang terbuat dari plastik.

ASUS ZenPower Pro tersedia dalam tiga varian warna, Osmium Black, Sheer Gray, dan Glamor Pink. Atau gampangnya, hitam, abu-abu dan pink. Kebetulan saya mengulas ZenPower Pro berwarna abu-abu dengan daya 10050 mAh.

Selain perbedaan dimensi, beberapa perbedaan yang terlihat jelas adalah, ZenPower Pro memiliki dua colokan USB (ZenPower hanya satu) dan adanya lampu LED yang bisa digunakan sebagai senter. Tampaknya ASUS tidak hanya ingin membuat powerbank yang hanya berfungsi untuk menambah daya pada ponsel ketika di jalan. Menarik!

Performa

Saya sangat terkesan dengan fitur Quick Charging 2.0 yang diberikan oleh ASUS pada powerbank ini. Jujur saja, sejak fitur ini hadir di beberapa ponsel keluaran terbaru, fitur ini sangat membantu saat saya berada di perjalanan. Salah satu ponsel Windows yang mendukung quick charging adalah Lumia 950.

Saya mencoba performa Quick Charging ZenPower Pro, dan hasilnya cukup memuaskan. Hanya dalam waktu setengah jam, ponsel terisi daya 56%. Artinya setiap menit ponsel prosentase penambahan daya baterai lebih dari 1%. Cukup cepat.

Oh ya, untuk melakukan quick charging, kalian sebaiknya menggunakan kabel USB bawaan dari ZenPower Pro dan kalian harus mencolokkannya di port USB kedua dari tombol power. Karena untuk port USB sebelahnya digunakan untuk charge biasa.

Dengan kapasitas sebesar 10050 mAH, kita memerlukan waktu 6 – 9 jam agar bisa membuat ZenPower Pro terisi penuh. Lamanya waktu bergantung pada jenis kabel dan output listrik yang kita gunakan.

Fitur tambahan yang cukup berfungsi bagi saya adalah lampu LED yang bisa di fungsikan sebagai senter. Ya, karena di tempat tinggal saya masih ada kegiatan ronda keliling kampung, powerbank ini bisa digunakan dengan cukup baik meskipun lampunya tidak seterang senter biasa.

Spesifikasi teknis

Main Spec. ABTU005
Battery Type Cylindrical rechargeable lithium ion
Input Power 5.0 V/2.0A (Max)
Output Power Port 1: DC 5.1V/2.4A (Max) or 9.1 V2.0A or 12.1V/1.5A

Port 2: DC 5.1V/2.4A (Max)

Port1+Port2: 23.5W (Max)

Rated Capacity 5.1V/6400mAh/32.6Wh or 9.1V/3400mAh/30.9Wh or 12.1V/2400mAh/29.0Wh
Charging Time < 6hr (5V/2A), < 9hr (5V/1A) standard cable 6 Hours with standard 5V/2A cable
Size / Weight 100 x 59.6 x 22 mm (WxDxH) / 230 g
Protection Input OVP, OCP;  Output OVP, OCP short protection; cell protection including OVP, OCP; thermal protection during charge and discharge stage; adaptor protection, Jeita protection
Features Load Detection: Auto-detect the plug-in and plug-out of devices*
Charging Temperature 0℃~+35℃
Colors Osmium Black, Sheer Grey, dan Glamor Pink
Accessories (Optional) ZenPower Bumper
MSRP Rp399.000
Warranty 6 months

Kesimpulan

Dengan harga Rp 369.000, powerbank ASUS ZenPower Pro tidak bisa dibilang murah. Masih banyak powerbank dengan kapasitas besar yang di banderol dengan harga murah. Namun, jika kalian mencari performa dan kalian memiliki ponsel yang mendukun quick charging, ZenPower Pro adalah pilihan terbaik untuk saat ini. Kalian akan mendapatkan fitur yang sangat jarang ada di sebuah powerbank, quick charging, lampu LED, dual USB port, desain menarik dan elegan serta material dengan kualitas yang baik.

Itulah review powerbank ASUS ZenPower Pro dari kami. Jika kalian berminat, langsung saja klik link di bawah untuk membelinya secara online.

Kunjungi Toko

Blogger, Digital Nomad

6 Comments

  1. Beli dimana mas? Ada yg jual online gak mas?

    • sayangnya saya tadi ga nemu di beberapa pelapak online. Coba di bukalapak siapa tahu ada

  2. Waah kemarin habis lihat review asus zenpower dari sini, langsung tertarik dan beli.... Hasilnya memuaskan banget.
    Belum satu tahun udah muncul yang versi Pro juga... mantaab (y)

  3. Aman kh ok but 1520?
    Saya takutnya ngerusak baterai lagi