Review Moto C Plus: Handphone Murah Meriah Mantap

review moto c plus

Setelah mencicipi handphone Motorola yang canggih, sekarang giliran handphone yang paling sederhana. Ini dia review Moto C Plus. Sebuah handphone murah, meriah, tapi mantap.

Seri C adalah handphone Motorola entry level. Maksudnya, handphone dengan fitur mendasar, tanpa banyak teknologi canggih yang mengkilap. Tujuannya memang hanya untuk keperluan sehari-hari. Telepon, SMS, dan mungkin kegiatan chatting dan media sosial sederhana.

Desain

  • Termasuk keren di kelasnya
  • Tidak Murahan

desain moto c plus

Mungkin kalau handphone ini diletakkan di meja tanpa dinyalakan, orang tidak mengira kalau handphone ini kelas entry level alias handphone murah. Terus terang, saya mengacungi jempol pada pihak Motorola yang memutuskan arah desain handphone tahun ini.

Dari segi penampilan, entah kenapa saya lebih suka melihat Moto C Plus ini daripada Moto E4 Plus. Tentu saja, handphone yang disebut terakhir punya konstruksi yang lebih mantap. Bodinya aluminium. Bodi Moto C plus sendiri terbuat dari plastik. Di sisi penampilan, Moto C Plus lebih terasa sebagai upgrade dari Moto E3 Power.

Selain itu, Moto C Plus tidak punya tombol Home yang dilengkapi fingerprint scanner. Ia menggunakan desain klasik dengan tiga tombol kapasitif sebagai penggantinya. Posisi tombol volume dan power sama seperti Moto E4 Plus dan Moto G5s Plus. Ini saya nilai bagus karena konsisten.

Yang membedakan adalah letak colokan mikro USB yang ada di atas bersama colokan audio 3,5 mm. Setelah terbiasa dengan colokan USB di bawah, agak janggal juga saat pertama kali memakainya.

bagian dalam moto c plus

Sama seperti Moto E4 Plus, casing belakang Moto C Plus bisa dibuka. Di sana kita bisa menemukan dua slot SIM card dan satu slot SD card. Mirip seperti Moto E3 Power. Lalu, baterai handphone ini bisa dicopot. Tidak seperti Moto E4 Plus yang terkunci.

Secara keseluruhan, penampilan Moto C Plus memuaskan. Sama sekali tidak terkesan murahan.

Layar

  • Terhitung bagus di kelasnya

Layar Moto C Plus memiliki besar 5 inci dengan rasio 16:9, kualitas HD 720 x 1280 dan ketajaman layar ~294 ppi. Hm, sedikit lebih tajam dari Moto E4 Plus. Yah, maklum bidang layarnya lebih kecil.

Menurut saya kualitas layarnya cukup bagus. Paling tidak dari sisi warna dan ketajaman. Memang kalau dilihat dari sudut tertentu ada bias warna. Sekedar perbandingan, Moto G5s Plus lebih punya tampilan warna yang stabil dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, Moto C Plus tidak memiliki fitur adaptasi cahaya. Kamu harus mengatur tingkat kecerahan layar sendiri kalau membutuhkan. Melihat layar di bawah matahari terik juga kurang bagus. Walau begitu, seperti yang saya bilang, layarnya tidak buruk. Tentunya mengingat kelas dan harganya.

Fitur

  • Tidak ada fitur tambahan yang istimewa

Hm, saya agak bingung mau bicara apa soal fitur. Karena Moto C Plus merupakan handphone entry level, terus terang tidak ada fitur khusus di dalamnya. Jadi boleh dibilang handphone ini apa adanya.

Kamu bisa lihat spesifikasi lengkapnya di bawah. Tapi sekali lagi, tidak ada yang istimewa.

Kamera

Yah, seperti juga fitur, saya mencoba kamera Moto C Plus dengan sedikit pesimis. Bagaimana pun juga, spesifikasi kamera Moto C Plus biasa saja. Walau begitu, fitur khas Motorola tetap ada.

Handphone ini memiliki kamera belakang dengan kualitas 8 MP (f/2.2, 1.1µm) dengan autofocus, Burst Mode, Panorama, HDR, Beautification, dan lampu flash LED tunggal. Sementara kamera depannya punya kualitas 2 MP (f/2.8,1.0µm) dengan fokus tetap, Burst Mode, HDR, dan Beautification.

hasil foto kamera belakang moto c plus

Hasil foto kamera belakang Moto C Plus

hasil foto kamera belakang moto c plus

Hasil foto kamera belakang Moto C Plus

hasil foto makro moto c plus

Hasil foto makro kamera belakang Moto C Plus

hasil foto low light moto c plus

Hasil foto low light Moto C Plus

Saat saya memotret dengan Moto C Plus, kebetulan cuaca mendukung. Kamu bisa melihat kalau kamera belakang cukup baik menyeimbangkan cahaya intensitas tinggi dan rendah (lihat foto langit). Kamera belakang juga punya ruang tajam yang cukup baik (lihat foto makro).

Tapi memang, dalam kondisi tertentu, kamu bisa melihat juga kalau hasilnya tidak setajam kamera handphone yang lebih canggih. Hal ini tentunya bisa kita maklumi. Kemudian, foto low light tidak terlalu memuaskan. Ya, mungkin kondisi uji coba saya cukup ekstrim. Tapi kalau kamu memperhatikan beberapa review handphone sebelum ini, kamu bisa melihat perbandingannya.

Performa

  • Tidak terlalu responsif
  • Baterai awet

Spesifikasi Moto C Plus meliputi prosesor MediaTek MT6737 quad-core, RAM 2GB, memori internal 16 GB dengan dukungan SD card sampai 32 GB. Sedangkan baterai berkapasitas 4000 mAh (minimum 3780 mAh).

Untuk kegiatan biasa, handphone ini berfungsi baik. Tapi memang ketika saya coba membuka aplikasi Facebook, loading tidak secepat yang saya harapkan. Saya pikir bukan masalah koneksi internet karena saya juga membukanya di Moto G5s Plus.

Di samping itu, saya mencoba main game Naruto X Boruto Ninja Voltage. Hasilnya cukup mengejutkan. Tadinya saya menduga akan ada lag. Kenyataannya, saya bisa main game ini cukup lancar.

Sementara dari sisi baterai, yah cukup sesuai dengan kapasitasnya. Baterai handphone ini awet. Cukup untuk kegiatan sehari-hari. Tapi tentu saja, karena tidak ada fitur fast charging, butuh waktu cukup lama untuk mengisi daya.

Spesifikasi Teknis

Sistem Operasi Android 7.0 Nougat
Chipset MediaTek MT6737 64-bit
quad-core 1.3GHz Cortex-A53 
Mali-T720MP2
RAM 2 GB
ROM 16 GB 
SD card sampai 32 GB
Layar 5 inci HD 720 x 1280, GFM
Kamera Belakang 8 MP, f/2.2, 1.12µm 
Autofocus
Burst Mode
Panorama
HDR
Beautification
Lampu flash LED tunggal 
Video: 720p@30fps
Kamera Depan 2 MP, f/2.8, 1.0µm 
Fixed focus 
Burst Mode 
HDR 
Beautification
Lampu flash LED tunggal 
Video: 480p@30fps
Baterai 4000 mAh (min. 3780 mAh)
Konektivitas Micro-USB, Bluetooth 4.2, audio 3,5mm, Wi-Fi
Lokasi GPS, A-GPS
Pilihan Warna Starry Black, Fine Gold, Pearl White

 

Kesimpulan

Kalau kamu mencari handphone yang powerful, tentu saja jangan pilih handphone ini. Tapi kalau kamu mencari handphone kelas pemula yang mudah dipakai, punya penampilan dan kontruksi bagus, lalu berfungsi baik, kamu boleh memilih Moto C Plus.

Apakah handphone ini layak dibeli? Dengan harga ± Rp 1.500.000, esimpulan saya dalam review Moto C Plus ini adalah layak dipertimbangkan. Handphone ini memang sebuah handphone yang murah, meriah, dan mantap. Tapi saran saya, menabunglah sedikit untuk bisa dapat Moto E4 Plus.

Cari Diskon

Ada komentar?