Review: Software Leawo Music Recorder

review-leawo-music-recorder

Leawo Music Recorder, mungkin kalian masih asing dengan nama aplikasi yang akan saya review kali ini. Jika melihat dari namanya, kalian pasti tahu bahwa software PC ini berfungsi untuk merekam musik atau yang berhubungan dengan audio. Yup, fungsi utama dari software ini adalah merekam musik, tapi Leawo Music Recorder memiliki beberapa fitur yang cukup menarik, terlebih buat kamu yang suka merekam musik.

Leawo Music Recorder, dibuat oleh Leawo ini memiliki desain yang cukup familiar, seperti software audio pada umumnya. Jadi kalian tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya.

Saat pertama kali membuka aplikasi ini, kalian akan melihat petunjuk penggunaan. Jangan mengira kalau petunjuk tersebut rumit, software ini hanya memiliki 2 langkah mudah untuk menggunakannya. Pertama, kalian cukup memilih sumber suara, yaitu dari audio komputer atau audio input (microphone). Kedua, klik tombol ‘record’ (berbentuk bulat dengan warna merah). Selesai! Mudah kan.

Fitur unik yang dimiliki oleh software ini adalah, kita bisa mendapatkan informasi file musik secara otomatis saat kalian merekamnya. Jadi, jika kalian merekam musik yang ada di YouTube, LastFM, Soundcloud atau apapun itu, maka Leawo Music Recorder secara otomatis akan melakukan pencarian data informasi judul lagu, artis, album, tahun dan genre musik. Tentu saja, kalian harus terhubung ke internet untuk bisa merasakan fitur ini.

Leawo Music Recorder tag3

Saya mencoba fitur tersebut dengan mencoba merekam empat lagu, yaitu Sugar (Maroon 5), Viva La Vida dan Paradise (ColdPlay) dan Bohemian Rhapsody (Queen). Hasilnya, 2 lagu bisa terdeteksi dengan baik (Viva La Vida dan Bohemian Rhapsody) dan sisanya gagal. Saya tidak tahu persis mengapa, tapi kemungkinannya, algoritma yang kurang tepat atau database musik yang mereka gunakan kurang lengkap.

Fitur unik lain adalah ‘Scheduler’. Dengan fitur ini, kita bisa mengatur waktu awal dan akhir sebuah musk/file audio. Jadi kita bisa mengatur dari detik ke berapa akan mulai, dan dari detik berapa akan berakhir. Kita juga bisa mengatur komputer langsung shut down saat proses merekam telah selesai.

Fitur Scheduler Leawo Music Recorder

Fitur Scheduler

Leawo Music Recorder memiliki pengaturan yang cukup lengkap. Selain beberapa yang sudah saya sebutkan diatas, kalian bisa menemukan beberapa pengaturan seperti folder output, split jeda waktu lebih dari 0.2 detik, filter otomatis, pilihan format mp3 dan wav, pilihan bit rate dan sample rate, skin dan proxy.

pilihan Pengaturan

pilihan Pengaturan

Selain berfungsi sebagai software music recorder, kita bisa menggunakan software ini layaknya media player. Ada fitur playlist dan mengimpornya ke iTunes.

Leawo Music Recorder ditujukan untuk kalian yang suka merekam audio melalui PC. Vlogger, Podcaster atau Broadcaster jelas memerlukan software ini untuk mendukung profesi mereka. Harga dari software ini juga tidak mahal, yaitu $19.99. Harga yang layak untuk fungsi yang di dapat.

0 I like it
0 I don't like it

Blogger, Digital Nomad