Panduan Review Produk

Review Laptop ASUS X555QG: Laptop Game Murah

  • Desain4.0
  • Layar4.0
  • Audio4.2
  • Fitur/Harga4.0
  • Baterai3.8

ASUS X555QG merupakan laptop yang memiliki fungsi produktivitas dan game sekaligus. Meski lebih cocok sebagai gadget untuk aktivitas mobile, namun laptop ini juga nyaman ketika digunakan untuk memainkan game-game mainstream

Beli disini
4.0Overall Score

Laptop game memang sedang naik daun saat ini. Banyak manufaktur laptop berlomba-lomba untuk membuat berbagai jenis laptop game dengan spesifikasi yang luar biasa hebat, tentunya, hal tersebut juga dibarengi dengan harga yang menguras kantong.

Bagaimana jika kalian ingin menikmati game namun memiliki anggaran terbatas untuk membeli laptop? tentu kalian ingin mencari laptop game murah bukan? Jika kalian berada pada situasi tersebut, ada beberapa laptop yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah laptop ASUS X555QG yang baru saja selesai kami review.



Laptop ASUS X555QG sebenarnya bukanlah laptop game, namun spesifikasi yang dibawa oleh laptop ini bisa digunakan untuk bermain game-game populer. Sebenarnya apa sih yang membedakan antara laptop game dengan laptop biasa? Jika kalian bertanya kepada saya, maka akan saya jawab “desain dan ornamennya saja yang membedakannya”.

Mari kita mulai review laptop ASUS X555QG-nya.

Desain

Desain dari laptop ini tidak jauh berbeda dengan desain laptop ASUS yang lain. Material utama casingnya adalah alumunium yang menutupi bagian muka dan bagian dalam. Menariknya, pada bagian muka, ASUS memberikan sentuhan grafir garis-garis agar tidak terasa licin. Kesan elegan nampak dari finishing-nya yang mengkilat. Kebetulan saya mendapatkan warna hitam, membuatnya tampak elegan dan mewah. Saya malah beranggapan bahwa laptop ini memiliki tampilan bisnis dibandingkan fun.

review asus x555QG

Bukan hanya bagian muka, alumunium di bagian dalam juga diberi sentuhan garis-garis oleh ASUS, bahkan ada dua motif berbeda. Untuk area palm rest, motif garis-garis terlihat horisontal, sedangkan untuk area keyboard dan speaker terlihat saling menyilang.

 

Sama seperti varian laptop ASUS lainnya, X555QG juga dilengkapi dengan DVD Writer untuk membaca dan menulis dengan menggunakan cakram DVD.

Layar

Laptop ASUS X555QG ini memiliki layar 15.6 inchi 16:9 dan sayangnya masih memiliki resolusi HD 1366×768 pixel. Meski begitu, untuk aktivitas sehari-hari, tidak ada kendala yang berarti, kecerahan warna masih baik dan masih terasa nyaman di mata. Namun ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis maksimal, maka detil tidak akan begitu terlihat.

review ASUS X555QG

ASUS X555QG memiliki bazel yang tebal, tentu saja ini memiliki nilai positif dan negatif. Penggunaan bazel tebal akan menahan benturan ringan dan meminimalisir kerusakan pada layar. Sisi negatifnya, nila estetika dan luas layar akan berkurang.

Audio

Teknologi SonicMaster yang dibenamkan oleh ASUS pada produk-produk terbaru mereka, juga diimplementasikan pada laptop ini. Sejujurnya, optimasi antara hardware dengan software di bagian audio membuat suara yang dihasilkan cukup memukau. Detil suara dan bass yang menggelegar akan kita dapatkan. Pengalaman bermain game akan menjadi menyenangkan dengan suara yang dihasilkan dari laptop ini. Tidak hanya itu, mendengarkan musik dan menonton film juga akan menjadi pengalaman yang memuaskan.

Touchpad dan Keyboard

Untuk area touchpad, ukuran dari papan touchpad cukup lumayan, tidak terlalu kecil. Touchpad ini pun turut didukung dengan teknologi smart gesture, untuk membuat pengguna dapat lebih mudah mengoperasikannya.

Pada area di pinggir touchpad, yakni area palmrest, ASUS menanamkan fitur IceCool Technology. Tujuannya agar kita dapat berlama-lama menggunakan notebook tersebut tanpa khawatir pergelangan atau tangan akan terasa panas. Saat kami coba, teknologi dari ASUS tersebut cukup membantu.

Untuk keyboard, jarak antar tuts cukup lebar, jadi ketika mengetik, akan meminimalisir salah pencet tombol. Yang agak sedikit mengganggu adalah, bahan yang digunakan pada tuts keyboard terkesan ringkih.

Untuk kenyamanan, meski tidak bisa dibilang istimewa, namun keyboard dari laptop ini masih cukup nyaman untuk aktivitas mengetik yang cukup lama.

Hal yang cukup mengganggu dari peletakaan keyboard ini adalah tombol power yang ada tepat di atas tombol escape (esc). Kesalahan menekan tombol akan mudah terjadi.

Port

ASUS X555QG memiliki port yang cukup lengkap. Kita akan menemukan 3 port USB (versi 3.0 dan 2.0), slot MMC, jack audio, HDMI dan bahkan masih terdapat port VGA.

laptop game murah asus x555qg

Baterai

Hal yang mengecewakan dari laptop ini adalah di bagian ini. Dengan baterai yang hanya mengandalkan 2 cell saja, laptop ini tak bisa bertahan lebih dari 3 jam untuk penggunaan normal. Jika digunakan untuk bermain game, daya tahan baterainya bisa lebih cepat lagi.

Kemampuan untuk mengisi daya kembalinya pun juga masih mengunakan teknologi standar.

Lain-lain

Jika kalian membeli ASUS X555QG, maka kalian tidak akan mendapatkan sistem operasi Windows, laptop ini hanya terinstall sistem operasi DOS saja. Namun sebagai gantinya, kalian akan mendapatkan paket game gratis dari Steam dengan mengikuti petunjuk klaim melalui laman resminya disini (promo terbatas).

ASUS X555QG memiliki tiga varian (yang saya review adalah varian terendah), yang membedakan adalah penggunaan HDD/SSD, kartu grafis terintegrasi/tidak, jumlah RAM dan resolusi layar.

Performa

Apa yang kalian harapkan dari laptop game murah? tentu saja bisa digunakan untuk bermain game. ASUS X555QG mampu menjalankan game-game mainstream dengan apik. Saat saya mencoba bermain game The Banner Saga 2 dan DOTA 2, tidak ada gangguan sama sekali. Game berjalan mulus dan lancar.

Untuk penggunaan harian, saya juga tidak mengalami masalah yang berarti, hanya saja ketika menggunakannya untuk browsing dengan Chrome, seringkali ada lag atau menjadi not responding. Chrome memang rakus memori, namun dengan RAM 4 GB, seharusnya ASUS X555QG mampu mengatasi hal ini. Solusi sementara adalah, jangan browsing menggunakan Chrome.

Buat kalian yang ingin menambah kecepatan dari laptop ini, saya sarankan untuk mengganti HDD dengan SSD.

Spesifikasi Teknis

Keterangan Spesifikasi
Processor AMD A10-9600P Radeon R5 24 GHz
Operating System Dos
Memory 4GB
Display 15,6 inchi 16:9 HD (1366×768)
Graphic AMD Radeon™ R5 Graphics + Radeon™ R6 M435DX Dual Graphics with 2GB DDR3 VRAM
Storage 2.5″ 9.5mm SATA
– 1TB HDD 5400 RPM
Optical Drive Super-Multi DVD (On selected models)
Card Reader 2 -in-1 card reader ( SD/ SDHC)
Camera VGA Web Camera
Networking Integrated 802.11 b/g/n or 802.11 ac (On selected models)
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)
10/100/1000/Gigabits Base T
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
2 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
Audio Built-in Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology
Battery 2Cells 37 Whrs
Power Adapter Output :
19 V DC, 4.74 A, 90 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Kesimpulan

Laptop ASUS X555QG sebenarnya bukan masuk ke dalam kategori laptop game, namun spesifikasi yang diberikan sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game-hame mainstream. Oleh karenanya, saya berani menyebutnya sebagai laptop game murah.

Jika berbicara masalah kekurangan, saya bisa menyebut daya tahan baterai dan tidak tersedianya sistem operasi Windows 10 bawaan. Selebihnya, laptop seharga 6 jutaan ini mampu bekerja dengan baik.

Jadi siapakah yang layak menggunakan laptop ini? menurut hemat saya, laptop ASUS X555QG adalah laptop yang diperuntukkan untuk mahasiswa atau pekerja kantoran yang memiliki hobi bermain game di saat luang.

Jika kalian tertarik, bisa langsung membelinya disini.