Review Hardisk Seagate 2TB FireCuda: Buat Gamers dan YouTubers

Hardisk Seagate 2TB FireCuda (3)

Dapur review kami kedatangan hardisk Seagate Firecuda yang berkapasitas 2 terrabyte. Firecuda merupakan lini hybrid dari Seagate yang kurang sukses di pasaran. Dengan varian baru ini, apakah Seagate akan mampu menebus kesalahannya di masa lalu?

Media penyimpanan terbaru dari Seagate yang menggunakan teknologi SSHD. Apa itu? secara gampang bisa dibilang, SSHD merupakan HDD dengan kinerja seperti SSD. Jadi ini merupakan teknologi yang sebenarnya cukup membantu mengatasi gap antara performa dan harga. Seperti kita tahu, harga SSD 4 kali lipat dibandingkan dengan harga HDD.

Kami menerima versi FireCuda dengan kapasitas 2TB yang memiliki bentuk 3,5 inci. Bentuk yang paling banyak digunakan oleh hard drive mekanis. Kita bisa menghubungkannya melalui antarmuka SATA 6Gb / s standar, kita tidak memerlukan koneksi M.2 atau PCIe yang mewah untuk mengoptimalkannya. Jadi hardisk ini bisa digunakan pada banyak mainboard yang beredar saat ini.

Seagate FireCuda berkapasitas 2 terrabyte dan memiliki 7200 rpm ini dijual dengan harga 1.7 – 1.9 juta rupiah. Sebagai perbandingan, harga SSD dengan kapasitas yang sama bisa berharga 6 jutaan. Inilah yang membuat hardisk ini cukup menarik jika dilihat dari harga.

Cara bekerja SSHD pada hardisk ini adalah hardisk mempelajari aplikasi-aplikasi apa yang sering digunakan dan menyimpannya pada cache yang sudah disediakan sebesar 8GB. Ketika aplikasi tersebut mendapatkan data baru, maka hardisk ini baru akan mengakses sistem mekanik yang berkapasitas 2Tb tadi.

Seagate menyebut teknologi ini dengan “OptiCache” dan bisa meningkatkan kecepatan hingga 45% dari kecepatan jika kita menggunakan HDD. Semakin sering kita menggunakan aplikasi tersebut, maka semakin cepat pula kita bisa mengaksesnya. Cara kerja yang mirip dengan cache pada sebuah web.

Keunggulan sistem ini adalah, kita akan bisa mendapatan kecepatan akses maksimal saat menjalankan satu atau dua aplikasi saja, namun jika kita sering menggunakan banyak aplikasi sekaligus, kapasitas cache 8GB tentu tidak bisa mengatasinya.

Kesimpulan

Teknologi SSHD tidak bisa 100% mengungguli kecepatan SSD. Namun bukan berarti hardisk Seagate FireCuda ini tidak berguna. Menurut saya, hardisk ini cocok buat kalian yang hanya fokus bekerja dengan beberapa aplikasi saja.

Saya juga merekomendasikan hardisk ini untuk para gamers yang memiliki budget terbatas. Bukan hanya untuk di PC, hardisk ini cukup baik sebagai tandem console PlayStation. Kalian bisa bermain game-game berat sekalipun dengan lancar. Selain gamers, kalian yang hobo editing video juga akan terpuaskan dengan kinerja dari hardisk ini.

0 I like it
0 I don't like it