Game Minat

Review Game Olympus Rising

review game olympus rising

Game Olympus Rising adalah sebuah game hybrid antara game strategi, pertahanan menara, dan game RPG dengan sedikit sistem MMO. Game ini dibuat oleh flaregames GmbH, yang sebelumnya membuat seri Royal Revolt dan Dawn of Steel. Olympus Rising juga merupakan game F2P (free to play) dan tersedia di berbagai platform.

Gameplay Olympus Rising

Gameplay Olympus Rising bisa dibilang mirip dengan Royal Revolt 2. Pada dasarnya, permainan dibagi menjadi dua bagian. Membangun kastil beserta pertahanannya di Olympus, dan merebut pulau-pulau di sekitar Olympus.

Membangun kastil beserta pertahanannya cukup standar. Ada berbagai bangunan dengan fungsinya masing-masing. Selain itu, juga ada sisi pertahanan. Kita akan membangun gerbang dan menara pertahanan di sepanjang jalan menuju kastil Olympus.

Aksi sebenarnya berada di luar Olympus. Di sana ada berbagai pulau dengan penghasilannya masing-masing, baik ambrosia maupun koin. Kedua hal itu yang akan menjamin kegiatan sepanjang permainan.

Di beberapa pulau akan ada pasukan musuh (pemain lain) yang mempertahankannya. Tugas kita adalah merebutnya. Namun, besar kemungkinan pulau tersebut akan direbut kembali nanti. Faktor inilah yang membuat permainan menarik.

peta olympus rising

Pertempuran akan berjalan sama seperti di Royal Revolt. Jagoan pilihan kita akan menyerang musuh diikuti oleh pasukan yang ada. Tiap pasukan yang dipanggil memiliki kapasitasnya masing-masing. Jumlah yang bisa dipanggil tergantung pada jumlah indikator yang ada di bagian bawah layar.

Pahlawan legendaris yang jadi jagoan kita merupakan elemen game RPG di sini. Mereka memiliki kelengkapan tempur (armor, senjata, dll) yang bisa diganti, dan memiliki kemampuan (sihir) yang bisa dipilih dan di-upgrade. Seiring naiknya level permainan, semakin banyak hero yang bisa digunakan.

Tantangan dalam pertempuran sama seperti bentuk pertahanan kita. Ada gerbang-gerbang dan menara pertahanan. Kita harus menembusnya dan melawan pasukan yang datang menghadang. Kemenangan diraih ketika kita bisa mencapai dan menghancurkan gerbang utama.

gameplay olympus rising

Tampilan dan Kontrol

Berbeda dengan Royal Revolt yang memiliki gambar kartun, game Olympus Rising memiliki gambar yang lebih nyata. Mungkin nuansa gambarnya sama seperti game God of Rome dari Gameloft. Karakter gambar seperti ini membuat game ini lebih terasa seperti game serius. Selain itu, kualitas gambarnya pun bagus. Enak dilihat.

Untuk kontrolnya, game Olympus Rising menggunakan sistem point and click. Artinya, di mana kita menekan (klik atau tap), di situlah hero akan bergerak atau menyerang. Sistem ini merupakan sistem klasik untuk game RTS (real time strategy). Game RPG klasik biasanya menggunakan kontrol arah gerak (seperti di kontroler konsol atau di keyboard). Untuk game yang bisa dimainkan di berbagai perangkat, kontrol point and shoot seperti Olympus Rising lebih nyaman digunakan.

hero olympus-rising

Pengalaman Bermain

Game Olympus Rising menawarkan permainan yang menjanjikan. Ada berbagai elemen berbeda yang membuat kita cukup sibuk. Menata pertahanan, meningkatkan kemampuan, menyerang dan mempertahankan wilayah, dll.

Hanya saja, rutinintas tersebut–yang awalnya kencang berkembang–kemudian menjadi sedikit monoton. Bahkan untuk pertempurannya. Tidak banyak kejutan hadir selama permainan. Strategi pertahanan menara yang ada tidak begitu banyak berkembang.

Kemudian, akan ada saat ketika kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi selain menunggu. Musuh yang ada terlalu kuat, sementara upgrade berjalan cukup lama. Oke, saya paham kalau Olympus Rising adalah game F2P alias freemium. Pilihan yang ada biasanya berbelanja, atau bekerja lebih keras dan bersabar. Di game Asphalt, misalnya, walau perkembangan berjalan lambat, kita tetap bisa mengulang balapan di sirkuit yang pernah dimainkan dan mendapat sedikit koin sebagai modal upgrade.

Oya, sejauh ini, Olympus Rising tidak terlalu membuat baterai boros. Cukup terasa, tapi tidak terlalu menguras baterai Lumia 930 yang saya gunakan.

Seperti sudah saya sebut, Olympus Rising bisa didapat secara gratis. Game ini juga terdapat di berbagai platform. Baik Windows PC, Windows Phone, Android, dan iOS.

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS

DOWNLOAD UNTUK IOS

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

Seberapa kerenkah Olympus Rising?
  • Gameplay3.5
  • Grafis4.0
  • Kontrol4.0
  • Experience3.5

Secara keseluruhan, Olympus Rising menarik dimainkan. Hanya saja, kurang greget untuk dimainkan terus menerus.

3.8Overall Score

One Comment

Comments are closed.