Review ASUS ZenPower Ultra: Panjang dan Tahan Lama

review poerbank asus zenpower ultra

Setelah sebelumnya melakukan review ASUS ZenPower dan ZenPower Pro, kali ini saya akan kembali mengulas generasi terbaru powerbank dari ASUS, ZenPower Ultra. Dilihat dari namanya, kita tahu bahwa ZenPower kali ini menghadirkan mAh yang lebih besar dari sebelumnya. Jadi mari kita ulas lebih jauh ASUS ZenPower Ultra.

Unboxing

Saat membeli powerbank ASUS ini, kita akan mendapatkan satu buah ZenPower Ultra, buku manual, kabel charge dan kantong yang terbuat dari kain untuk memudahkan membawa powerbank yang berukuran besar tersebut.

unboxing zenpower ultra

Desain

ASUS masih mempertahankan desain yang sama dengan versi ZenPower sebelumnya, memiliki lengkung di setiap sudutnya yang membuatnya nyaman dipegang. Yang membedakan dengan versi sebelumnya adalah panjangnya yang 2x lebih panjang dibandingkan ZenPower atau ZenPower Pro. Perbedaan dimensi tersebut juga ditebus dengan bertambahnya berat yang dimiliki oleh ZenPower Ultra.

ASUS ZenPower Ultra memiliki dua port dan bisa digunakan sekaligus untuk charge ponsel. Berbeda dengan, ZenPower Pro yang hanya ada satu port dengan fitur quick charging, kedua port dari ZenPower Ultra sudah mendukung fitur quick charging 2.0 dari Qualcomm. Jadi buat kalian yang punya ponsel dengan fitur quick charge, akan sangat senang dengan powerbank ini.

ASUS ZenPower Ultra juga memberikan fitur senter sebagai tambahan jika suatu saat kalian memerlukannya.

port-usb-zenpower-ultra

Performa

Saat melakukan uji performa dari powerbank ASUS ini, saya cukup puas dengan performa yang dihadirkan. Quick charging yang ada di ZenPower Ultra mampu bekerja dengan baik, bahkan jika kedua port digunakan sekaligus.

Dengan daya tahan baterai yang digunakan sebesar 20100 mAh, kita bisa melakukan charge berkali-kali. Jika kalian memiliki ASUS ZenFone 3, maka powerbank ini bisa digunakan untuk melakukan charging sebanyak 6 kali dan daya dari ZenPower Ultra masih tersisa. Jika kalian menggunakan iPhone 7, mungkin bisa sampai 10 kali.

Bagaimana jika powerbank ASUS ZenPower Ultra ini kehabisan daya? pasti proses charging nya bakal lama dong? tentu pertanyaan seperti itu juga terlintas saat pertama kali memegang powerbank ini. Bagaimana jika dibawa ketika bepergian? tentu akan merepotkan jika harus menunggu powerbank ini siap digunakan kembali.

review-powerbank-asus-zenpower-ultra

ASUS memberikan fitur quick charge 2.0 Qualcomm pada powerbank terbarunya ini. Jadi untuk mendapatkan daya baterai 46% dari powerbank ini, kita cukup membutuhkan waktu 7.5 jam saja. Jadi ya sekitar 10000 mAh bisa kita dapatkan. Cukup untuk melakukan charging ponsel 3-5 kali.

Powerbank ASUS ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur keamanan, seperti temperature protection, short circuit protection, rest protection, I/O voltage protection, Input Reverse protection, Over Charge/Discharge Protection, Output cover protection, Cell PTC protection dan Adapter protection. Mungkin kita tidak akan pernah menyadari atau bahkan tidak peduli dengan fitur-fitur keamanan tersebut. Tetapi dengan adanya fitur yang diberikan oleh ASUS di powerbank-nya, akan ada rasa aman ketika menggunakan powerbank ini. Misalnya, meminimalisir kasus ledakan pada ponsel, dll.

Kesimpulan ZenPower Ultra

Setelah mencoba beberapa hari, inilah hasil review ASUS ZenPower Ultra. Powerbank ASUS ini cocok buat kalian yang suka bepergian jauh dengan membawa banyak gadget. Dengan kekuatan sebesar 20100mAh, bukan hanya ponsel, tapi kita bisa charging gadget lain seperti kamera, smartwatch dan ponsel-nya teman.

ASUS ZenPower Ultra hanya bisa kalian dapatkan melalui pembelian online di web resmi ASUS seharga Rp 769.000.

Spesifikasi Teknis

Battery Type Rechargeable lithium-ion cell
Input Power DC 5V/2A or 9V/2A
Output Power Output 1: DC 5.1V/2.4A or 9.1V/2A or 12.1V/1.5A
Output 2: DC 5.1V/2.4A or 9.1V/2A or 12.1V/1.5A
Output 1+2: 36W(max)
Capacities 3.6V/20100mAh(72Wh)
Rating Capacities 5.1V/12800mAh or 9.1V/6910mAh or 12.1V/5030mAh
Dimensi 175 x 59.6 x 22 mm
Features 1. High Luminance LED Flashlight: Press and hold the power botton to turn the flshlight on/off. Press the power botton twice to adjust the brightness.
2. Load Detection: Auto-detect the plug-in and plug-out of devices*
Keamanan 1. Temperature protection
2. Short circuit protection
3. Reset protection
4. Input over voltage protection
5. Output over voltage protection
6. Input reverse direction protection
7. Over charge/over discharge protection
8. Output over current protection
9. Cell PTC protection
10. Adapter protection
11. JEITA protection
Temperature Operating temperature: 0℃-35℃
Berat 420 g
Pilihan Warna Black / Silver / Pink
Catatan Powerbank Charging Time:
<7.5hr (9V/2A)
<11hr (5V/2A)
<18hr (5V/1A)
0 I like it
0 I don't like it

Blogger, Digital Nomad