Review Aplikasi Email Spark untuk Mac

Aplikasi email Spark untuk Mac kini sudah tersedia. Aplikasi email ini sebelumnya hanya tersedia untuk iPhone dan iPad. Spark dikenal memiliki desain aplikasi yang keren, dan memiliki banyak fitur unggulan. Terbukti dengan terpilihnya aplikasi email ini sebagai salah satu Best of the App Store.

Kalau kalian mengikuti artikel di UrbanDigital, kalian pasti tahu kalau saya menyukai desain yang cerdas. Dalam arti, sebuah tampilan yang sederhana tapi tetap mampu menghadirkan fungsi yang optimal. Sebagai sebuah aplikasi email, Spark berhasil menghadirkan hal tersebut.

What makes Spark so good? It’s a combination of polish, simplicity, and depth.

Harry McCracken

Sebelum melangkah lagi, perlu disebut bahwa Spark bekerja dengan berbagai layanan email. Google, iCloud, Yahoo, Microsoft Outlook.com, dan juga Microsoft Exchange. Membuat akun email tersebut juga semudah memilih layanan, memasukkan nama email, dan password.

tampilan aplikasi email spark mac


Baca juga: Setup Email Hosting di Office 365


Spark Membantu Mengelola Email dengan Optimal

Spark memiliki fitur standar seperti folder, notifikasi, signature (tanda tangan), mengatur shortcut, dll. Aplikasi email untuk Mac ini juga mendukung beberapa fitur menarik lain seperti swipe (mark as read, archive, delete, dll) yang memudahkan untuk tindakan cepat, menampilkan undangan acara (calendar event) dengan tampilan yang bagus, sistem pencarian dengan bahasa alami (misal email from Alex from last week), dan fungsi snooze kalau kita butuh diingatkan tentang email tertentu nanti.

Tapi, yang membuat saya suka dengan aplikasi email ini adalah fitur Smart Inbox yang memilah email sesuai kepentingannya (personal, newsletter, notifikasi). Dengan begitu, kita bisa fokus dengan email penting terlebih dahulu. Ya, mirip seperti Inbox dari Gmail.

Selain itu ada juga fitur Smart Notification. Fitur ini akan memperlajari dan menyaring email yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal oleh pengguna. Kemudian hanya akan memberikan notifikasi email dari pengirim yang dikenal saja. Smart Notification bisa diatur untuk tiap alamat email yang kamu gunakan di Spark.

smart notification spark email app

Di sisi fun, Spark memiliki fitur Quick Replies dengan emoticon. Jadi kalau kamu sedang sibuk dan perlu memberi respon cepat untuk email yang tidak kalah penting (misalnya menyetujui sesuatu), fitur ini bisa membantu. Tinggal klik, pilih, dan balasan akan terkirim.

Semua fitur tersebut dihadirkan dengan tampilan yang ringkas, bersih, dan teratur. Ya, Spark memiliki desain yang modern. Aplikasi ini menggunakan ikon dengan bijak, dan warna yang enak dilihat. Secara keseluruhan, patut dipuji.

mengirim email lewat aplikasi spark


Baca juga: Untuk Google Mail yang Lebih Teratur, Gunakan Inbox


Apakah ada yang kurang?

Sebagai anak baru, Spark untuk Mac masih memiliki beberapa kekurangan. Paling tidak untuk saat ini.

Spark untuk iOS memiliki integrasi dengan layanan Cloud seperti Dropbox, OneDrive, Google Drive, Box, dll. Aplikasi email di iOS itu juga memiliki integrasi dengan layanan catatan atau bookmark, seperti OneNote, Evernote, Readability, Pocket, atau Instapaper. Fitur ini belum saya temui di Spark untuk Mac. Saya juga berharap Spark nantinya punya integrasi dengan Wunderlist atau Todoist.

Kemudian, saat ini Spark juga belum memiliki fungsi mengirim email nanti (send later), dan profil kontak (dari media sosial atau email bersangkutan). Yah, mungkin kedua fitur ini terlihat sepele. Tapi bisa mengirim email nanti, akan mempermudah kita mengatur waktu. Lalu, kalau kita bisa melihat profil kontak yang bersangkutan, kita bisa dengan mudah mengenalinya dan memilih bagaimana kita bisa mengontaknya melalui cara lain.

Menarik untuk ditunggu perkembangannya

Ya, ada banyak aplikasi email bagus untuk Mac. Mulai dari aplikasi Mail bawaan MacOS, Outlook dari Microsoft, CloudMagic, Airmail, sampai Polymail. Ada yang komersial, dan ada yang gratis. Kebetulan Spark ditawarkan secara gratis.

Nantinya mungkin akan ada beberapa fitur komersial. Namun sejauh ini, fitur yang ada di versi gratis sudah cukup memuaskan.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.