Review Alto's Adventure: Game Endless Running Keren

Alto’s Adventure merupakan sebuah game endless run dalam versi snowboarding. Game ini mendapat banyak pujian, terutama untuk tampilan dan nuansa artistiknya. Alto’s Adventure dirilis pertama kali untuk iOS pada bulan Februari 2015, untuk Android dan Kindle Fire pada Februari 2016, dan untuk Windows 10 PC pada Juli 2016.

Gameplay Alto’s Adventure

Walau Alto’s Adventure merupakan game endless running (dalam bentuk snowboarding), game ini bergerak menyamping (horizontal) di layar atau istilahnya side-scrolling. Alto, tokoh yang kita mainkan, bergerak secara otomatis mengikuti permukaan tanah.


Baca juga: Tips Bermain Zombie Tsunami yang Layak Diketahui


quest alto's adventure

Tugas kita adalah mengumpulkan llama (yang lepas dari kandang), mengumpulkan koin, menyelesaikan tugas (quest — menentukan level), dan meluncur sejauh mungkin. Halangan yang ada meliputi batu dan jurang. Selama bermain, kita bisa melakukan trik salto atau meluncur di atas tali dan atap bangunan.

Kontrol Alto’s Adventure sederhana. Tekan satu kali untuk melompat, dan tekan yang lama saat Alto melayang untuk salto.

Selain itu, ada juga permainan yang disebut Zen Mode. Di sini, kamu bisa bermain tanpa akhir, walau jatuh berulang kali. Ketika bermain Zen Mode, kita disarankan untuk menggunakan headphone. Saya bersyukur mengikuti saran tersebut, karena musik pengiringnya memang keren dan memberi nuansa dramatis tersendiri.


Baca juga: Review Game Olympus Rising


Tampilan Alto’s Adventure memang layak mendapat pujian

Sisi artistik visual Arto’s Adventure dengan mudah akan mengingatkan kita pada game Monument Valley. Cukup wajar, karena tampilan ini memang diinspirasi oleh Monument Valley dan Journey.

Selain grafis yang bagus, nuansa yang dihadirkan game ini memang memukau. Petualangan Alto berjalan dengan latar belakang yang berubah. Baik waktu dan cuaca. Mulai dari pagi hari sampai malam, dari cerah sampai hujan.

Detil yang ditampilkan juga cukup luar biasa. Misalnya burung-burung yang beterbangan, bendera di tali yang rontok saat dilewati, juga gambar yang menjauh (zoom out) ketika Alto melompat tinggi dari atas bukit.

alto's adventure combo

Pengalaman Bermain Alto’s Adventure

Beberapa review menyebutkan kalau gameplay Alto’s Adventure tidak orisinil. Yah, kalau boleh jujur, hanya sedikit — dan sangat sedikit — game endless running atau platformer (halang rintang) yang orisinil. Jadi menurut saya, ada faktor lain yang patut dipertimbangkan untuk menilai game seperti ini.

Faktor utamanya jelas apakah game itu menyenangkan atau tidak. Faktor ini pun bergantung pada banyak hal. Tampilan yang baik, pengulangan yang tidak membosankan, atau detil yang mengejutkan.

Saya bukanlah penggemar game endless running. Biasanya karena cepat merasa bosan bertemu halangan yang itu-itu saja. Tapi saya akui, Alto’s Adventure memberi kesan tersendiri. Saya pikir hal ini karena tampilan dan nuansa (termasuk musik) yang dimiliki game ini. Developer game ini kelihatannya mengerti bagaimana memberikan efek dramatis secara visual, sehingga memberikan efek wow pada pemainnya.

Oya, saya pikir layak juga disebut bahwa saya bermain game Alto’s Adventure cukup sering dan cukup lama menggunakan handphone Android Moto E3 Power. Saya perhatikan, permainan tidak terlalu menguras baterai dan berjalan mulus tanpa gangguan.


Baca juga: Review Moto E3 Power: Desain Bagus, Harga Terjangkau


trik salto snowboarding alto's adventure

Seperti sudah disebut di atas, Alto’s Adventure tersedia untuk berbagai platform. Mmm, hampir semua. Untuk iOS, Android, Kindle Fire, dan Windows 10 PC, namun belum tersedia untuk Windows 10 Mobile.

Yang menarik, Alto’s Adventure di iOS dibandrol dengan harga Rp15.000, sedangkan di Android dan Windows 10 bisa didapat secara gratis.

Walau pun game ini bukan game baru, kalau kamu suka game endless running, Alto’s Adventure sangat direkomendasikan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS 10

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.