Panduan Review Aplikasi Tutorial

Readia Meramaikan Aplikasi Komik Windows 10

aplikasi komik windows 10 readia

Untuk yang hobi baca komik, ada cukup banyak pilihan aplikasi komik di Windows. Sekarang, pilihan itu bertambah lagi dengan Readia. Apa keunggulannya dibanding aplikasi lain?

Readia adalah sebuah aplikasi untuk baca komik. Aplikasi ini tersedia untuk Windows 8/8.1, Windows Phone 8.1, dan Windows 10. Di sini saya mau membahas versi Readia for Windows 10. Dibuat khusus untuk Windows 10, dan bisa digunakan baik di handphone maupun di komputer. Dengan kata lain, aplikasi UWP.

Sekedar mengingatkan, saat ini aplikasi komik paling populer di Windows adalah Cover. Salah satu pesaing lain adalah Comic Show dan Comic Time. Namun Cover–walau bisa digunakan di Windows 10 Mobile–belum menjadi aplikasi UWP. Begitupun Comic Time yang sebenarnya lumayan. Sedangkan Comic Show, yah… menurut saya belum sebagus Cover.

comic library readia windows 10

Fitur Aplikasi Komik Readia

Mari kita lihat fitur apa saja yang disediakan oleh Readia.

  1. Mendukung format gambar jpeg, png, bmp.
  2. Mendukung format arsip zip, rar (bukan rar5), cbz, cbr.
  3. Mendukung format pdf.
  4. Menampilkan koleksi (library) dan yang terakhir dibaca (recent).
  5. Mendukung pengaturan baca komik biasa (kiri ke kanan) atau manga (kanan ke kiri).
  6. Mendukung tampilan satu halaman (normal, split) dan dua halaman (spread), juga fit (sesuai halaman) atau fill (mengabaikan bagian kosong).
  7. Mengunci posisi tampilan (orientation lock).
  8. Mengatur terang gelap.
  9. Memberi efek grayscale (hitam putih), mempertajam gambar (sharpen), dan kontras.
  10. Melompat ke halaman tertentu.
  11. Pengaturan kontrol, baik gestur sentuh, pena, dan mouse.
  12. Memberi gambar background aplikasi, dan mengatur tampilannya (blur, transparan, dll).

baca komik di hp dengan readia

Yah, fiturnya cukup banyak. Sebagian besar merupakan fitur standar. Walau begitu, menyediakan pilihan untuk pengaturan kontrol dan efek sharpen layak mendapat pujian. Tiap orang bisa mengatur sesuai caranya masing-masing.

Kalau ada yang kurang, menurut saya adalah pilihan fungsi zoom ke arah bagian tertentu di versi mobile. Cover menghadirkan fungsi zoom in/out ini dengan double tap. Jadi kita bisa dengan cepat mengarah ke panel tertentu. Di Readia kita tetap menggunakan gestur standar pinch in/out untuk zoom.

aplikasi komik readia windows 10 desktop

Secara keseluruhan, Readia enak digunakan. Menurut saya, layout-nya di desktop juga lebih bersahabat dari Comic Show. Oya, aplikasi ini membutuhkan waktu saat membuka komik petama kali.

Aplikasi Readia untuk Windows 10 ini bisa didapat dengan harga Rp24.800. Ukurannya juga cuma 12 MB. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, sekaligus bisa digunakan baik di handphone maupun di PC, harga yang ditawarkan oleh aplikasi komik ini cukup layak.

Selamat membaca!

[button style=”btn-default btn-lg” icon=”glyphicon glyphicon-download-alt” align=”left” iconcolor=”#ffffff” type=”link” target=”true” title=”Download Readia untuk Windows 10 – Rp24.800″ link=”http://clkde.tradedoubler.com/click?p=235155&a=2773062&g=0&url=https%3a%2f%2fwww.microsoft.com%2fid-id%2fstore%2fapps%2freadia-for-windows-10%2f9nblggh5l4lg” linkrel=””] [badge color=”#ffffff” bgcolor=”#dd9933″ value=”Promo Gratis”]

4 Comments

  1. Saya suka pake Manga Toon kalo baca di wp8.1 menurut saya tampilannya pas, udh ga perlu ngezoom” lg gambarnya krn tulisannya udh terbaca jelas ?

    Reply
  2. waduh, telat baca beritanya. padahal baru kemarin beli apps cover 34ribu. sekarang muncul ini pas gratis

    Reply

Post Comment