Apa Yang Perlu Dilakukan Saat Handphone Hilang?

kerja coworking space

Siapa yang tidak panik ketika handphone hilang? Semua orang. Tapi kamu jangan sampai panik terlalu lama. Tenangkan diri dan ingat apa yang perlu dilakukan saat handphone hilang.

Penyebab hilang bisa bermacam-macam. Bisa dicuri atau cuma terselip di suatu tempat. Tapi apa pun itu, tetap harus diwaspadai. Handphone merupakan barang pribadi yang berisi data pribadi (informasi, dokumen, foto, password, dll).


BACA: 5 Hal yang Layak Dilakukan Sebelum Menjual Handphone


Silakan ikuti cara di bawah ini sebagai langkah mengamankan handphone yang hilang.

  1. Gunakan Find My iPhone atau Android Device Manager

    Dengan fitur ini kamu bisa melacak handphone, menghubungi (membunyikan ringtone), mengunci handphone, sampai menghapus isi handphone.

    Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengaturnya terlebih dahulu di handphone-mu. Yang pasti, aktifkan fitur lokasi atau GPS di handphone. Gunakan fitur ini untuk melacak handphone. Siapa tahu hanya terselip atau bisa didapat kembali.

    Pengguna Android bisa membaca artikel Melacak Handphone dengan Android Device Manager dari kami.

  2. Ganti password

    Password yang tersimpan di handphone-mu bisa beragam, mulai dari password email, penyimpanan cloud, akun media sosial, sampai online banking. Hal ini tentunya berbahaya kalau handphone jatuh ke pendekar berwatak jahat.

    Ada baiknya kalau kamu menggunakan aplikasi password manager. Dengan demikian, kamu bisa mendata semua password, dan mengubahnya dengan cepat. Selain itu kamu juga bisa membuat password yang susah ditebak.

  3. Hubungi provider

    Beritahu provider yang kamu gunakan, dan berkonsultasilah dengan mereka untuk prosedur kehilangan. Terutama kalau kamu pelanggan paska bayar. Tanya apakah layanan bisa dihentikan sementara dan bagaimana agar nomer tersebut bisa digunakan diperangkat lain.

    Ingat, nomer telepon juga sering digunakan layanan atau aplikasi sebagai media autentifikasi.

  4. Hubungi bank

    Kalau kamu sering menggunakan handphone untuk bertransaksi, jangan lupa beritahu pihak bank soal permasalahan ini. Baik untuk rekening maupun kartu kredit. Jangan sampai ada yang memanfaatkan handphone-mu untuk melakukan transaksi keuangan.

  5. Hubungi pihak penting

    Jangan lupa untuk menghubungi orang-orang dekat atau penting di sekitarmu. Orang tua, atasan, rekan kerja, dll. Kita tahu bahwa sering terjadi penipuan melalui handphone. Dengan memberitahu orang yang sering berhubungan dengan dirimu, kamu bisa menghindari penyalahgunaan handphone yang hilang itu.

  6. Reset handphone dari jarak jauh

    Sebagai langkah terakhir, kalau tidak ada kemungkinan handphone kembali, reset handphone dari jauh dengan fitur Find My iPhone atau Android Device Manager. Harap diingat, ketika kamu melakukan reset, kamu kehilangan kemampuan untuk melacak handphone.


BACA: Tips Membeli Handphone Android Supaya Tidak Kecewa


Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika kehilangan handphone. Kalau handphone-mu hanya terselip, menggunakan fitur Find My iPhone atau Android Device Manager akan menyelesaikan masalah. Tapi kalau memang benar-benar hilang (atau dicuri), mengamankan data dan menghindari kerugian lebih besar harus jadi prioritas.

 

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.