Vivo Memamerkan Pemindai Sidik Jari di Layar Smartphone

in display fingerprint scanner renders

Persaingan smartphone bezel-less akan terus memanas. Salah satu tantangan dari fitur itu adalah letak pemindai sidik jari alias fingerprint scanner. Di CES 2018, Vivo menunjukkan teknologi fingerprint scanner pertama yang ada di layar handphone.

Saya pernah menyinggung hal ini sekilas saat membahas tren smartphone 2018. Dua merk smartphone paling populer saat ini, Samsung dan Apple, belum menunjukkan tanda-tanda ke arah itu. Saat ini Samsung memindah letak fingerprint scanner di bagian belakang. Sedangkan Apple beralih ke pengenalan wajah dengan Face ID.

Kita bisa berdebat panjang lebar soal akurasi pengenalan wajah. Itu pun tanpa hasil yang jelas. Yang pasti fingerprint scanner, di samping PIN, merupakan salah satu otentifikasi yang paling nyaman saat ini.

Kalau kita mau bicara soal letak, yang paling nyaman tentu saja di bagian depan. Dengan begitu, entah handphone ada di tangan atau ada di meja, akses mudah dijangkau. Hal ini membawa kita ke teknologi pemindai sidik jari di layar handphone.

teknologi in-display fingerprint scanner

Teknologi in-display fingerprint scanner yang dipakai Vivo

Adalah Synaptics yang mengembangkan teknologi ini. Mereka sudah melakukan riset dan uji coba sejak lama. Synaptics menyebut in-display fingerprint scanner ini dengan sebutan Clear ID. Sensor optik ini terletak di antara panel OLED (LCD tidak bisa memakainya karena butuh backlight) dan panel kaca.

Sebelum Vivo mengumumkan penggunaannya, Synaptics sudah menyatakan kalau mereka sudah siap memproduksi masal teknologi ini. Mereka bahkan memberi pancingan bahwa sudah ada lima OEM besar yang bekerja sama.

Sempat ada rumor bahwa Samsung Galaxy S8 lah yang akan pertama menggunakannya. Tapi kemudian gagal karena teknologi ini belum siap saat smartphone itu mau masuk tahap produksi. Sekarang, Vivo lah yang siap merilis smartphone dengan pemindai sidik jari di layar. Bahkan, rumor Samsung Galaxy S9 tidak menunjukkan soal ini.

Vlad Savov dari The Verge sempat mencoba smartphone Vivo itu. Tidak disebut seri apa (walau pasti handphone flagship). Ia hanya menyebut kalau handphone itu punya layar 6 inci.

handphone Vivo dengan pemindai sidik jari di layar

Handphone Vivo dengan fingerprint scanner di layar

Vlad Savov juga menyebut kalau dari segi posisi, pemindai sidik jari itu nyaman digunakan. Tidak heran, karena berada di layar, letaknya ada di depan dan tidak terlalu ke bawah. Menjangkau fingerprint scanner di tombol Home yang ada saat ini seringkali cukup membuat jari tangan berakrobat ria.

Selain itu, fingerprint scanner di layar ini tidak terlihat. Menyatu baik dengan layar. Ini menambah sisi estetis desain handphone.

Saya pikir kalau teknologi ini benar-benar berhasil, perkembangan ini merupakan salah satu yang paling menarik tahun ini. Nanti akan ada persaingan untuk membuktikan mana yang paling efisien. Fingerprint scanner fisik, di layar, pengenalan wajah, atau mata.

Sejauh ini, saya merasa letak pemindai sidik jari yang paling enak memang di depan. Jadi saya cukup menunggu kehadiran teknologi ini. Bagaimana dengan kamu? Yah, sementara menunggu, kamu bisa lihat video dari The Verge ketika Vlad Savov mencoba handphone Vivo itu.

__
Sumber: Vivo & The Verge

Video Pilihan

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.