Panduan Lengkap Ikon Tempat di Google Maps

mengenal informasi tempat di google maps

Sama seperti peta lain, Google Maps punya tanda lokasi. Tanda itu hadir dalam bentuk ikon dan warna. Sudahkah kamu mengenalnya? Berikut ini kami membahas identitas ikon tempat di Google Maps.

Cobalah buka Google Maps dan perbesar peta. Kamu pasti akan melihat berbagai tempat dengan ikon warna-warni. Ada oranye, coklat, biru, dll. Ada yang bergambar sendok garpu, cangkir, tempat tidur, dll.

tampilan google maps desktop

Ikon berwarna-warni itu bertujuan agar kamu lebih mudah membaca peta. Istilahnya, sekali lirik oke sajalah 😁. Kamu mungkin sudah mengenal beberapa di antaranya. Tapi supaya lebih mudah, mari kita kenali ikon tempat di Google Maps tersebut.

BACA JUGA
Gunakan Peta Offline di Google Maps Agar Lebih Praktis

Panduan Warna Tempat Google Maps

Google mengelompokkan tempat di peta dalam beberapa kelompok warna. Paling tidak ada delapan warna standar. Sedangkan beberapa ikon lain punya warna lebih spesifik sesuai fungsinya (lihat di bagian gambar ikon di bawah).

kategori warna tempat google maps

Warna tersebut adalah:

  • Oranye: Tempat makan dan minum
  • Biru: Tempat belanja
  • Merah: Tempat kesehatan
  • Hijau Toska: Tempat hiburan
  • Ungu: Tempat layanan jasa
  • Abu-abu: Layanan publik
  • Hijau: Tempat kegiatan luar ruang
  • Cyan: Tempat transportasi

Panduan Ikon Tempat di Google Maps

Google juga membuat banyak gambar ikon untuk menunjukkan tempat-tempat spesifik. Ya, identitas tempat yang rata-rata sering kita lihat di papan petunjuk dan sejenisnya.

Di bawah ini rincian gambar ikon dari Google, beserta warna yang sudah disebut di atas.

panduan ikon tempat google maps 1

panduan ikon tempat google maps ke 2

panduan ikon tempat google maps ke 3

panduan ikon tempat google maps ke 4

Bisa kamu lihat, ada banyak ikon tempat di Google Maps. Agak terlalu banyak untuk saya tulis satu persatu di sini 😁.

Standar ini hadir di Google Maps terbaru. Kalau kamu membuka google.co.id/maps/, kamu sudah bisa melihat perubahannya. Begitu pula di aplikasi Google Maps. Kalau kamu belum melihat warna atau ikon yang sama dengan di atas, sabar saja. Proses update bisa berjalan bertahap (saat menulis artikel ini aplikasi Google Maps saya belum berubah ke bentuk baru).

Silakan cek aplikasi Google Maps kamu apakah sudah berubah atau tidak. Belum pakai Google Maps? Silakan coba dengan klik link di bawah ini.

Download—Android   Download—iOS

Ada komentar?