North: Aplikasi Arah Mata Angin Windows 10

aplikasi arah mata angin north

Sudah banyak aplikasi penunjuk arah mata angin alias kompas di berbagai platform, termasuk Windows. Tapi North adalah aplikasi kompas yang tidak hanya keren tapi juga memberi informasi detil. Jadi saya pikir aplikasi ini sangat layak diulas.

Tampilan North

Sekilas, tidak ada yang terlalu istimewa dengan aplikasi ini. Walau tampilannya memang keren, tetap saja tampak sederhana. Hanya ada sebagian lingkaran dengan jarum penunjuk di tengah. Lingkaran ini, dengan tanda arah mata angin, akan bergerak sesuai arah perangkat.

tampilan penunjuk arah mata angin north

Aplikasi Kompas North di Windows PC

Tapi kalau dilihat lebih jauh, ada berbagai informasi detil di sana. Di pojok kiri atas, ada informasi akurasi data. Di pojok kanan atas, ada informasi mengenai gangguan medan magnet. Apakah lokasi yang bersangkutan mempengaruhi akurasi atau tidak, termasuk apakah perangkat yang bersangkutan perlu dikalibrasi atau tidak.

Sedangkan di pojok kiri bawah, ada keterangan koordinat lokasi (lintang dan bujur). Di sana juga ada keterangan radius akurasi, dan sumber informasi.

Fitur Penunjuk Arah Mata Angin

Dari halaman di Bursa, developer North, Witold Wnuk, menyebutkan bahwa North dilengkapi dengan fitur akurasi arah mata angin mutakhir dan detil. Fitur tersebut menggunakan berbagai parameter baik sensor yang ada di perangkat maupun layanan lokasi GPS. Salah satu yang disebut adalah aplikasi North menggunakan model akurasi NOAA/NGDC EMM2015.

keterangan arah mata angin yang detil

Memberikan keterangan detil

Aplikasi North juga akan menggunakan magnetometer dan accelerometer untuk perangkat yang tidak memiliki gyroscope. Kelihatannya berbagai kemungkinan sudah dipikirkan oleh sang developer.

Pengalaman Penggunaan

Setelah saya coba beberapa waktu, aplikasi ini memang menunjukkan apa yang dijanjikan. Selain menunjukan arah mata angin, North juga memberi informasi kalau ada pengaruh medan magnet yang mengganggu pembacaan lokasi.

tampilan aplikasi kompas North

Keterangan gangguan medan magnet

Memang, tidak semua orang membutuhkan aplikasi kompas. Yang membutuhkan penunjuk arah mata angin pun mungkin tidak akan sering menggunakannya. Tapi kalau memang membutuhkan aplikasi seperti ini, North bisa menjadi pilihan jitu.

Sayangnya, aplikasi North hanya bisa digunakan di perangkat yang menggunakan Windows 10. Entah Windows 10 Mobile atau Windows 10 PC. Aplikasi ini bisa di-download gratis. Nah, selamat mencoba.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.