9 Mobil di Film Layar Lebar Yang Terkenal

mobil terkenal di film

Salah satu adegan seru di film laga adalah kejar-kejaran mobil. Ya, tidak hanya film laga sebenarnya. Mobil di film bisa jadi populer dan sangat ikonik. Kali ini, kami mau menyajikan beberapa mobil yang paling terkenal di film bioskop.

Sebelumnya, mohon perhatian sebentar. Mobil yang muncul di daftar ini adalah mobil yang muncul di film layar lebar (dan mencuri perhatian). Jadi mobil dari serial TV tidak masuk.

1. DeLorean

Mobil DeLorean di Back to the Future

Kamu tahu film Back to the Future? Di film itu, beserta beberapa sekuelnya, Doc Brown dan Marty McFly bertualang ke masa lalu dan ke masa depan. Mereka menggunakan sebuah mobil yang diubah jadi mesin waktu.

Mobil itu adalah DeLorean DMC-12 atau lebih dikenal dengan sebutan DeLorean saja. Robert Zemeckis, sang sutradara, memilih mobil ini karena penampilannya yang futuristik (terutama pintu sayapnya).

Begitu ikoniknya mobil ini sampai ada dua mobil perlengkapan syuting diabadikan. Mobil asli yang dipakai di film Back to the Future dipamerkan di Petersen Automotive Museum, dan mobil lain yang juga digunakan untuk syuting dipamerkan di Universal Studio Hollywood.

2. Herbie

herbie vw beetle 2005

Herbie adalah nama sebuah mobil VW kodok (VW beetle) tahun 1963. Mobil VW kodok ini sangat khas dengan warna putih dengan garis merah putih biru, dan nomor balap 53 di depan, samping dan belakang.

Mobil ini menjadi karakter di 6 buah film. Mulai dari film The Love Bug (1968), Herbie Rides Again, sampai film Herbie: Fully Loaded (2005) yang dibintangi Lindsay Lohan (yang lagi cantik-cantiknya). Ada lebih dari 30 buah mobil Herbie dipakai untuk syuting film-film tersebut.

Herbie juga diabadikan di museum. Salah satunya ada di Volo Auto Museum, dan yang satu lagi ada di Petersen Automotive Museum.

3. Ecto-1 / Ectomobile

ecto-1 cadillac ambulance

Ecto-1 atau Ectomobile adalah sebutan untuk mobil yang dipakai oleh Ghostbusters. Mobil yang digunakan adalah Cadillac Miller-Meteor tahun 1959. Sebuah mobil kombinasi antara mobil ambulans dan mobil pemakaman.

Mobil Ecto-1 punya beberapa generasi. Tapi yang muncul di film layar lebar setelah itu hanyalah Ecto-1a (Ghostbuster II) dan new Ecto-1 di reboot film Ghostbusters tahun 2016.

Kedua mobil asli Ecto-1 dan Ecto-1a sekarang ada di garasi Sony Pictures dalam proses restorasi. Namun ada beberapa replika yang dipamerkan. Salah satunya ada di Historic Auto Attractions Museum di Illinois, Amerika.

BACA JUGA
12 Theme Song Film Paling Terkenal

4. Aston Martin DB5

aston martin db5 james bond

Mobil Aston Martin DB5 identik dengan James Bond. Sama identiknya dengan pistol Walther PPK dan minuman cocktail Dry Martini (shaken, not stirred).

Mobil ini muncul di berbagai film James Bond. Sean Connery mengendarainya di film Goldfinger (1964) dan Thunderball (1965), Pierce Brosnan mengendarainya di film Golden Eye (1995) dan sempat muncul di film Tomorrow Never Dies (1997), lalu dipakai Daniel Craig di film Casino Royale (2006), dihancurkan di film Skyfall (2012), dan dibangun ulang di film Spectre (2015).

5. Mini Cooper

MINI Cooper The Italian Job

Mobil Mini Cooper memang jadi favorit banyak orang. Tapi film The Italian Job (1969) membuat mobil ini jadi begitu ikonik. Mobil yang dipakai di film itu adalah Austin Mk I Mini Cooper S tahun 1968 (ada tiga dengan warna merah, putih, dan biru).

Remake film The Italian Job tahun 2003 menampilkan mobil Mini Cooper baru (MINI Cooper S 2003). Tapi mobil Mini Cooper yang dipakai Stella di awal film merupakan penghormatan untuk versi klasik.

6. Chevrolet Camaro

chevy camaro 2007 bumblebee

Inilah mobil yang jadi identitas Bumblebee di film Transformers. Sebenarnya Bumblebee muncul pertama kali sebagai sebuah VW kodok. Namun di film layar lebar, ia muncul pertama kali sebagai Chevy Camaro 1977 (VW kodok kuning muncul di sebelahnya sebagai penghormatan). Lalu ia memperbarui dirinya sebagai Chevy Camaro 5th Gen. (2006 Camaro Concept).

Setelah film pertama, Bumblebee mengalami beberapa perubahan mobil. Di film Transformers: Dark of The Moon, Bumblebee hadir sebagai Camaro SS. Di film Age of Extinction ia menjadi Chevy Camaro 2014.

BACA JUGA
Film-film Di Tahun 2018 Yang Layak Ditonton

7. Eleanor

ford shelby mustang gt500 eleanor

Eleanor atau tepatnya Eleanor II merupakan sebutan mobil Shelby Mustang Fastback 1967 yang diceritakan sebagai Shelby GT500. Mobil ini merupakan bintang di film Gone in 60 Seconds (2000). Versi asli Eleanor yang muncul di film Gone in 60 Seconds (1973) adalah Ford Mustang Mach 1 1973.

Kepopuleran Eleanor II menyebabkan harga mobil Mustang Fastback tahun 60-an naik di pasaran. Selain itu banyak replika mobil ini dibuat.

8. The General Lee

1969 Dodge Charger General Lee

General Lee merupakan mobil Dodge Charger 1969. Mobil ini terkenal karena serial TV The Dukes of Hazzard di tahun 70-an. Serial ini kemudian dibuat film layar lebarnya di tahun 2005.

Ada beberapa perubahan mobil General Lee di film baru tersebut (ada tambahan versi Dodge Charger 1970). Namun secara keseluruhan, kekhasan mobil ini masih sama. Warna oranye mencolok dengan angka 01 di pintu.

Oya, Dominic Toretto juga menggunakan modifikasi Dodge Charger 1970 sebagai mobil di film pertama The Fast and the Furious. Lihat di balapan terakhir dengan Brian O’Conner.

9. Ford Mustang Mach 1 1969

john wick ford mustang mach 1 1969

Mobil ini merupakan mobil kesayangan John Wick. Mobil di film disebut sebagai Ford Mustang Boss 429. Tapi banyak yang memperdebatkan hal tersebut.

Sebagian besar menyebutkan bahwa mobil yang dipakai John Wick adalah Ford Mustang Mach 1 1969. Beberapa alasannya adalah lubang angin di kap mesin tidak cukup besar untuk Boss 429. Lalu, Boss 429 tidak punya spoiler belakang. Hati-hati kalau ketemu mobil ini di jalan. Bisa-bisa senggol bacok. 😁

Video Pilihan

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.