Panduan Review Aplikasi

Menyimpan Kutipan dengan Aplikasi Liner

menyimpan quote dengan liner

Menyimpan bookmark halaman web sudah biasa. Kalau menyimpan kumpulan quote atau kutipan dari halaman web, itu cukup luar biasa. Itulah yang ditawarkan aplikasi Liner.

Saya yakin, saat kamu menelusuri internet, kamu pasti sering menemukan kata-kata yang layak disimpan. Entah berguna untuk tugas sekolah, riset, atau karena itu adalah kata-kata bijak yang layak dikutip.


Baca juga: Aplikasi Bookmark Raindrop Menyimpan Semua Tautan di Satu Tempat


Biasanya halaman web yang menarik akan kita simpan. Tapi kamu pasti pernah juga lupa kenapa kamu menyimpan halaman web tertentu.

Tidak sekedar menyimpan, tapi menandai bagian penting

menyimpan kutipan dengan ekstensi safari liner
Menyimpan kutipan dengan ekstensi Safari Liner

Liner merupakan aplikasi bookmark yang menawarkan fitur highlight kalimat penting dalam halaman web.

Jadi ketika kamu menemukan kalimat penting di sebuah halaman web, kamu tinggal menandainya, dan halaman itu akan tersimpan. Nanti ketika kamu melihatnya kembali, kalimat yang kamu tandai langsung tampak di depan mata.

Fitur Liner
  • Menyimpan halaman web / bookmark.
  • Menandai kalimat penting atau menyimpan quote / kutipan dari halaman web.
  • Mengatur kumpulan quote dalam folder.
  • Tersedia dalam aplikasi smartphone dan ekstensi browser.
  • Integrasi dengan layanan lain, seperti Evernote, Pocket, dan Instapaper
  • Mengirim ke media sosial

Bisa dilihat. Fitur Liner sangat praktis digunakan. Kamu bisa menandai bagian penting di website dari komputer maupun dari handphone. Bahkan, kalau kamu menggunakan layanan seperti Pocket, kamu juga bisa menandainya.


Baca juga: Toby: Bukan Sekedar Ekstensi Speed Dial Chrome Biasa


Enak dilihat, mudah digunakan

Seiring saya menggunakan Liner, saya menyadari kalau cara penyimpanannya cukup cerdas dan sangat mudah. Seperti aplikasi bookmark lain, Liner memasang bookmarklet atau penanda di toolbar browser.

bookmarklet liner
Bentuk popup bookmarklet Liner

Yang membuat Liner berbeda, perintah untuk menyimpan tidak hanya bisa dilakukan dengan klik bookmarklet tersebut. Tapi juga dengan tombol ~ di keyboard.

Saat kita menekan tombol tersebut, halaman website secara otomatis tersimpan. Lalu kita tinggal menandai kalimat yang mau kita kutip. Boom! Kalimat itu tersimpan dan bookmarklet menunjukkan jumlah highlight yang kita buat.

Kalau mau, kita juga bisa mengirimnya ke media sosial atau layanan terkait lain.

kumpulan quote keren di liner
Kumpulan quote di Liner

Begitupun kalau kita membuka koleksi quote yang sudah kita buat di aplikasi web Liner. Tampilannya bersih dan efisien. Barisan bookmark yang kita buat hanya menampilkan judul artikel, kutipan yang kita tandai, dan cuplikan gambar dari halaman web bersangkutan.

Dengan demikian, kita tidak perlu pusing dengan konten yang tidak jadi fokus kita. Yah, kalau kamu mau melihat konteksnya, klik saja bookmark tersebut. Maka halaman web asli akan terbuka.

Bersih, mudah, dan efisien. Itulah Liner.


Baca juga: Perbandingan Layanan Cloud Storage


Menurut saya, aplikasi Liner ini akan sangat berguna untuk kamu yang sering melakukan riset — entah untuk tugas sekolah maupun kerja — atau kamu yang hobi mengumpulkan quote keren dan membaginya. Aplikasi ini akan mempercepat proses kerja dengan signifikan.

Bayangkan. Kamu menelusuri web, tandai kalimat-kalimat penting, lalu nanti kamu tingak mengeksekusinya. Tanpa perlu mencari di paragraf berapa atau halaman berapa.

Kamu juga bisa mengkopi kalimat tersebut, menyalinnya di aplikasi edit foto, dan unggah ke Instagram. Dalam wakti singkat kamu akan punya banyak bahan untuk dibagi.

Aplikasi Liner tersedia dalam bentuk aplikasi untuk iPhone, web app di browser, dan dalam bentuk ekstensi web (bookmarklet) untuk Chrome dan Safari.

PASANG LINER

Seberapa kerenkah Liner?
  • Fitur4.5
  • Tampilan4.0
  • Experience4.0

Menyimpan kalimat penting di web dengan bersih, mudah, dan efisien. Itulah Liner.

4.2Overall Score