4 Langkah Menggunakan Skype Tanpa Akun atau Email

Sekarang kita sudah bisa menggunakan Skype tanpa akun atau email. Microsoft menambahkan fitur chatting sebagai tamu (guest) sehingga semua orang bisa menggunakan Skype dengan cepat.

Cara menggunakan Skype tanpa akun ini juga mudah. Tidak ada permintaan informasi seperti email atau menghubungkan akun media sosial. Jadi, tidak perlu pusing dengan berbagai persyaratan.

Sebagai catatan, saat ini untuk chatting di Skype tanpa akun, kita harus menggunakan browser. Aplikasi Skype belum mendukung layanan ini. Cukup masuk akal. Dengan browser, langkah yang dilakukan jelas lebih cepat.

Cara chatting di Skype tanpa akun

  1. Buka website Skype.com
  2. Klik tombol ‘Mulai percakapan’.
    halaman awal website skype
  3. Masukkan namamu. Tidak perlu nama asli, tidak perlu email, tidak perlu unduh aplikasi.
    menggunakan skype tanpa akun
  4. Skype akan menciptakan ruang percakapanmu. Kemudian, Skype akan memberi link percakapan yang bisa kamu kirim ke teman-teman yang ingin kamu ajak chatting. Kirim link itu ke temanmu, baik melalui email atau copy link dan kirim di sarana lain (misalnya SMS). Kamu sudah bisa chatting.
    chatting di skype tanpa akun

Yang menarik, menggunakan Skype tanpa akun ini tetap menghadirkan beberapa fitur andalan Skype. Sedangkan beberapa hal lain tetap membutuhkan akun atau mengunduh aplikasi.

Yang bisa dilakukan saat chatting di Skype tanpa akun
  • Chatting individu atau di group.
  • Percakapan grup mendukung sampai 300 orang.
  • Voice call
  • Video call
  • Voice dan video call mendukung sampai 25 orang.
  • Mengirim foto dan berkas lain.
  • Mengirim emoticon dan Moji.
  • Percakapan akan ada selama 24 jam.
Yang TIDAK BISA dilakukan dengan menggunakan Skype tanpa akun
  • Kembali ke percakapan yang sama.
  • Menghubungi telpon rumah (landline) atau handphone (tanpa link percakapan).
  • Menerjemahkan percakapan langsung (real time) dengan Skype Translator.

Menurut saya, bisa chatting di Skype tanpa akun ini sangat menarik. Kenapa? Karena ini membuat Skype menjadi wilayah netral. Ketika semua aplikasi chatting berlomba-lomba menarik pengguna, kadang kita bingung mau ngobrol dengan teman pakai aplikasi apa. Sementara kadang, ada sesuatu yang harus dibahas dengan cepat, beramai-ramai.

Dengan menggunakan Skype sebagai tamu, semua bisa menggunakan satu hal yang sama, tanpa repot harus mendaftar email atau mengunduh aplikasi. Yah, konsekuensinya hal ini memang harus dilakukan dengan browser. Sayangnya, ketika saya buka di handphone (Microsoft Edge di Windows 10 Mobile), pilihan ‘Mulai percakapan’ sebagai tamu tidak muncul. Kelihatannya, untuk mobile, Microsoft tetap mendorong penggunaan aplikasinya.

Selamat mencoba!

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.