Cara Membuat Live Tile Website untuk Pin di Start Screen

membuat live tile website

Salah satu keunikan Windows sejak era Windows 8 dan Windows Phone 8 adalah live tile di start screen. Kali ini, kami akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara membuat live tile website supaya tampak keren kalau di-pin di start screen Windows.

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin ada pertanyaan terlintas. Apa guna live tile website?

Live tile website akan membuatnya mendapat perilaku seperti aplikasi ketika di-pin di start screen Windows , yaitu:

  1. Memberi identitas pada pin tile website yang bersangkutan
  2. Memberikan informasi terbaru ketika ada update (terutama kalau blog)

Nah, ada beberapa cara membuat live tile ini. Untuk developer, mungkin memilih cara yang lebih baik. Tapi untuk mereka yang tidak mengerti coding atau bahasa pemrograman, cara berikut akan lebih praktis. Microsoft memiliki sebuah website untuk kepentingan ini.

Membuat live tile website

contoh buat live tile website

  1. Buka website http://www.buildmypinnedsite.com/
  2. Masukkan nama website-mu.
    Nanti akan muncul seperti nama aplikasi di sudut kiri bawah. Contoh: UrbanDigital.
  3. Pilih warna background tile.
    Dalam bentuk kode heksadesimal (misalnya: #ff000), atau gunakan color picker yang tersedia.
  4. Masukkan alamat RSS feed website-mu.
    Contoh: http://namawebsite.com/rss.xml/ atau http://namawebsite.com/feed/
  5. Masukkan logo website-mu.
    Ada dua pilihan square dan wide di sana. Square–tentu saja–untuk tile bujur sangkar, dan wide untuk tile lebar. Menurut saya, gunakan fungsi ini sebagai panduan saja untuk mendapat gambaran. Akan saya bahas lebih jauh di bawah.
  6. Copy hasil meta tags yang ada, dan paste di bagian <head> kode HTML website-mu.
    Jangan lupa upload gambar logo di folder root website. Bisa juga di tempat lain (misalnya folder standar WordPress), tapi ganti bagian content dengan alamat / link file yang bersangkutan.
    Meta tags itu akan terlihat seperti di bawah ini:
<meta name="application-name" content="UrbanDigital"/>
<meta name="msapplication-square70x70logo" content="small.jpg"/>
<meta name="msapplication-square150x150logo" content="medium.jpg"/>
<meta name="msapplication-wide310x150logo" content="wide.jpg"/>
<meta name="msapplication-square310x310logo" content="large.jpg"/>
<meta name="msapplication-TileColor" content="#7ab6ff"/>
<meta name="msapplication-notification" content="frequency=30;polling-uri=http://notifications.buildmypinnedsite.com/?feed=http://urbandigital.id/feed&amp;id=1;polling-uri2=http://notifications.buildmypinnedsite.com/?feed=http://urbandigital.id/feed&amp;id=2;polling-uri3=http://notifications.buildmypinnedsite.com/?feed=http://urbandigital.id/feed&amp;id=3;polling-uri4=http://notifications.buildmypinnedsite.com/?feed=http://urbandigital.id/feed&amp;id=4;polling-uri5=http://notifications.buildmypinnedsite.com/?feed=http://urbandigital.id/feed&amp;id=5; cycle=1"/>

Mari kita lihat detilnya sedikit lebih jauh.

Untuk gambar logo, bisa kita lihat ada empat ukuran tile: 70×70 (small), 150×150 (medium), 310×150 (wide), dan 310×310 (large). Kenapa saya bilang fungsi upload logo di Build My Pinned Site cukup panduan saja? Karena dengan membuat masing-masing gambar sesuai ukuran tersebut sendiri, kamu bisa memilih tampilan yang lebih baik (ukuran ikon dibanding dengan kotak tile, dll).

Warna tile akan menjadi warna background ketika tile menunjukkan konten terbaru dari website-mu. Konten terbaru ini diatur oleh meta tag notification.  Berdasar kode di atas, maka konten baru akan dicek setiap 30 menit, dan tile akan memunculkan 5 konten terbaru secara bergantian.

Bagaimana? Tidak susah kan? Hm, sebenarnya kalau menggunakan WordPress, bisa juga menggunakan plugin Custom Windows Pinned Tiles. Tapi saya belum cek lebih jauh apakah masih berfungsi atau tidak.

Sekedar informasi, fungsi live tile website di start screen ini sempat hilang ketika Microsoft Edge hadir pertama kali di Windows 10. Namun sepertinya fungsi itu sudah kembali secara bertahap. Untuk catatan tambahan, tile website yang di-pin di start screen Windows 10 Mobile masih belum menunjukkan konten terbaru. Baru menunjukkan logo saja.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.