Panduan Review Aplikasi

MediumDesk: Aplikasi Medium untuk Mac

mediumdesk aplikasi medium untuk mac gratis

Seperti judul di atas, MediumDesk adalah aplikasi Medium untuk Mac yang bisa didapat secara gratis. Aplikasi ini membawa semua yang dimiliki Medium ke desktop, bahkan menambah beberapa fungsi di dalamnya.

Untuk yang belum mengetahui, Medium adalah sebuah blog platform yang dikembangkan oleh co-founder Twitter, Ev Williams. Awalnya, Medium dikembangkan sebagai sebuah media alternatif pengguna Twitter yang ingin menuang cerita atau idenya dengan lebih panjang. Namun kemudian Medium berkembang, memiliki brand sendiri, dan terpisah dari Twitter.

Seperti aplikasi web lain yang ada di desktop, MediumDesk memancing pertanyaan. Apa gunanya aplikasi desktop kalau kita juga bisa mengakses hal yang sama di browser?

mengikuti berbagai kategori di medium

Yah, MediumDesk memiliki tampilan dan fitur yang sama dengan Medium web. Kita bisa mengakses semua hal seperti di website. Keuntungan pertama, kalau kamu ingin lebih fokus membaca atau menulis, aplikasi ini memungkinkannya. Satu window aplikasi tidak membawa gangguan visual lain. Namun tentu saja, kalau kamu butuh referensi saat menulis, kamu tetap akan membuka browser.

Kedua, MediumDesk sebagai aplikasi desktop, membawa beberapa fungsi yang tidak dimiliki Medium web. MediumDesk bisa diakses melalui dock, search, folder aplikasi atau task bar. MediumDesk juga mengijinkan kita menggunakan perintah shortcut. Misalnya: Cmd N / Ctrl N  untuk New Story, Cmd F / Ctrl F untuk Search Medium, Cmd 0–7 / Ctrl 0–7  untuk  Home, Drafts, Public Stories, Stats, Bookmarks, Publications, Profile, Settings.

tulis blog di aplikasi medium untuk mac

Sejauh yang saya coba, MediumDesk melakukan tugasnya dengan baik. Tidak ada gangguan teknis yang saya alami. Namun, walau hal ini relatif, ada beberapa hal yang ingin saya dapatkan di MediumDesk. Terutama karena aplikasi ini aplikasi desktop.

Patut disebut di sini bahwa MediumDesk adalah aplikasi Medium online. Semua berfungsi baik ketika ia terhubung dengan internet. Untuk membaca–tentu saja–hal ini bisa dimaklumi. Tapi bagi saya akan lebih baik kalau aplikasi ini juga bisa menyimpan draft secara offline, dan akan tersinkronisasi ketika online. Kembali lagi, kebutuhan ini relatif.

Berikutnya, saya berharap MediumDesk mendukung gestur tangan dengan lebih baik. Misalnya swipe dua jari dari kiri ke kanan untuk ke halaman sebelumnya, atau sebaliknya. Ya, seperti browser, atau lebih baik lagi, seperti aplikasi native Mac (Safari, Mac Store, iBook, iTunes, dll).

Apakah aplikasi ini layak direkomendasikan? Tentu saja. Kalau kamu ingin aplikasi Medium untuk Mac, saya akan merekomendasikan aplikasi ini (sejujurnya, saya juga sedang mencoba aplikasi lain yang bernama sMedium). MediumDesk memang merupakan aplikasi Mac. Tapi aplikasi ini juga tersedia untuk Linux. Pengguna Windows mungkin harus mencari alternatif lain, atau bertanya pada Mas Afit.

MediumDesk - Gratis
  • Tampilan4.0
  • Fitur4.0
  • Performa4.0

MediumDesk adalah aplikasi Medium untuk Mac yang tidak hanya membawa tampilan dan fiturnya ke desktop, tapi juga menambah fungsi lain seperti perintah shortcut untuk penggunaan yang lebih nyaman.

DOWNLOAD
4.0Overall Score