Panduan Review Aplikasi

MediaBox: Audio dan Video Player Windows 10 Lengkap

mediabox media player

Bicara soal aplikasi audio dan video player, Windows 10 tidak kekurangan apa-apa. Sudah ada cukup banyak aplikasi yang bisa jadi unggulan. Kali ini saya mau membahas MediaBox, sebuah media player Windows 10 yang memiliki banyak fitur.

MediaBox bisa disebut lebih mirip VLC daripada media player lain. Beberapa aplikasi player yang tersedia, biasanya fokus di satu fungsi saja. Kalau bukan video player, ya music player. Jadi, MediaBox mendata semua media yang ada di perangkatmu. Baik film, serial TV, Musik, dan Radio Online.

Aplikasi ini merupakan aplikasi universal. Ini berarti bisa di-install di komputer (Windows 10 dan Windows 8.1), maupun di handphone (Windows 10 Mobile). Baik fitur maupun tampilannya pun layak dipuji.

mediabox movie player windows 10
MediaBox Desktop

Beberapa fitur yang bisa disebut:

  • Mendukung berbagai format audio dan video (termasuk mkv),
  • Mendukung subtitle (.srt) dan bisa mencari subtitle online (dari opensubtitles.org),
  • Mengatur ukuran subtitle dan sinkronisasi dengan video,
  • Menyimpan posisi terakhir media yang dimainkan,
  • Mendukung casting media ke perangkat lain dengan PlayTo,
  • Menampilkan informasi media (poster film, cover album, trailer, pemain, dll) dari sumber online.

Sebenarnya masih banyak lagi. Tapi saya pikir selebihnya bisa dibaca di Bursa Windows. 🙂

mediabox media player windows 10
MediaBox mobile

Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah tampilan, termasuk detil informasi medianya. Di sisi ini MediaBox mirip seperti Plex. Koleksi kita terlihat lebih bagus karena dilengkapi dengan gambar, dan sekaligus bisa memberi referensi.

Untuk film, informasinya mencakupi trailer, sinopsis, pemain, dll. Untuk serial TV, selain informasi yang sama seperti film, juga ada tampilan seasons (beserta judul masing-masing episode). Untuk musik, kita bisa memilih tampilan album, artis, atau lagu. Juga ada informasi mengenai artis, album, dan lagu bersangkutan. Semua daftar media ini bisa diatur susunannya (berdasar nama, rating, dll).

mediabox music player windows 10
MediaBox Music Library

Media controller yang terletak di bagian bawah menyediakan beberapa tombol yang fungsional. Baik yang standar seperti previous, play, next, repeat, shuffle, dan volume, atau seperti pengaturan subtitle, dan casting. Media controller ini bisa kita tutup, atau akan menutup sendiri secara otomatis.

Ada satu hal lagi yang saya suka dengan media contoller ini. Baik di video player maupun di audio, ada keterangan lengkap mengenai apa yang diputar. Bahkan untuk serial, lengkap dengan nama serial, judul episode, dan keterangan season dan episode ke berapa.

mediabox video player windows 10
Mediabox Video Player

Hm, apa lagi yang sudah saya coba? Oh ya, di handphone, saya lihat aplikasi ini cukup aman untuk baterai. Saya mencobanya untuk nonton film. Jujur, saya tidak memperhatikan posisi baterai saat mulai. Tapi setelah lebih dari 2 jam, baterai masih di atas 80%.

Secara keseluruhan, MediaBox bolehlah direkomendasikan sebagai media player alternatif. Aplikasi ini bisa didapat dengan harga Rp37.200. Tersedia versi trial untuk 30 hari. Sehingga kita bisa mencoba-coba dulu sebelum membelinya.

MediaBox - Rp37.200 (dengan Trial)
  • Tampilan8.0
  • Fitur8.5
  • Performa8.0

MediaBox sesuai digunakan oleh mereka yang hobi mengkoleksi film, serial TV, atau musik. Terutama karena dilengkapi oleh informasi dan referensi lengkap soal media tersebut.

Download
8.2Overall Score