Lihat Lokasi Pokemon Go Indonesia di Peta

lokasi pokemon go

Bingung mencari lokasi Pokemon Go Indonesia? Atau malah menemukan tempat baru? Coba lihat di layanan peta berikut. Dengan peta ini, kamu bisa bergabung dengan pemain lain untuk menemukan atau berbagi lokasi Pokemon.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu disebut bahwa karena peta ini berbasis komunitas, maka informasi penampakan Pokemon bersandar pada laporan para pemain. Kalau tidak ada pemain yang menambahkan informasi, ya di peta tidak akan terlihat apa-apa.


Baca juga


Saat ini, paling tidak ada dua layanan peta. Yang pertama adalah pokecrew.com, dan yang kedua adalah pokemapper.co. Namun, kelihatannya yang saat ini sudah berjalan cukup baik adalah peta dari pokecrew.

Pokecrew.com memiliki tampilan yang baik (saat artikel ditulis masih berstatus beta). Peta ini terbagi dua bidang besar. Sebelah kiri menunjukkan peta lokasi Pokemon Go (beserta pin point-nya), dan di sebelah kanan ada daftar Pokemon yang ada di peta tersebut.

peta-lokasi-pokemon-go-pokecrew

Kalau kita klik salah satu Pokemon di daftar, akan muncul informasi detilnya. Kapan ia terlihat (pagi, sore, atau malam), kemungkinan ditemukan, dan karakteristiknya (normal, water, fairy, dll), dan ditemukan oleh siapa. Kita juga bisa memasukkan nama daerah dan nama Pokemon untuk pencarian yang lebih sesuai.

Yang paling penting, sudah ada entri lokasi Pokemon Go Indonesia di peta ini. Jadi tinggal digunakan dan dilengkapi.

Pokemapper.co kelihatannya juga memiliki fungsi atau cara kerja yang sama. Kenapa saya sebut kelihatannya? Karena saat ini, peta di Pokemapper masih belum berfungsi baik, dan belum menunjukkan lokasi Pokemon Go.

peta lokasi pokemon go pokemapper

Saat saya lihat, peta ini hanya menunjukkan notifikasi ‘loading Pokemon…‘ tanpa ada perkembangan lebih jauh (sudah saya coba di beberapa lokasi). Berbeda dengan Pokecrew, di sini juga belum terlihat sistem login dan entri data Pokemon untuk pengguna.

Sistem berbagi info lewat peta ini memang menarik. Selain mempermudah pencarian, peta ini juga meningkatkan interaksi antar pemain. Interaksi ini memang jadi salah satu aspek yang menarik.

Walau merupakan game di handphone, Pokemon mengajak kita untuk berpetualang di dunia nyata dan berkenalan dengan teman baru. Tidak heran, dengan cepat muncul berbagai komunitas pemain.

gonna catch them all maps

Selain kedua peta yang sudah saya sebut di atas, sebenarnya kita bisa saja membuat peta lokasi Pokemon Go berbasis komunitas dengan layanan peta yang ada. Salah satu contohnya adalah peta Gonna Catch’em All yang dibuat untuk pemain di kota Boston, Amerika, dengan Google Maps.

Apakah kalian sudah mencoba peta di atas? Mungkin menemukan peta lain? Atau bahkan sudah membuat sendiri? Silakan berbagi di kolom komentar.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.