Panduan Review Aplikasi

Lingo: Aplikasi Icon Pack, Palet Warna, dan Aset Desain

lingo koleksi ikon dan palet warna

Kalau kamu bekerja di bidang desain atau punya hobi di bidang itu, kamu tentu punya koleksi aset pendukung desain. Misalnya: icon pack, koleksi logo media sosial, template, tekstur, sampai berbagai palet warna favorit. Koleksi tersebut mungkin disimpan di dalam berbagai folder di komputermu.

Dengan aplikasi Lingo, kamu bisa mengumpulkannya di satu tempat, dan menatanya. Sehingga nanti ketika dibutuhkan, kamu bisa melihat mana yang sesuai. Dengan cepat, tanpa berpindah-pindah folder.

Mari kita lihat fiturnya dengan lebih detil. Pada dasarnya, Lingo mengumpulkan dua obyek aset, yaitu gambar, dan warna. Keduanya bisa kita kategorikan lagi sesuai keinginan kita.

Untuk gambar, Lingo mendukung beberapa format yang umum: JPEG, PNG, GIF, TIFF, SVG, EPS, dan PDF. Untuk memasukkannya ke dalam koleksi, kita cukup melakukan drag & drop atau copy & paste. Yang menarik, Lingo juga akan menyiapkan format alternatif dari obyek yang bersangkutan. Misalnya kamu punya file SVG, Lingo bisa menyediakan alternatifnya berupa PNG.

icon pack di lingo

Untuk warna, kita bisa memasukkan entri baik dengan kode hexadecimal (#000000), RGB (red, green, blue), HSB (hue, saturation, brightness) atau menggunakan color picker. Yang menarik, ketika disimpan, Lingo akan menyediakan kode warna dalam beberapa bahasa pemrograman. Jadi untuk developer aplikasi, Lingo juga akan sangat membantu.

Seperti yang sudah saya sebutkan, kita bisa mengatur aset tersebut. Tidak hanya dalam kategori, tapi juga dalam sub kategori (kit). Sebagai contoh, kalau sedang mengerjakan proyek A, kita bisa membuat kit untuk icon pack Proyek A, atau palet warna Proyek A. Kita juga bisa menambah deskripsi dan tag untuk aset yang bersangkutan. Selain itu, kita bisa memberi tanda aset yang sering kita pakai sebagai favorit.

Oya, aplikasi Lingo adalah aplikasi desain untuk Mac. Aplikasi ini bisa didapat secara gratis untuk perorangan. Keuntungan lain dari Lingo bisa didapat kalau kita menggunakan versi komersial (berlangganan).

simpan palet warna di lingo

Keuntungan tersebut adalah fasilitas untuk kerja sama alias kolaborasi. Kalau kita punya tim, kita bisa berbagi aset dengan anggota tim lain. Yak, seperti Dropbox untuk desain.

Tentunya, dengan kemampuan kolaborasi ini, kita bisa menentukan siapa saja yang bisa menambah atau mengubah aset yang bersangkutan. Kita juga bisa menambah atau menghapus anggota tim, dan menentukan siapa yang memiliki kontrol terhadap koleksi aset tertentu. Hal ini diakses melalui dashboard di website Lingo.

Kalau kamu bertanya apa yang kurang–atau apa yang diharapkan–dari Lingo ke saya, maka saya akan menjawab dengan dukungan untuk format Photoshop (PSD) atau Illustrator (AI). Walaupun format gambar yang didukung Lingo adalah format umum, tidak sedikit aset seperti mock up atau icon pack berupa file PSD atau AI.

Secara keseluruhan, aplikasi Lingo ini enak digunakan dan sangat membantu. Terutama kalau kamu punya koleksi aset baik icon, template, atau palet warna yang banyak. Tampilannya juga bagus, simpel, dan mudah digunakan.

Lingo - Gratis (Mac)
  • Tampilan8.0
  • Fitur8.5
  • Performa8.0

Aplikasi Lingo akan membantu mengatur berbagai aset desain, seperti kumpulan ikon, template, dan palet warna sehingga lebih mudah dilihat dan digunakan.

DOWNLOAD
8.2Overall Score