Benarkah iPhone X Punya Portrait Mode Terbaik?

kamera depan iphone x
Foto: William Hook

Salah satu tren yang muncul setelah iPhone X dirilis adalah Portrait Mode. Handphone ini memang punya teknologi kamera yang canggih. Tapi apakah iPhone X memang punya Portrait Mode terbaik?

Portrait Mode adalah sebuah mode foto yang meletakkan obyek utama sebagai fokus dan menampilkan background secara kabur. Mode ini berusaha memberikan efek ruang tajam sempit seperti di kamera DSLR. Mode ini merupakan hasil dari perangkat keras dan algoritma software pengolah gambar yang ada di handphone itu.

Kalau kamu cari di jagat internet (baik di berbagai blog dan video YouTube), saya yakin kamu akan menemukan banyak perbandingan. Salah satunya dilakukan oleh David Cogan.

Ia melakukan uji coba dengan beberapa handphone kamera terbaik tahun 2017. iPhone X, Pixel 2 XL, Galaxy Note 8 (dengan Live Focus Mode), dan Mate 10 Pro. Ia mengambil gambar dari obyek yang sama dengan semua handphone itu.

BACA JUGA
5 Handphone Dengan Kamera Terbaik 2017

Salah satu foto diambil di sebuah kedai kopi. Sebuah kondisi normal yang sering kita lakukan. Di foto ini, secara keseluruhan—menurut saya—Pixel 2 XL berhasil memberikan hasil terbaik. Mulai dari efek kabur di latar belakang, kontras cahaya, dan warna.

foto perbandingan kamera belakang efek bokeh untuk portrait mode terbaik

Perbandingan kamera belakang. (Foto: David Cogen)

Salah satu foto lain adalah sebuah foto selfie. Di foto ini, untuk obyek foto (David Cogen), Pixel 2 XL memberikan kontras dan warna yang bagus. Selain itu latar belakangnya juga punya efek kabur yang baik. Tapi, wajah gadis di belakang David masuk ke algoritma obyek utama dan tidak kabur 100%. iPhone X, di sisi lain, berhasil membuat Portrait Mode terbaik.

perbandingan foto selfie untuk portrait mode terbaik

Perbandingan kamera depan (foto: David Cogen)

Dari hasil eksperimen ini, David Cogen berpendapat bahwa untuk kamera depan, iPhone X berhasil memberikan Portrait Mode terbaik. Tidak mengherankan, karena handphone itu punya banyak sensor di kamera depan. Tapi Pixel 2 XL, yang hanya bermodal software, juga tidak kalah. Ya, kelemahannya adalah membedakan bidang latar depan dan latar belakang.

Untuk kamera belakang, David tidak bisa menentukan mana yang terbaik. Ia hanya menyebutkan bahwa persaingan ketat ada di iPhone X dan Pixel 2 XL.

BACA JUGA
Tips Membuat Foto Potret Dengan Efek Bokeh (Depth of Field sempit)

Yang menarik, ia kemudian bertanya pada rakyat di jagat internet. Ia memberikan empat foto dari iPhone X dan Pixel XL 2, tanpa menyebut yang mana punya siapa. Hasilnya, mayoritas memilih Pixel XL 2 punya hasil lebih baik.

Untuk kita, mungkin perbandingan ini boleh disebut perbandingan yang khusus. Karena pada kenyataannya, tidak setiap saat kita menggunakan Portrait Mode. Orang yang melihat mungkin juga tidak begitu memperhaikan perbedaannya. Bisa jadi mereka hanya berpendapat “Wah, cantik ya…” atau “Wuih, macho bener….”.

Saya pribadi—sebagai seorang geek—melihat kalau Google punya software pengolah gambar yang luar biasa. Pixel 2 XL hanya punya kamera tunggal. Namun handphone ini berhasil duduk di puncak klasemen.

Sebagai jawaban pertanyaan “Apakah iPhone X memang punya Portrait Mode Terbaik?”, hm… tidak juga. Tidak seluruhnya. Untuk kamera depan, mungkin iya. Sedangkan kamera belakang, menurut saya, secara umum Pixel 2 XL masih sedikit di atas angin.

Sumber: The Unlockr; Via: DigitalTrends

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.