Yang Perlu Diketahui Tentang Android Go

android go

Google merilis Android Oreo (Go Edition) sebagai bagian dari Android 8.1. Proyek yang sebelumnya disebut dengan nama Android Go ini sudah diumumkan di acara Google I/O tahun ini. Tapi apa sebenarnya Android Oreo (Go Edition)? Apa yang membedakannya dengan Android biasa?

Sebagai pengantar, dalam beberapa waktu terakhir, Google gencar membidik negara berkembang. Salah satunya adalah dengan proyek Android One. Proyek ini menghadirkan handphone terbaik di rantang harga terjangkau. Xiaomi Mi A1 adalah salah satunya.

Android Oreo (Go Edition)—akan kami sebut Android Go saja setelah ini—masih punya visi dan misi yang senada dengan Android One. Banyak hal yang membedakan Android Go dengan versi Android biasa.

Informasi apa yang penting diketahui? Mari kita lihat.

Android Go Ditujukan Untuk Kelas Pemula

hemat memori dan data dengan android go
Handphone Android dengan RAM sebesar 512MB sampai 1GB akan hadir dengan optimalisasi Android Go. Google melakukannya di tingkat sistem operasi, aplikasi buatan Google, dan Play Store. Google menyebutkan bahwa Android versi hemat ini bisa berjalan 15% lebih cepat, dan aplikasi buatan Google akan memakan memori 50% lebih kecil.

Aplikasi ‘Go’ Lebih Hemat Data

aplikasi google go

Google melakukan desain ulang berbagai aplikasi penting untuk versi Android Go. Kamu mungkin sudah membaca soal YouTube Go dan Datally. Selain itu, nanti akan ada aplikasi ‘Go’ lain, seperti Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, Google Play, Chrome, dan juga Files Go.

Rata-rata aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil. Selain itu, aplikasi tersebut juga optimal untuk data seluler. Google menyebutnya bisa sampai 40% lebih hemat.

Ada Anjuran Aplikasi Ringan di Play Store

saran aplikasi android go

Dengan sistem operasi yang lebih ringkas, bisa kita maklumi kalau aplikasi yang hadir juga versi mini. Kamu mungkin juga sudah mengenal beberapa aplikasi ringan Android. Dengan Android Go, Play Store akan memberi anjuran aplikasi yang bisa digunakan dengan baik di handphone kelas pemula.

Saat ini, Android Oreo (Go Edition) baru tersedia untuk manufaktur dan pengembang aplikasi. Dari situ, baru akan hadir di tangan pengguna (tergantung merk handphone Android yang kamu pakai).

Selain itu belum ada informasi juga dari berbagai manufaktur handphone. Yah, seperti biasa, update Android Oreo saja belum dinikmati oleh sebagian besar pengguna. Jadi mungkin tetap bersabar. Toh, kamu sudah bisa mencoba beberapa aplikasi ‘Go’ di Play Store. Kalau ingin tahu lebih detil, silakan kunjungi halaman resmi Android Go.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen