Foldable Phone Huawei Sedang Dikembangkan

huawei phone

Kelihatannya inovasi smartphone kembali menggeliat. Salah satunya hadir dari Huawei. Ingin terus menggebrak pasar smartphone dunia, Huawei mengembangkan foldable phone.

Foldable phone, atau handphone lipat, merupakan salah satu konsep yang kerap dibicarakan. Para perancang maket berlomba menyajikan konsep handphone lipat keren. Impian yang ditawarkan adalah layar lebih besar dengan fungsi yang lebih banyak.

Meskipun begitu, perdebatan soal hal ini tetap berlangsung. Apakah foldable phone memang fungsional? Apakah bisa dipakai secara praktis?

Pro dan kontra terus berlangsung. Tapi hal itu tidak menghentikan produsen smartphone (secara diam-diam) mengembangkannya.

BACA JUGA
Foldable Phone: Gimmick atau Visi Masa Depan?

Di antara para perusahaan teknologi ternama, ada beberapa yang mencuat untuk urusan ini. Microsoft, LG, dan Samsung. Nah, nama yang terakhir inilah yang berkaitan dengan Huawei.

ETNews, sebuah media dari Korea, mengabarkan kalau Huawei berambisi mendahului Samsung dalam mengumumkan foldable phone. Julukan “Yang pertama di dunia” adalah targetnya. Huwei disebut akan berencana mengumumkan handphone ini pada bula November mendatang.

Di artikel itu memang belum ada bocoran yang lebih detil. Entah mengenai desain atau spesifikasi teknis. Namun di sana disebutkan kalau Huawei sudah membuat kontrak eksklusif dengan penyedia materi dan suku cadang. Semua materi dan suku cadang itu berhubungan dengan teknologi untuk membuat foldable phone.

Sumber yang dimiliki ETNews juga menyebutkan kalau Huawei akan menggunakan teknologi layar OLED dari LG. LG sendiri sudah cukup lama mengembangkan teknologi layar yang fleksibel. Selain untuk konsep handphone lipat LG sendiri, juga untuk konsep TV gulung mereka.

BACA JUGA
Huawei P20: Sebuah Terobosan Teknologi Smartphone

Saat ini, selain Apple dengan iPhone, Samsung dengan seri Galaxy S dan Galaxy Note adalah merk paling bergengsi di dunia smartphone. Huawei menginginkan posisi yang sama dengan mereka.

Akhir-akhir ini kita bisa melihat usaha Huawei soal itu. Handphone Huawei P20 Pro menjadi handphone pertama di dunia dengan 3 kamera. Cover belakangnya pun seksi dengan warna gradasi. Tidak hanya itu, bahkan versi Porsche Design memiliki dual fingerprint scanner, di layar dan di bagian belakang.

Huawei juga berusaha keras masuk ke pasar Amerika. Salah satu pasar smartphone bergengsi yang dikuasai Apple dan Samsung. Untuk hal ini langkahnya agak tersendat oleh peraturan pemerintah. Namun Huawei masih terus berusaha.

Tentu saja, berhubungan dengan handphone lipat, permasalahannya kembali lagi pada fungsi dan kepraktisan handphone. Apakah Huawei bisa membuat foldable phone sesuai harapan orang banyak? Mungkin ada kejutan lain seperti 3 kamera di Huawei P20 Pro?

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.