Minat Tren Internet

Handphone Android Nokia 6 Dirilis Di Cina

Handphone Android Nokia akhirnya dirilis. HMD Global yang memegang lisensi merk Nokia sudah mengumumkannya secara resmi. Sayangnya, handphone Nokia terbaru yang disebut Nokia 6 itu hanya dirilis di Cina.

Bagaimana pun Nokia memiliki banyak penggemar. Bahkan handphone Nokia sudah melegenda sebagai handphone yang berkualitas tinggi dan tahan banting. Rilis Nokia 6 ini jelas menarik.

The Nokia 6 marks the first step in HMD’s ambition to set a new standard in design, material quality and manufacturing innovation across every tier of its products by building on the hallmarks of a true Nokia phone experience.
~ HMD Global


Baca juga: Smartphone Android Nokia Hadir Tahun 2017


HMD Global menyebutkan bahwa keputusan merilis handphone Nokia 6 di Cina berdasarkan pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan nyata konsumen di seluruh dunia. HMD Global menjelaskan bahwa ada sekitar 552 juta pengguna smartphone di Cina pada tahun 2016, dan akan tumbuh lagi tahun ini.

Spesifikasi Nokia 6

HMD Global menyebutkan beberapa hal menarik mengenai spesifikasi handphone baru Nokia ini.

It takes 55 minutes to machine a single Nokia 6 from a solid block of 6000 series aluminium. It then receives two separate anodising processes, taking over ten hours to complete, with each phone being polished no less than five times. The end result is an aluminium unibody with the highest level of visual and structural quality.

hanphone nokia 6

Mari kita lihat informasi lain dari HMD Global.

  • Layar 5,5 inci 16:9 FHD 1920 x 1080, 403 ppi, 450 nits, 2.5 D Gorilla Glass
  • Sistem operasi Android Nougat
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 430
  • RAM 4 GB
  • Penyimpanan 64 GB, mendukung microSD sampai 128 GB
  • Kamera:
    • Belakang: 16 MP PDAF f/2.0, dual tone flash
    • Depan: 8 MP
  • Mendukung Dolby Atmos dengan dual amplifier
  • Konektivitas: LTE, micro USB (2.0), OTG, audio 3,5mm
  • Baterai 3000 mAH

Dari spesifikasi di atas, jelas Nokia 6 adalah handphone kelas menengah. Handphone sejenis yang pernah kami gunakan adalah ASUS ZenFone 3 Laser.


Baca juga: Review ASUS ZenFone 3 Laser


Saya pikir strategi HMD Global cukup jelas. Masuk di kelas menengah yang potensial (kualitas oke dan harga terjangkau), dan mengukur potensi tersebut di salah satu pasar terbesar dunia, Cina, sebelum merilis secara global.

Melihat hal tersebut, besar kemungkinan handphone Android Nokia tersebut akan masuk ke Indonesia. Nokia 6 akan mulai dipasarkan melalui situs komersial JD.com di awal tahun 2017 ini, dengan harga CNY 1699 (sekitar Rp 3.278.160). Kita lihat saja perkembangannya nanti.


UPDATE: Menurut Phone Arena, dalam 24 jam sejak diumumkan, sudah ada 250.000 orang yang mendaftar untuk penjualan tanggal 19 Januari mendatang.