Memecahkan Game Teka-teki DET: Solve The Mystery

game det solve the mystery android

Tebak Gambar adalah salah satu game trivia yang paling populer. Kini pengembang game itu merilis game teka-teki terbaru, yaitu DET: Solve The Mystery.

Orang-orang di seluruh belahan dunia mengalami kejadian misterius. Barang-barang milik mereka hilang tanpa jejak. Untuk menyelesaikan masalah ini, Presiden Dunia mengutus seorang detektif bernama Det. Ya, kita yang akan menjadi detektif itu.

Cerita latar belakang itu tampil dalam bentuk komik di awal permainan. Setelah itu, kita masuk ke level pertama, dan permainan pun dimulai.

Game teka-teki dari petunjuk gambar

Saat mulai, saya melihat kemiripan cara bermain dengan game Tebak Gambar. Namun, mengingat spesialisasi si pengembang dalam permainan trivia, saya pikir game DET: Solve The Mystery ini pasti memiliki sesuatu yang berbeda.

Benar saja. Di game ini, sebagai Det kita akan menjumpai beberapa petunjuk. Petunjuk pertama adalah jenis kata yang tersembunyi. Apakah kata benda, sebuah profesi, dll. Kemudian ada beberapa gambar yang memberikan ciri kata tersembunyi tersebut.

cara main det solve the mystery

Seperti game lain, semakin lama teka-teki semakin sulit. Yang bagi saya cukup menantang adalah pada tahap tertentu, tidak semua gambar langsung terbuka. Satu demi satu.

Kemudian di akhir tiap level, akan ada “Big Boss”. Di sini kita hanya akan menebak kata bermodal dua gambar petunjuk. Namanya juga “Big Boss”. Pasti lebih sulit.

Menggunakan bantuan di game atau dari teman

Kalau kamu mentok dan tidak bisa menebak kata yang bersangkutan, jangan kuatir. Seperti biasa, kita bisa menggunakan bantuan. Ada lima bantuan tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya pada teman. Dengan fitur ini, kamu bisa mengirim screenshot teka-teki melalui berbagai layanan. Mulai dari WhatsApp, Twitter, dll.

game teka-teki det solve the mystery

Fitur minta bantuan teman ini menurut saya cukup menarik. Saat bermain teka-teki apa pun, seringkali kita bermain bersama teman. Tak jarang kita menebaknya bersama-sama.

Sisi sosial game teka-teki ini juga ditambah dengan bonus stiker setiap lolos tahap tertentu.

Bisa lebih baik lagi

Salah satu hal yang bikin jengkel waktu main game ini adalah kadang kala beberapa petunjuk menampilkan gambar yang begitu acak.

Ada kalanya gambar petunjuk yang muncul menunjukkan ciri khas yang kuat. Sehingga hanya dengan satu atau dua gambar, kita bisa menebaknya. Namun, kadang hubungan antara gambar dan kata yang harus ditebak cukup kabur.

Sebagai contoh (sedikit spoiler) adalah kata ‘lampu lalu lintas’. Gambar petunjuk yang muncul adalah kotak pertama sampai ketiga itu warna merah, kuning, hijau, dan kotak terakhir adalah gambar lampu.

fitur game teka-teki det solve the mystery

Oke, mungkin menebak teka-teki semacam itu memang menjadi tujuan game DET: Solve The Mystery. Namun, kalau ciri khas gambar dan hubungan dengan kata diatur lebih baik sesuai tingkat kesulitan, game ini bisa jadi lebih baik.

Selain itu, saya juga berharap ada gambar yang melanjutkan jalan cerita di tiap level. Kamu tahu kan jenis game puzzle mencari benda? Ya, semacam itu. Tidak perlu rumit, tapi membangun suasana.

Ingat juga karakter tokoh di aplikasi LINE. Gambarnya tidak terlalu bagus. Tapi di stiker itu ada “cerita” yang bisa kita nikmati. Game teka-teki ini sudah mulai dengan cerita yang cukup lucu, sayang kalau tidak dilanjutkan. Yah, sekedar ide saja sih.

Kalau kalian penggemar game teka-teki atau trivia seperti Tebak Gambar, silakan unduh dari Play Store melalui tautan di bawah ini.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID


ARTIKEL TERKAIT

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen