Tutorial

Foxit MobilePDF: Menambah PDF Reader Windows Phone

foxit pdf reader

Belum lama ini, ada satu aplikasi PDF reader hadir di dunia Windows Phone. Foxit MobilePDF, salah satu PDF reader populer, sudah bisa dinikmati. Aplikasi ini terkenal ringan dan fungsional.

Bicara soal PDF, mungkin yang pertama kali terlintas adalah Adobe Reader. Kemudian, Microsoft sendiri juga mengeluarkan aplikasi pembaca pdf-nya. Kedua aplikasi tersebut, walaupun dibuat oleh nama-nama beken, kelihatannya belum memenuhi kebutuhan semua penggunanya. Bagaimana dengan Foxit?

Kelihatannya Foxit menggunakan tampilan panorama sebagai halaman utamanya. Desainnya bisa dibilang standar Windows Phone. Sangat standar. Walau file PDF terlihat jelas, ada sedikit yang mengganggu. Di halaman documents, tab di sebelahnya tidak terlihat. Biasanya, di tampilan panorama, halaman di sebelah kelihatan sedikit. Lucunya, halaman places dan others berlaku seperti itu (lihat gambar di bawah).

tampilan utama foxit mobilepdf

Memang kelihatannya masalah sepele. Namun kalau diperhatikan, setelah ada file di halaman documents, aplikasi Foxit selalu terbuka pertama kali di halaman tersebut. Bisa jadi kita tidak tahu kalau ada halaman lain. Masalah sepele ini jadi penting ketika ponsel digunakan oleh orang yang belum akrab dengan cara kerja Windows Phone.

Hal kedua yang mengganjal menurut saya adalah lokasi akses file PDF. Ya, Foxit mendukung file baik di dalam ponsel maupun di OneDrive. Masalahnya, pilihan OneDrive ada di dalam pilihan phone (lihat gambar di atas). Sangat tidak informatif.

Ahem, masih ada hal lain yang menurut saya kurang. Tidak ada pilihan untuk menyimpan file PDF dari OneDrive ke dalam ponsel. Dengan kata lain, dibaca secara online. Memang, setelah saya coba, membuka file untuk kedua kali sudah lebih cepat. Saat pertama membutuhkan waktu untuk proses download. Tetap saja sedikit janggal. Apalagi, tidak ada daftar file terakhir yang kita buka (recent documents) untuk file dari OneDrive.

tampilan pdf foxit movilepdf

Hal itu menyebabkan proses membaca PDF dari OneDrive cukup menyebalkan. Pilih lokasi (phone), pilih aplikasi OneDrive, dilempar ke aplikasi OneDrive, pilih file, lalu ada download (tapi tidak tahu di mana). Lebih meyakinkan download file lewat aplikasi OneDrive dulu baru dibuka di Foxit.

Sebagai sarana membaca, Foxit sudah cukup fungsional. Kita bisa memilih apakah halaman PDF dibaca perhalaman (single page), atau menyambung (continuous). Ada juga pilihan posisi atau rotate. Selain itu, kita juga bisa melakukan zoom seperti biasanya.

Untuk membaca, Foxit lumayan enak. Tampilannya full screen. Tidak terganggu elemen lain. Informasi halaman dan application bar menghilang secara otomatis setelah beberapa lama.

tampilan pdf horizontal foxit

Terakhir, Foxit MobilePDF belum mendukung fitur share. Jadi, kalau kita sedang membaca PDF dan merasa PDF yang kita baca itu bagus, kita tidak bisa langsung mengirimnya ke teman kita. Harus lewat aplikasi lain. Hm, ini merupakan keluhan yang banyak diajukan di beberapa aplikasi PDF reader lain.

Sejauh ini, Foxit memang berguna sebagai aplikasi reader saja. Sisi produktivitas lain belum cukup disentuh. Mungkin belum. Bisa jadi ke depan akan ditambahkan. Apalagi mengingat Windows 10. Sementara ini, kalau untuk sekedar membaca, Foxit memang bisa jadi salah satu pilihan.

Download: Foxit Mobile PDFgratis

QR code:

qr code foxit mobilepdf