Bikin Foto Seperti Lukisan Cat Air Dengan Aplikasi Portra

buat foto seperti lukisan di handphone

Membuat foto seperti lukisan atau gambar tangan sempat populer dengan hadirnya aplikasi seperti MomentCam dan Prisma. Kalau kamu masih tertarik, kamu bisa membuat foto seperti lukisan, terutama cat air, dengan aplikasi Portra.

Ya, memang sudah banyak aplikasi sejenis yang muncul ke permukaan. Tapi, beberapa aplikasi tersebut kurang memuaskan. Dalam beberapa percobaan, Portra membuktikan kualitas tersendiri.

Cara Mudah & Cepat Mendapat Efek Lukisan

Kesan pertama ketika menggunakan aplikasi Portra adalah mudah dan cepat. Yang perlu kamu lakukan hanya memotret atau memilih foto dari galeri, dan memilih efek. Itu saja.

Kesan itu muncul terutama karena tampilan Portra yang simpel. Hanya ada dua halaman. Pertama tampilan kamera (dengan pilihan tombol galeri dan berganti kamera), dan kedua tampilan efek lukisan (dengan pilihan menyimpan hasil edit foto dan media sosial).

Sayangnya, belum banyak pilihan format foto. Meskipun kamu bisa merubah ukuran, kamu tidak bisa mengubah rasio. Misalnya, kamu tidak bisa membuat foto jadi bujur sangkar. Tapi hal itu bisa kamu lakukan dengan aplikasi lain (waktu posting di Instagram, misalnya).

Efek juga muncul dengan cepat, tidak menunggu lama. Dengan mudah kamu memilih efek lukisan, menyesuaikannya, dan menyimpan ke handphone atau mengirim ke media sosial.

BACA JUGA
6 Fitur Dasar Edit Foto Instagram

Sesuaikan Efek Lukisan di Foto

Ketika kamu membuat foto seperti lukisan, kamu bisa mengatur intensitas efek tersebut. Ada dua slider yang bisa membantu dalam hal ini. Yang pertama untuk mengatur luas bidang efek, dan yang kedua adalah transparansi foto.

Efek yang ada di aplikasi Portra cukup lumayan. Sebagian besar merupakan efek lukisan cat air. Tapi ada juga efek seperti contĂŠ, pensil warna, dll. Walau sudah cukup banyak, saya merasa koleksi efeknya masih bisa ditambah lagi.

Sekedar catatan, tidak semua foto memiliki hasil yang baik. Beberapa foto cocok dengan efek tertentu, beberapa lainnya tidak. Ada juga yang lebih bagus dengan bidang efek kecil, ada yang bagus kalau full satu gambar.

Selain efek, kamu juga bisa menambah atau mengganti bingkai. Walau secara pribadi saya tidak suka pakai efek bingkai, penambahan fitur ini bolehlah sebagai bonus.

Seperti saya sebut di atas, hasil olahan aplikasi ini memuaskan. Dalam berbagai percobaan—baik foto berwarna atau hitam putih—membuat foto seperti lukisan berhasil seperti yang saya harapkan.

Hasil terbaik—menurut saya—adalah ketika foto dibuat benar-benar transparan. Hanya menyisakan efek saja. Selebihnya kamu bisa mengatur luasan bidang efek yang sesuai.

Aplikasi Portra bisa kamu dapatkan secara gratis baik untuk Android maupun iPhone. Silakan menuju ke Play Store atau App Store untuk mengunduhnya.

Download—Android    Download—iOS

1 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen