Flume: Aplikasi Instagram Terbaik untuk Mac

flume aplikasi instagram terbaik untuk mac

Yang pernah menggunakan aplikasi ini mungkin akan sepakat dengan pendapat saya. Flume adalah aplikasi Instagram terbaik Mac.

Instagram memang ditujukan untuk pengguna perangkat bergerak. Salah satu buktinya adalah dalam jangka waktu cukup lama, tidak ada aplikasi resmi Instagram untuk komputer. Aplikasi Instagram untuk PC baru ada setelah Windows 10 bergulir dan aplikasi UWP hadir.

Sedangkan pengguna Mac harus sedikit gigit jari karena sejauh ini memang belum ada aplikasi resmi Instagram untuk Mac. Ya memang kita bisa membuka Instagram melalui browser. Tapi tetap saja, kita tidak bisa mengunggah foto dari sana.

Dari sisi ini pun, Flume sudah bisa disebut sebagai anugerah. Namun bukankah masih ada aplikasi Instagram lain untuk Mac? Benar. Oleh sebab itulah saya ingin membahas kenapa Flume layak jadi aplikasi Instagram terbaik Mac.


Baca juga: 18 Aplikasi Mac Utility Yang Layak Diperhatikan


Fitur Flume

Mari kita lihat apa yang dimiliki Flume.

Aplikasi gratis
  • Melihat foto dan video Instagram dalam rasio asli dan resolusi penuh.
  • Membaca dan memberi komentar, Like, Follow, dll. Bisa juga memberi komentar langsung dari notifikasi.
  • Melihat konten populer, baik berdasar user yang kamu follow atau lokasi.
  • Melihat aktivitas terakhir (Like baru, komentar baru, dll) dan notifikasi.
  • Fungsi pencarian penuh (user, lokasi, hashtag Instagram, dll).
  • Mendukung Message, termasuk grup.
  • Mendukung keyboard shortcut.
  • Integrasi dengan ekstensi browser Safari.
  • Mengatur notifikasi, tema aplikasi, durasi refresh feed, dll.
Aplikasi Flume Pro
  • Upload foto dan video, dengan dukungan rasio asli atau crop bujur sangkar, caption, tag, dan lokasi.
  • Berganti multi akun Instagram dengan mudah.

Ya, boleh dibilang Flume hampir memiliki semua fitur Instagram resmi. Kenapa saya bilang hampir? Karena — kalau kamu memperhatikan daftar di atas — belum ada fungsi filter Instagram di aplikasi ini.

Tapi, saya pikir hal itu bukan halangan besar. Karena toh aplikasi ini adalah aplikasi Instagram Mac. Besar kemungkinan kamu punya aplikasi edit foto yang lebih powerful. Kamu malah bisa mengedit foto dengan lebih leluasa di Mac daripada di perangkat bergerak. Ya kan?

Namun harus diakui, Flume masih belum memiliki fitur terbaru Instagram seperti Stories. Jadi walau kamu menggunakan Flume sebagai aplikasi Instagram untuk Mac milikmu, kamu tetap harus menggunakan aplikasi Instagram di handphone.

Kalau ingin lebih jauh membaca perkembangan fitur aplikasi ini, bisa mengunjungi blog resmi Flume.


Baca juga: 5 Website untuk Edit Foto Online Gratis


Tampilan Flume

Ahem, mungkin saya sedikit bias di sini. Tapi salah satu faktor yang membuat saya menyebut Flume sebagai aplikasi Instagram terbaik Mac adalah desain tampilannya.

Flume memiliki desain yang rapi, bersih, dan enak dilihat. Tentunya juga enak digunakan. Terutama karena ada pilihan untuk menyembunyikan bilah aplikasi, baik yang atas maupun yang bawah. Dengan demikian kita bisa lebih fokus melihat foto Instagram.

Selain itu kita juga bisa memilih tema tampilan Flume apakah mau gelap atau terang, mengatur ukuran font, dan — kalau tidak suka app bar auto hidden — ada pilihan untuk selalu menampilkannya.

Pengalaman Penggunaan

Hm, sejauh yang saya gunakan sih tidak ada masalah berarti. Sesuai pilihan saya, foto Instagram dari user yang saya follow hadir secara otomatis. Lengkap dengan notifikasinya.

Saya juga bisa berinteraksi dengan teman dengan nyaman. Hehehe, namanya juga mengetik pakai keyboard fisik. Selain itu, fungsi scroll dan shortcut keyboard juga berfungsi seperti yang disebutkan. Dengan kata lain, pengalaman penggunaan di komputer bisa digunakan dengan baik.

Namun, saya sempat mengalami sedikit glitch di aplikasi ini. Tapi harus saya sebut juga kalau saya tidak tahu apakah kendala ini disebabkan oleh bugs di aplikasi atau karena koneksi internet yang melemah. Yang saya alami adalah proses loading foto dari feed Instagram tersendat, dan tidak tampil semuanya. Sangat masuk akal kalau sumber masalahnya adalah koneksi internet.


Baca juga: Kalibrasi Baterai Macbook Supaya Tetap Maksimal


Jadi, secara keseluruhan, saya puas dengan aplikasi Flume. Pendapat saya juga belum berubah: Flume merupakan aplikasi Instagram terbaik untuk Mac.

Kalau kamu ingin menggunakannya, silakan unduh dari Mac Store melalui link di bawah ini. Kamu bisa upgrade ke versi Pro melalui pembelian dalam aplikasi (IAP) seharga $9.99.

DOWNLOAD

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.