Flatbook: Facebook Browser Yang Asik

flatbook tampilan facebook

flatbook tampilan facebook

Saat membuka Facebook di browser, mungkin kamu merasa pusing dengan banyaknya link. Semuanya memiliki ukuran relatif sama. Tidak ada fokus pada bagian tertentu. Apalagi di bagian sidebar kiri. Berbagai fitur Facebook hadir berjejer memenuhi bidang layar. Jujur saja, mungkin tidak semuanya sering kita gunakan.

Kalau kamu menggunakan Chrome sebagai browser utama, hal di atas bisa dihindari. Yaitu dengan memakai ekstensi Chrome yang bernama Flatbook.

Untuk mendapatkannya, kunjungi Chrome webstore, dan cari Flatbook. Lalu install eksteksi tersebut. Selesai.

Sekarang setiap kamu membuka facebook di browser Chrome, tampilannya sudah berbeda. Lebih fokus pada konten, lebih rapi, lebih keren.

timeline facebook browser flatbook

Facebook browser ini mengubah cukup banyak. Bisa dilihat, jejeran link yang ada di sebelah kiri sudah berubah menjadi ikon dengan latar biru. Di sisi kanan, ada berbagai pilihan sumber berita, yang kalau di klik akan menampilkan feed dari mereka. Lebih rapi kan?

Selebihnya, fungsinya tetap sama. Kamu tetap bisa menggunakan Facebook seperi biasa. Baik update status, upload foto, lihat Facebook live, chatting di Messenger, dll.

feed facebook

Ada satu hal yang kurang saya sukai di Flatbook. Hal itu adalah cara Flatbook membuka link berita. Kalau kita klik link dari salah satu feed, maka link itu akan terbuka di tab browser baru. Bahkan kalau link itu link Facebook sendiri (misalnya foto Taylor Swift di album Facebook milik Taylor Swift). Kenapa tidak membuka di window yang sama saja? Ini konyol dan agak menyebalkan. Sayangnya belum ada pengaturan untuk itu.

Oya, ada kekurangan lainnya. Sumber berita tidak bisa ditambahi atau diedit. Jadi, tidak ada sumber berita dari media Indonesia. Kamu tetap harus memantaunya di feed timeline.

Nah, kalau kamu sudah bosan dengan tampilan Flatbook tapi tidak ingin menghapusnya, jangan kuatir. Ada tombol di sebelah kiri logo Facebook untuk merubahnya (enable/disable Flatbook). Kalau tombol itu di klik, halaman akan dimuat ulang (reload atau refresh) dengan tampilan semula (tampilan Facebook asli). Begitu pula sebaliknya.

Oke, silakan coba ekstensi Facebook browser ini, dan nikmati pengalaman yang berbeda.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

One Comment

  1. Good artikel,..Nyobain dulu min..