Flash: Sepeda Listrik Canggih dan Dilengkapi Aplikasi

Apa yang bisa kita bayangkan dari sepeda listrik? Mungkin tidak banyak. Sebuah sepeda dengan motor listrik yang memperingan kayuhan kaki kita. Tapi kalau sepeda itu didesain dengan baik, hasilnya bisa jadi luar biasa. Paling tidak untuk saat ini, itu yang terlihat dari sepeda listrik dengan nama Flash.

sepeda listrik flash

Apa yang bisa kita bayangkan dari sepeda listrik? Mungkin tidak banyak.Ā Sebuah sepeda dengan motor listrik yang memperingan kayuhan kaki kita.

Tapi kalau sepeda itu didesain dengan baik, hasilnya bisa jadi luar biasa. Paling tidak untuk saat ini, itu yang terlihat dari sepeda listrik dengan nama Flash.


Baca juga:Ā Sepeda PG Bugatti: Saat Mobil Sport Hadir di Bentuk Lain


Flash merupakan sebuah sepeda dengan motor listrik yang bisa diisi ulang dayanya. Sekali mengisi daya, motor listrik 500 watt milik Flash bisa digunakan sejauh Ā±80km. Kita bisa mengayuh pedal untuk menambah kecepatan, atau menggunakan tuas gas.

Motor listrik Flash memiliki kekuatan yang lumayan. Sepeda ini bisa berjalan dengan kecepatan sampai Ā±45km/jam. Flash mengklaim bisa berjalan tanpa dikayuh di tanjakan dengan kemiringan sampai 8% atau sekitar 4,5Ā°.

sepeda listrik flash warna abu gelap

Desainnya sendiri boleh dibilang keren. Peletakan lampu, fungsi kontrol di setang, dll dibuat dengan baik. Saya yakin, kamu pun bertanya-tanya: “Di mana letak motor listriknya?”.

Cukup menarik bukan? Tapi masih ada lagi fitur lainnya.

Salah satu kekurangan sepeda konvensional adalah kelengkapan lalu lintas. Lampu sorot, lampu sein, lampu rem, bel, dll. Seringkali kita harus membeli aksesoris tambahan untuk itu.

Flash sudah memiliki semuanya. Ada lampu depan LED dengan jangkauan Ā±130 meter, lampu rem rem otomatis, lampu sein, juga bel listrik. Yang bikin keren, semua didesain jadi satu di rangka sepeda (tentu saja depan dan belakang ada masing-masing lampu).

Tapi tunggu dulu. Masih ada lagi yang membuat sepeda listrik bernama Flash ini keren.

Sepeda ini juga memiliki sistem pengaman digital di dalamnya. Ada sensor gerak, alarm dan juga pelacak GPS. Membuka kunci dilakukan melalui monitor kecil di rangka sepeda.

Tentu saja, semuanya juga bisa dikontrol dan dipantau melalui aplikasi handphone. Jaman sekarang apa sih yang tidak pakai aplikasi? šŸ˜‰

Bicara soal aplikasinya, selain untuk mengontrol keamanan, kita juga bisa menggunakannya sebagai arahan peta, mencatatĀ kegiatan bersepeda, dan memantau baterai.

Keren kan?

Saat ini, Flash masih merupakan proyek yang diluncurkan dengan crowdfunding di Indiegogo. Yang luar biasa, proyek ini sudah mendapat dukungan 356% dari yang dibutuhkan! Wow!

Padahal biaya paket dukungan yang dipasang juga tidak murah (paling tidak untuk ukuran kita). Paket early bird senilai $1199 dan early adopter senilai $1499.


Baca juga:Ā 5 Aksesoris Sepeda yang Canggih dan Keren


Ini membuktikan beberapa hal. Pertama, masih banyak orang hobi — atau fanatik? — bersepeda. Kedua, teknologi hybrid — gabungan analog dan elektronikĀ — masih bisa dikembangkan lebih jauh.

Konsekuensinya, ketika teknologi dan produk semacam ini semakin banyak, harganya bisa semakin murah. Paling tidak, seperti handphone, bisa muncul versi murahnya. Kalau harganya sudah terjangkau, saya juga mau punya sepeda listrik seperti ini.

Kalau ingin lihat proyek sepeda listrik Flash lebih jauh, silakan kunjungi proyeknya di indiegogo.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.