Minat Tren Internet

Facebook Merilis Fitur Efek Visual Video Messenger

facebook messenger iphone

Facebook meluncurkan fitur baru foto dan video di Messenger. Dengan fitur kamera baru, kamu bisa menambah berbagai efek visual di foto dan video Messenger. Fitur ini jelas merupakan upaya lebih lanjut Facebook mengalahkan Snapchat.

Fitur kamera ini bisa diakses melalui bilah aplikasi di Messenger. Kalau kamu baru membuka aplikasi Messenger, kamu bisa melihat tombol kamera seperti Instagram Stories. Kalau kamu sudah berada di tengah percakapan, akses melalui tombol kamera terlebih dulu. Cara menggunakannya pun mirip seperti di Instagram Stories; tekan sekali untuk mengirim foto, tekan yang lama untuk mengirim video (durasi tergantung berapa lama kamu menekan tombol).


Baca juga: 4 Langkah Cara Membuat Instagram Stories


mengirim video messenger dengan stiker

Seperti yang sudah disebut di atas, Facebook menambahkan berbagai efek, termasuk 3D mask. Kalau kamu suka memakai Snapchat, yah tidak jauh berbeda. Misalnya, kita bisa menjadi rusa kutub (untuk merayakan libur Natal) atau meniup salju saat mengirim video di Messenger. Facebook juga menambahkan fitur kanvas kosong, sehingga kamu bisa menambah berbagai stiker tersebut ke dalam teks pesan. Bahkan, Facebook bekerja sama dengan berbagai seniman grafis dan selebritas internet untuk stiker dan efek tersebut.

Mengirim video — baik dalam bentuk rekaman atau live — makin hari makin populer. Begitu juga penggunaan filter, efek, stiker, dll. Harus diakui juga, Snapchat berperan besar dalam mempopulerkan hal tersebut (mungkin LINE dalam percakapan pesan). Lalu harus dimaklumi juga kalau Facebook, yang memiliki jumlah pengguna yang begitu besar, tidak ingin kalah dalam hal tersebut.


Baca juga: Menggunakan Group Video Call di LINE


Walau terkesan memiliki fitur yang mirip di antara layanannya, Facebook tetap mengusahakan tiap aplikasi memiliki fitur unik tersendiri. Messenger, misalnya, memiliki fitur chatbot dan Instant Game. Mengirim foto dan video Messenger pun berbeda dengan Instagram Stories.

Toh, aplikasi pesan dan obrolan seperti Messenger baru akan berarti ketika kita memiliki teman di sana. Sedangkan fitur berbagi video juga terpengaruh oleh kebiasaan penggunanya. Jadi, seberapa seringkah kamu mengirim video ke teman? Layanan apa yang paling sering kamu gunakan?